Sido Muncul Gandeng Perdami Bantu Operasi Katarak Gratis di Bandung

Sido Muncul kembali memberikan pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan operasi katarak gratis untuk masyarakat tidak mampu di wilayah Bandung dan sekitarnya.

oleh Liputan6.com pada 10 Mei 2023, 11:02 WIB
Diperbarui 10 Mei 2023, 11:03 WIB
Sido Muncul Gandeng Perdami Bantu Operasi Katarak Gratis di Bandung
Sido Muncul bekerja sama dengan Perdami dan Dinkes Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan sosial Operasi Katarak di RSUD Bandung Kiwari,

Liputan6.com, Bandung PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali memberikan pelayanan kesehatan melalui penyelenggaraan operasi katarak gratis untuk masyarakat tidak mampu di wilayah Bandung dan sekitarnya.

Kali ini, Sido Muncul menggandeng Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Dinas Kesehatan Jawa Barat. Kegiatan operasi menyasar sebanyak 150 penderita katarak di RSUD Bandung Kiwari, pada Selasa (9/5/2023).

Pelaksanaan Operasi Katarak Gratis dari Sido Muncul ini turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat turut menyampaikan apresiasi kepada Ridwan Kamil atas kehadirannya dalam kegiatan CSR Sido Muncul yang telah berjalan sejak 2011 ini.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada Bapak Ridwan Kamil yang telah bersedia hadir dan mendukung kegiatan ini. Pelaksanaan operasi katarak gratis di Bandung ini telah kami lakukan lebih dari lima kali dan ini kali pertamanya di RSUD Bandung Kiwari. Tentu kami menyambut baik kerja sama ini dan berharap dapat menjalin kerja sama lainnya,” kata Irwan.

Dirinya menjelaskan bahwa calon pasien telah menjalani proses skrining dan operasi yang telah dilaksanakan pada 7 Mei lalu.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini bisa membantu para penderita katarak untuk kembali beraktivitas,” ujar Irwan.

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan operasi katarak gratis ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya pada bagian penglihatan.


Telah Operasi Lebih Dari 55.000 Mata

Telah Operasi Lebih Dari 55.104 Mata
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat

Terhitung sejak tahun 2011 hingga saat ini, Sido Muncul telah mengoperasi lebih dari 55.000 mata di seluruh Indonesia. Adapun pada tahun ini, pihaknya menargetkan 12 ribu mata pasien.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya berharap jumlah penderita katarak semakin kecil. Sebab orang itu kalau kehilangan penglihatan, 50 persen kualitas hidupnya hilang. Apalagi masalah katarak itu banyak dan terus bertambah setiap tahunnya,” ujar Irwan.

“Untuk itu, kehadiran kami di sini bukan hanya membantu saja, melainkan juga memberitahu kepada orang-orang bahwa katarak bisa disembuhkan hanya dengan operasi,” imbuhnya.

Selain operasi katarak gratis, Sido Muncul juga terus berkomitmen meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat. Sido Muncul juga akan memberikan operasi bibir sumbing gratis dan pencegahan stunting di berbagai wilayah Indonesia.

“Kami akan mengembangkan ke operasi bibir sumbing di Rumah Sakit Bandung Kiwari, supaya kalau ada kegiatan, kami akan ikut partisipasi lagi. Untuk stunting juga saya ingin berpartisipasi. Intinya, kami punya dana dan setiap ada kegiatan kami ingin berpartisipasi,” tutur Irwan.


Apresiasi Ridwan Kamil

Apresiasi Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Sido Muncul yang menggelar kegiatan operasi katarak gratis. Menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam meningkatkan kesehatan warga Jawa Barat.

“Masalah kesehatan terutama kebutaan akibat katarak itu menjadi perhatian kita bersama. Ini menjadi salah satu kolaborasi antara Pemprov Jabar bersama Sido Muncul, mudah-mudahan teladannya menjadi inspirasi yang lain untuk melakukan hal yang serupa,” paparnya.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya