Babak Baru Kerjasama Angkatan Laut Indonesia dan Fiji

Kerja sama Angkatan Laut Indonesia dengan negara Fiji dimulai pada Selasa 27 Agustus 2019.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Agu 2019, 11:00 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2019, 11:00 WIB
Kerja sama TNI AL dan negara Fiji.
Kerja sama Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dan negara Fiji ditandai dengan kunjungan Commander Fiji Navy (Kasal Fiji) Captain (Navy) Humphrey Biutilomaloma Tawake ke Indonesia (KBRI Sufa).

Liputan6.com, Jakarta - Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dan negara Fiji memulai babak baru kerja sama. Hal itu ditandai dengan kunjungan Commander Fiji Navy (Kasal Fiji) Captain (Navy) Humphrey Biutilomaloma Tawake ke Indonesia, Selasa 27 Agustus 2019.

Salah satu agenda kunjungannya adalah pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang dilaksanakan di Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur.

Kunjungan kehormatan ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Kasal Fiji selama tiga hari di Indonesia untuk melakukan kerja sama militer kedua negara, khususnya kerja sama Angkatan Laut Fiji dengan TNI AL.

Dalam lawatan ini, Tawake didampingi oleh Atase Pertahanan RI untuk Negara Fiji merangkap Nauru, Tavalu dan Kaledonia Baru Kolonel Inf Efran Gunawan serta staf Maritime Officer, Commander Ledua Yaco.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah Baru untuk Kedua Negara

Kerja sama TNI AL dan negara Fiji.
Kerja sama Angkatan Laut Indonesia (TNI AL) dan negara Fiji ditandai dengan kunjungan Commander Fiji Navy (Kasal Fiji) Captain (Navy) Humphrey Biutilomaloma Tawake ke Indonesia (KBRI Sufa)

Kunjungan perdana Kasal Fiji ke Indonesia ini merupakan awal babak baru dibukanya hubungan kerja sama militer Indonesia (TNI) dengan negara di kawasan pasifik. Captain (N) Humphrey Biutilomaloma Tawake disambut langsung oleh Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dengan jajar kehormatan militer.

Berbagai hal dibicarakan dalam kunjungan kehormatan tersebut diantaranya, kerja sama bidang pendidikan perwira dan kerja sama Angkatan Laut antar kedua negara.

Kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Fiji dimulai sejak ditandatanganinya Deffence Cooperation Agreement pada tahun 2017 lalu. Momentum ini merupakan awal dimulainya kesepakatan kerja sama bidang militer dan pertahanan antara kedua negara.

Dalam kunjungan kerjanya ini, selain membahas berbagai kerja sama dengan TNI AL, Captain (N) Humphrey Biutilomaloma Tawake juga mengagendakan kunjungan ke PT.

PAL Indonesia (Persero) itu dikunjugi di Surabaya pada Rabu 28 Agustus 2019 untuk menjajaki pengadaan kapal patroli dari PT. PAL Indonesia (Persero) guna memperkuat armada Angkatan Lautnya.

 

Reporter: Aqilah Ananda Purwanti

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya