Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Cek, 9 Penyebab Jumlah Sperma Terjun Bebas (2)

Stres dan merokok adalah dua diantaranya, berikut penyebab lain jumlah dan kualitas sperma menurun

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Mei 2019, 23:59 WIB
Diterbitkan 17 Mei 2019, 23:59 WIB
Celana Dalam Pria
Ilustrasi Foto Celana Dalam Pria (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Gaya hidup tertentu bisa memengaruhi produksi sperma. Stres dan merokok adalah dua diantaranya.

Selain itu, masih ada beberapa faktor lain yang turut memengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Bagi Anda yang kini tengah dalam program memiliki buah hati, berikut perlu diketahui hal-hal yang bisa menurunkan kualitas sperma seperti melansir Today's Parent bagian dua.

6. Gemuk

Para peneliti University of Southern Denmark menemukan bahwa indeks massa tubuh laki-laki meningkat maka spermanya akan menurun. Diet dengan buah dan sayuran di dalamnya dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus memperbaiki sperma. Kandungan vitamin dalam buah dan sayuran seperti vitamin C, vitamin E, selenium dan zat besi dapat meningkatkan kualitas sperma.

7. Celana terlalu ketat

Pakaian dalam atau pakaian lainnya yang terlalu ketat pada bagian selangkangan tidak disarankan. Saat pakaian terlalu ketat, testikel tidak bisa mengatur suhu yang tepat untuk memproduksi sperma dengan baik.

 

Celana Dalam Pria
Ilustrasi Foto Celana Dalam Pria (iStockphoto)

8. Sering Minum Alkohol

Minuman Beralkohol Vodka
Ilustrasi Foto Minuman Keras Vodka (iStockphoto)

 

Saat dikonsumsi dalam dosis tinggi, alkohol dapat memberikan dampak terhadap produksi sperma. Namun, konsumsi moderate dari red wine yakni kurang dari 14 gelas per minggu dan tidak lebih dari dua atau tiga kali sekali konsumsi dapat memiliki efek yang baik terhadap sperma. Antioksidan dalam red wine dapat membantu menurunkan paparan sperma terhadap radikal bebas yang dapat menghancurkan sel dan DNA.

9. Kurang asam folat

Para peneliti University of California menemukan bahwa laki-laki yang mengknsumsi asam folat lebih tinggi dari yang disarankan per hari memiliki sperma abnormal lebih jarang. Penelitian juga mengatakan bahwa asam folat juga akan mempengaruhi kesehatan generasi selanjutnya.

Anda bisa mendapatkan makanan kaya asam folat seperti dari sayuran hijau, buah bit, melon dan pisang. 

Penulis: Khairuni Cesario

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya