5 Tips Nonton Film Horor Seperti Pengabdi Setan 2 Biar Enggak Ketakutan

Tak sedikit orang yang merasa takut saat hendak menonton film horor seperti Pengabdi Setan 2.

oleh Diviya Agatha diperbarui 17 Feb 2022, 09:31 WIB
Diterbitkan 16 Feb 2022, 13:32 WIB
Ilustrasi Takut
Ilustrasi takut (Gambar oleh Enrique Meseguer dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan film horor Pengabdi Setan garapan Joko Anwar. Film yang tembus empat juta penonton di bioskop ini pertama kali tayang pada 2017.

Waktu berlalu, akhirnya besok, Kamis 17 Februari 2022, Pengabdi Setan 2 Communion secara resmi akan mengumumkan teaser dari film tersebut.

Bagi penikmat horor, kelanjutan film ini mungkin sudah ditunggu sejak lama. Namun, tak sedikit yang juga merasa enggan menontonnya karena merasa takut.

"Ketakutan yang kita alami saat menonton film horor itu lebih seperti sebuah gelitikan daripada pukulan. Tetapi, beberapa orang dapat mengalami gelitik yang dalam," kata neuropsikolog, Dr Theo Tsaousides dikutip Refinery29, Rabu (16/2/2022).

"Secara alami, beberapa orang bisa merasa lebih mudah takut. Tubuh mereka dapat merespons lebih cepat dan lebih intens daripada orang lain," Theo menambahkan..  

Kabar baiknya, ternyata ada lho tips tertentu yang bisa Anda lakukan agar tidak merasa ketakutan saat menonton film horor seperti karya Joko Anwar ini.

Lalu, apa sajakah itu? Berikut di antaranya.


1. Memilih genre

Jika Anda ingin mencoba menonton film horor yang biasanya selalu membuat Anda ketakuran, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan genre film tersebut.

Pastikanlah bahwa film horor yang akan Anda tonton bukanlah sesuatu yang dapat benar-benar menakutkan dan memicu trauma Anda.

Mary Poffenroth, seorang magister sains di San Jose State University yang telah menganalisa soal rasa takut mengungkapkan bahwa Anda harus menjadi spesifik untuk memilih apa yang bisa dan tidak untuk Anda saksikan, termasuk soal film.

Menurutnya, rasa takut yang dihadapi manusia merupakan perilaku yang normal dan wajar apabila Anda ingin melindungi diri dari sesuatu yang berpotensi mengganggu Anda

"Jika Anda tidak ingin melihat hal-hal yang sangat mengerikan dan dapat mengganggu, maka mungkin Anda bisa mencoba thriller psikologis," ujar Mary.

2. Tak apa untuk bereaksi

Mary mengungkapkan bahwa tidak perlu malu untuk menutup mata jika Anda merasa ketakutan. Terlebih, dalam genre horor, biasanya akan ada alur yang mudah ditebak.

"Akan ada pola yang ditetapkan terkait bagaimana sesuatu akan berjalan. Kita biasanya tahu sesuatu akan terjadi lewat musik dramatis yang terputar. Jadi jangan ragu untuk menutup mata," kata Mary.

Tak hanya itu, beberapa orang juga terganggu oleh suara teriakan atau menderita dalam film. Dalam hal ini, jika Anda menonton di rumah, maka Anda bisa menekan tombol mute dan menggunakan subtitle.

Jika Anda menontonnya di bioskop, maka pertimbangkanlah untuk membawa penyumbat telinga.


3. Menonton dengan orang lain

Menonton film horor yang biasanya Anda takuti dengan teman atau pasangan dinilai akan sangat membantu. Anda dapat merasa ada orang lain di sekitar yang membuat Anda tetap terikat pada kenyataan.

"Ada rasa aman yang bisa terlibat dan itu bisa membantu Anda juga untuk membangun ikatan dengan orang yang menemani," kata Mary.

4. Berpikir logis

Menganalisa apa yang sebenarnya Anda takuti juga dapat membantu Anda bertahan untuk menonton film horor bahkan pada adegan yang paling sulit.

"Akan sangat membantu untuk mencari tahu apa yang paling Anda takuti secara internal dan eksternal. Izinkan diri Anda untuk mengintrospeksi apa yang membuat Anda ketakutan dari film ini," ujar Mary.

Dengan begitu, Anda dianggap dapat lebih tenang selama menontonnya karena sudah mengetahui apa yang jadi pemicunya.

 


5. Mencari tahu soal film

Meskipun ini bukan cara yang terbaik, namun jika Anda merasa takut dan dapat merasa lebih tenang jika telah mengetahui bagaimana alur cerita dalam film tersebut, maka lakukanlah.

"Anda bisa mencari tahu betapa mengerikannya sebuah film sebelum menontonnya. Lakukanlah riset untuk menyelamatkan Anda dari pengalaman yang mungkin memicu trauma," ujar Mary.


Infografis 3 Tips Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksinasi Covid-19.

Infografis 3 Tips Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis 3 Tips Atasi Takut Jarum Suntik Saat Vaksinasi Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya