Sering Pakai Ponsel Bisa Bikin Tua

Menggunakan gadget terus menerus bisa membuat Anda terlihat tua karena kulit Anda menjadi kendur dan keriput

oleh Melly Febrida diperbarui 02 Jun 2014, 09:04 WIB
Diterbitkan 02 Jun 2014, 09:04 WIB
Sebulan Gunakan Ponsel Lebih dari 15 Jam Berisiko Kanker Otak
Berapa jamkah Anda menggunakan telepon seluler dalam sebulan? Apabila lebih dari 15 jam waspadalah karena Anda lebih berisiko kanker otak.

Liputan6.com, New Delhi Telepon seluler kerap dikaitkan dengan sejumlah penyakit seperti kanker otak dan alergi. Di samping itu semua, gadget yang memudahkan berbagai aktivitas ini juga bisa membuat Anda tua karena kulit menjadi kendur dan keriput.

Apabila Anda berhubungan dengan ponsel atau tablet di sepanjang hari, kemungkinan besar Anda akan mengalami fenomena wajah ponsel. Menariknya, ini tak ada hubungannya dengan radiasi dari gadget.

Menurut Direktur Medis di Lumiere Dermatology, New Delhi, ponsel bisa mempengaruhi postur seseorang.

"Pada dasarnya dengan munculnya ponsel, kepala orang membungkuk dan maju selama berjam-jam untuk melihat ponsel atau tabletnya. Ini yang menyebabkan otot leher diperpendek sehingga meningkatkan tarikan gravitasi pada kulit. Akhirnya menyebabkan kulit kendur, dagu ganda, garis vertikal di bibir Anda ke dagu, dan rahang yang longgar," kata Dr Lohia seperti dilansir Health, Senin (2/6/2014).

Seorang dokter lainnya mengatakan kepada majalah Elle bahwa sering menggunakan ponsel, tablet, dan laptop bisa memberikan tanda penuaan dini seperti garis-garis yang terukur di wajah, keriput, dagu ganda, dan kulit longgar.

Ia menyebutnya dengan teknologi karena orang jadi sering menunduk ke laptop atau ponsel. Inilah yang membuat leher terlihat jauh lebih tua.

Anda sebenarnya bisa mencegah kerusakan tersebut dengan beberapa langkah. Berikut tips untuk merawat wajah ponsel

1. Perbaiki postur tubuh Anda jika ingin mencegah kerusakan lebih lanjut.

"Jangan terus menerus menundukkan kepala Anda. Sebaliknya, pegang ponsel atau tablet Anda ketika melihatnya sehingga dagu Anda tetap sejajar. Cobalah menjauhkan diri dari ponsel Anda dalam beberapa waktu sehingga leher Anda istirahat," kata Dr Kiran.

2. Yoga wajah

Latihan yoga wajah bisa membantu mengurangi kerusakan yang dilakukan gadget Anda. Jika dagu Anda mengganggu, cobalah latihan kiss the sky yang direkomendasikan Ahli Yoga Wajah Danielle Collins.

Untuk melakukannya, cobalah miringkan kepala Anda dan buatlah suara ciuman dan melakukan gerakan ke arah langit-langit. Lakukan ini dua kali sehari selama satu menit untuk menghilangkan dagu ganda Anda.

Apabila garis di leher mengganggu Anda, Anda bisa mencoba latihan jerapah. Cobalah menatap lurus ke depan dengan menempatkan ujung jari Anda di bagian atas leher dan tekan kulit dengan lembut ke bawah saat Anda menengadahkan kepala Anda. Gerakkan kepala Anda ke belakang dan ulangi dua kali.

Kemudian biarkan bibir terbawah Anda bergerak sejauh mungkin, tempatkan jari Anda di tulang selangka Anda dan arahkan ke atas dagu Anda, tarik sudut mulut Anda ke bawah. Tahan selama 4 kali tari napas panjang.

 

Baca Juga:

[VIDEO] 3 Cara Lakukan Yoga untuk Atasi Wajah `iPhone`

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya