Manfaat Asam Folat bagi Perempuan

Asam folat umumnya dikenal sebagai vitamin B9 yang bertanggung jawab untuk perkembangan janin dan mencegah terjadinya kelahiran cacat.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 06 Sep 2014, 16:05 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2014, 16:05 WIB
Asam Folat
Asam folat umumnya dikenal sebagai vitamin B9 yang bertanggung jawab untuk perkembangan janin dan mencegah terjadinya kelahiran cacat.

Liputan6.com, Jakarta Asam folat umumnya dikenal sebagai vitamin B9 yang bertanggung jawab untuk perkembangan janin dan mencegah terjadinya kelahiran cacat. Selain itu, asam folat membantu dalam pembentukan sel-sel baru.

Karena semakin banyaknya perempuan mengalami kehamilan yang tidak direncanakan, dokter kerap merekomendasikan pasien untuk mengonsumsi asam folat dalam bentuk suplemen.

Perempuan harus tahu bahwa kebutuhan harian asam folatnya 400 mikrogram sampai dia hamil, yang kemudian dosis akan meningkat menjadi 600 mikrogram dari 12 minggu pertama masa kehamilan.

Tenaga medis memang menyarankan perempuan melakukan ini, karena saat melajang perempuan kehilangan banyak asam folat. Tak heran bila saat hamil, dokter kandungan selalu menyarankan perempuan mengonsumsi vitamin B9.

Dikutip dari Health Me Up, Jumat (5/9/2014) perempuan dapat memilih sumber alami vitamin B9 atau dapat membeli tablet asam folat di apotek.

Hati memang sumber terbaik dari asam folat, tapi para ahli merekomendasikan agar perempuan hamil menghindari mengonsumsi hati. Bila berlebihan, berdampak pada kelahiran cacat si jabang bayi.

Berikut ini terdapat makanan alami yang kaya vitamin B9, yang dapat Anda jadikan alternatif menggantikan suplemen;

1. Brokoli
2. Kubis
3. Kembang kol
4. Lentil
5. Papaya
6. Bayam
7. Buah kiwi
8. Jeruk
9. Gandum utuh
10. Kuning telur

Perempuan pun harus mengetahui bahwa mengonsumsi asam folat secara rutin akan mencegah terjadinya anemia, kelainan jantung bawaan dan kelahiran prematur. Sedangkan efek yang akan dirasakan si jabang bayi adalah kulit, kuku, dan rambut menjadi sehat.

Meski asam folat baik untuk dikonsumsi, perempuan juga harus memerhatikan takaran dari asam folat yang dianjurkan. Sebab penelitian terbaru menunjukan bahwa mengonsumsi asam folat dalam jumlah berlebihan akan menyebabkan terjadinya kanker payudara. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, takaran maksimal dari asam folat yang harus dikonsumsi adalah 1.000 mikrogram (parameter ini untuk orang yang sehat)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya