Klaim Campur Tangan Keluarga di Balik Alasan Raja Charles III Tak Menikahi Camilla Cinta Pertamanya dan Meminang Putri Diana

Kisah cinta Raja Charles III dengan Camilla yang menjalani hubungan terlarang sejak masih ada Putri Diana terekspos lagi karena penobatannya baru-baru ini sebagai raja Inggris.

oleh Chesa Andini Saputra diperbarui 14 Mei 2023, 21:00 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2023, 21:00 WIB
Raja Charles III dan Ratu Camilla menyapa rakyat dari balkon Istana Buckingham. ((AP Photo/Petr David Josek)
Raja Charles III dan Ratu Camilla menyapa rakyat dari balkon Istana Buckingham. ((AP Photo/Petr David Josek)

Liputan6.com, Jakarta - Jika berbicara soal keluarga kerajaan Inggris, cerita cinta antara Raja Charles III, Putri Diana, dan Ratu Camilla menjadi salah satu yang kerap jadi sorotan.

Kisah cinta mereka kemudian terangkat lagi ketika acara penobatan Raja Charles III pada Sabtu 6 Mei 2023 lalu baru-baru ini, beberapa penggemar Putri Diana merespons dengan jengkel atas akhir kisah cinta mereka.

Kemudian timbul pertanyaan seperti, Kenapa Raja Charles tidak menikahi Camilla sejak dulu?, cinta pertamanya.

Menurut laporan New Idea yang dikutip Minggu (14/5/2023), biografi Pangeran Charles terbaru mengklaim alasan dia dan istrinya saat ini, Camilla Parker-Bowles, awalnya tidak menikah.

Bukan rahasia lagi bahwa Charles dan Camilla bertemu dan berkencan sebelum dia bersama Putri Diana, tetapi tampaknya ada alasan mengapa sang pangeran tidak menikahi Duchess of Cornwall terlebih dahulu.

Hampir satu dekade sebelum pernikahannya dengan Diana, saat musim panas tahun 1972, Charles dan Camilla memulai hubungan mereka yang mereka tidak ketahui akan menjadi sangat tegang nantinya.

Saat itu, Camilla juga sudah mempunyai pacar yang putus-nyambung bernama Andrew Parker-Bowles, dan dia sedang berada di luar negeri untuk dinas militer. Di saat itulah Camilla memulai hubungan romantis dengan Charles.

Sally Bedell Smith, penulis buku Prince Charles: The Passions And Paradoxes of an Improbable Life, sempat mengklaim bahwa campur tangan ayah Camilla yang harus disalahkan.


Kisah Pernikahan Camilla: Campur Tangan Keluarga hingga Publikasi Berita Tunangan

Pangeran Charles dan Camilla pada 1999. ((AP Photo/Alastair Grant, File))
Pangeran Charles dan Camilla pada 1999. ((AP Photo/Alastair Grant, File))

Pada Januari 1973, Charles dan Camilla terpaksa berpisah karena dia harus berlayar ke Karibia untuk tugas angkatan laut. Dan kebetulan, Andrew Parker-Bowles kembali ke London saat itu.

Bedell Smith menduga bahwa sebenarnya keluarga Camilla yang menginginkan dia menikah dengan Andrew daripada pewaris takhta Inggris.

"Mereka turun tangan dengan menerbitkan sebuah pemberitahuan pertunangan di media The Times pada 15 Maret. Sehingga Andrew terpaksa untuk melamar kekasihnya selama hampir tujuh tahun karena sudah dipublikasikan," tulis Bedell Smith.

Dengan menerbitkan pemberitahuan pertunangan yang tidak benar, ayah Camilla mengubah arah sejarah.

 


Klaim Kedua Keluarga Tidak Setuju

Camilla Dampingi Raja Charles III Kunjungi Jerman, Tampil Beda dengan Tiara Berlian Warisan Mendiang Ratu Elizabeth II
Camilla, Permaisuri Inggris (dok. ADRIAN DENNIS / AFP)

Ketika Charles kembali ke pelabuhan beberapa hari kemudian, dia mendengar berita pertunangan Camilla dan sangat terkejut.

Menurut Bedell Smith, Charles tidak dapat memahami bagaimana "hubungan yang begitu bahagia, damai, dan saling membahagiakan" berakhir secara tiba-tiba, padahal awal mula hubungannya begitu menjanjikan.

Jika saat itu Andrew tidak dipaksa untuk melamar, mungkin Charles akan menikahi Camilla terlebih dahulu. Alih-alih melakukan perselingkuhan yang membawa malapetaka selama pernikahannya dengan Putri Diana.

Selain itu, Bedell Smith lebih lanjut mengklaim pasangan itu tidak menikah karena keluarga kerajaan menganggap Camilla sebagai wanita 'berpengalaman' di keluarga kerajaan.

Bangsawan itu tidak dilihat oleh keluarga kerajaan sebagai 'aristokrat' yang cukup untuk menjadi pewaris tahta berikutnya.

Jadi berdasarkan ceritanya, bukan hanya keluarga Camilla saja yang tidak setuju. Keluarga Charles pun diklaim tidak merestui hubungan mereka.

Paman buyut Pangeran Charles, Lord Mountbatten, dilaporkan menasihati sang pangeran, "Menyenangkan bagi kalian berdua untuk berselingkuh, tetapi ini tidak dapat berakhir dalam pernikahan," klaim media Express.


Potret Camilla dan Putri Diana Bersama Raja Charles III

Viral Foto Paparazzi Putri Diana dan Camilla Bersama Raja Charles III
Viral foto paparazzi Putri Diana dan Camilla bersama Raja Charles III. Perbandingan usia Raja Charles III sangat berbeda ketika bersama keduanya. (Sumber: TikTok @sabrina_alvess)

Kini, Putri Diana sudah meninggal dunia dalam kecelakaan pada 31 Agustus 1997. Tetapi walaupun sudah hampir 26 tahun sejak kepergiannya, nama Putri Diana masih terus-menerus lekat dalam ingatan.

Bahkan, Camilla Parker Bowles sendiri tak pernah ketinggalan dibandingkan dengan Putri Diana oleh warganet.

Termasuk dalam momen penobatan Raja Charles III yang berlangsung pada Sabtu 6 Mei 2023. Nama Putri Diana masih bermunculan di media sosial. Menghiasi kolom komentar pada berbagai tayangan.

Sebuah akun TikTok dengan nama @sabrina_alvess sebelumnya mengunggah foto Camilla dan Putri Diana bersama Raja Charles III.

Pada beberapa foto tersebut, ayah Pangeran William dan Pangeran Harry sama-sama menebarkan senyumnya.

Bersama Putri Diana, Raja Charles III masih tampak begitu muda. Mengingat mereka berdua memang bertemu pada usia yang masih sangat muda.

Sedangkan foto-foto bersama Camilla, Raja Charles III terlihat sudah lebih tua dengan rambut yang telah memutih.

"Sebesar apapun kamu mencintainya, akan kalah dengan siapa yang dia cintai," ujar seorang warganet mengomentari foto Putri Diana dan Camilla bersama Raja Charles III.

"Camilla cinta pertama Charles. Kalau sudah cinta, enggak melulu soal fisik. Hal sederhana pun bisa bikin jatuh cinta," jawab seorang warganet.

[Bintang] Pewaris Kerajaan Inggris
Infografis pewaris Kerajaan Inggris. (DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya