Bermula dari Edukasi Tentang Anak, Mesty Ariotedjo Temukan Passion Hidup

Terbaru dari sosok Mesty Ariotedjo adalah seorang founder dari sebuah platform digital kesehatan anak bernama Tentang Anak.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 29 Agu 2022, 17:45 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2022, 17:45 WIB
dr Mesty Ariotedjo SpA, founder Tentang Anak
dr Mesty Ariotedjo SpA, founder Tentang Anak

Liputan6.com, Jakarta - Menyebut nama Mesty Ariotedjo, maka ada banyak hal yang bakal terkait dengan sosok satu ini. Mulai dari pemain harpa, model, filantropis hingga dokter anak. Terbaru dari sosok Mesty Ariotedjo adalah seorang founder dari sebuah platform digital kesehatan anak bernama Tentang Anak.

Bagi Mesty, kehadiran Tentang Anak merupakan salah satu hal yang membuatnya terus semangat menjalani hari. Ia merasa menemukan passion setelah hidup puluhan tahun. 

"Aku senang banget. Setelah 32 tahun hidup, aku menemukan passion-ku yang selama ini aku bingung. Selama ini, semuanya ingin aku coba tapi enggak ada sesuatu yang aku lihat jangka panjang. Tapi Tentang Anak ini akhirnya aku seperti, 'Wah ini benar-benar yang aku suka kerjakan dan banyak banget hal yang harus dikerjakan'," cerita Mesty.

Bermula dari awal 2020. Kala itu Mesty sedang hamil besar, membuatnya tidak bisa aktif praktik di rumah sakit karena pandemi COVID-19. Di sela waktu senggang, Mesty melihat ada banyak edukasi yang tidak tepat dalam perawatan dan pengasuhan anak di media sosial. Mesty melihat jumlah dokter anak yang hanya ada 4 ribuan tidak imbang dengan anak Indonesia yang jumlahnya lebih dari 80 juta.

"Dokter kita udah capek di rumah sakit, mau edukasi juga mungkin capek ya. Nah, karena aku di rumah kan sempat lihat sosmed, kok banyak edukasi yang misleading gitu. Enggak bisa disalahin juga para dokter juga sibuk," tuturnya saat ditemui Liputan6.com di Verde Two Apartment Jakarta di suatu sore di Agustus 2022.

Kondisi itu memantik Mesty yang seorang dokter spesialis anak untuk berbuat sesuatu. Ia merasa perlu membantu para orangtua mendapatkan informasi yang tepat dari para pakarnya kesehatan anak.

"Aku coba menjembatani masyarakat dengan para guru-guruku. Mau make sure masyarakat dapat edukasi yang terbaik, langsung dari ahli. Makanya, aku akhirnya mendirikan Tentang Anak," kata Mesty antusias.

Mesty bergerak cepat saat itu, menggunakan akun Instagram miliknya @mestyariotedjo membuka sesi Instagram Live bersama para pakar. Saat itu program tersebut sudah ia beri nama Tentang Anak.

Ia tak menyangka, mendapat respons luar biasa dari masyarakat. Ia pun berdiskusi dengan sang suami terkait pengembangan program Tentang Anak. Mesty ingin agar bisa merangkul banyak pakar mulai dari dokter spesialis anak, dokter obstetri dan ginekologi, bidan, psikolog hingga financial planner. Tujuannya agar bisa membawa dampak ke masyarakat luas.

"Akhirnya aku pisahkan (dari akun Instagram pribadi). Urusan parenting itu enggak cuma urusan orangtua dan dokter anak tapi juga bagaimana keuangan keluarga baik apa enggak. Lalu, ada juga psikolog keluarga karena kan cara pasangan berinteraksi penting bisa berdampak ke anak."

"Jadi, kami melihatnya secara holistik," tutur wanita kelahiran April 1989 itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Edukasi ke Orangtua Mulai dari Sebelum Hamil hingga Tumbang Anak

Mesty Ariotedjo, ibu yang juga dokter spesialis anak yang tengah mengembangkan platform Tentang Anak
Mesty Ariotedjo, ibu yang juga dokter spesialis anak yang tengah mengembangkan platform Tentang Anak

Dua tahun lebih Tentang Anak sudah berjalan. Lalu, sudah menebarkan edukasi ke 53 juta orang lewat berbagai media mulai dari Instagram tapi juga lewat website dan terbaru sudah ada aplikasi.

Lewat aplikasi tersebut orangtua bisa mengikuti webinar dengan berbagai pakar, chat dengan dokter, melihat beragam menu Makananan Pendamping ASI (MPASI). Orangtua juga bisa mengecek pertumbuhan anak dengan memasukkan tinggi, berat dan lingkar kepala anak.

Topik yang dibahas pun beragam mulai dari persiapan kehamilan, menyusui, mempersiapkan persalinan hingga tumbuh kembang anak. Tak ketinggalan dari kesehatan mental dan keuangan. Semua aspek edukasi dibutuhkan untuk menjadi orangtua yang baik bagi anak karena menjadi ayah dan ibu itu memang tidak mudah. 

"Kita enggak ada yang pernah bilangin gitu ternyata punya anak itu susah lho. Ternyata menyusui enggak segampang kelihatannya. Maka penting sekali bagi orangtua dari sebelum hamil sudah belajar tentang parenting ini, pas sudah punya anak overwhelmed, udah stres kan," tutur Mesty.

Dengan beragam edukasi yang ada dari pakar maka diharapkan orangtua Indonesia siap dan bahagia dalam berprsoses menjadi orangtua.

"Jadi, Tentang Anak ingin mendampingi bahkan dari mempersiapkan kehadiran si Kecil. Kalau orangtua tenang, percaya diri, anaknya juga happy," lanjut wanita lulusan Program Pendidikan Dokter Spesialis Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini. 

Sembari Tentang Anak terus berkembang, hal yang Mesty dan tim lakukan adalah bagaimana cara agar terus berkelanjutan. Maka salah satu upaya yang dilakukan dengan menghadirkan fitur terbaru yakni belanja di aplikasi Tentang Anak. 

"Bila ingin memberikan dampak yang luas harus sustainable dan scalable. Belajar dari pengalaman sebelumnya yang benar-benar non profit enggak bisa kemana-mana. Harus nyari sumbangan, pemberi sumbangan juga punya kepentingan sendiri. Jadi, aku berpikir bagaimana cara menjalankan ini agar berkelanjutan," tutur Mesty.

Dalam fitur belanja tersebut, orangtua bisa mendapatkan barang kebutuhan anak yang original dan sudah dikurasi pakar hanya dengan klik saja dari mana berada.

"Harapannya semua kebutuhan anak sudah ada di situ, Jadi, ya waktu yang orangtua miliki bisa dialokasikan untuk quality time sama anak," tutur wanita yang tengah menempuh pendidikan di Johns Hopkins University, Amerika Serikat ini.  

Inovasi bakal terus Mesty dan tim Tentang Anak lakukan. Hal ini mengingat ada banyak permasalahan kesehatan dan parenting anak di masyarakat.

"Pada akhirnya sih, misi kita ingin mendampingi 80 juta anak di Indonesia supaya mereka tumbuh sehat dan bahagia," kata wanita yang juga ibu dua anak ini.


Berani Mencoba Hal Baru

dr Mesty Ariotedjo SpA, founder Tentang Anak
dr Mesty Ariotedjo SpA, founder Tentang Anak

Banyak hal yang Mesty kuasai, bisa jadi itu karena ia adalah sosok yang berani mencoba banyak hal. Mulai dari guru, artis cilik, mencoba beragam alat musik, IT programmer, hingga akhirnya menjadi dokter anak.Maka, dia pun mengingatkan anak-anak muda untuk berani mencoba banyak hal.

"Aku cukup mengencourage untuk individu muda mencoba banyak hal. Karena kalau kita enggak coba, kita juga enggak tahu sebenarnya apa yang benar untuk kita," kata Mesty.

Hal ini ia utarakan dengan melihat pengalaman pribadinya. Ketika sudah mencoba banyak hal, Mesty melihat benang merah bahwa hal yang ia sukai adalah tentang anak-anak. Maka dari itu, sejak membuat Tentang Anak dirinya selalu berenergi dan antusias membangun platform tersebut.

"Yang aku rasa ejak aku bikin Tentang Anak tuh very energize. Kayak tiap hari itu semangat mau menjalankan hari ini. Apalagi ya yang bisa aku kerjakan," tuturnya.

Namun, perjalanan untuk sampai ke situ naik turun. Termasuk ia harus melewati banyak hal membosankan.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya