Pelukan 10 Detik Bisa Bikin Anak Bahagia, Syaratnya Harus Tulus dan Hadir Seutuhnya

10 detik yang berharga untuk anak. Bila orangtua memberikan pelukan 10 detik dengan tulus dan hadir seutuhnya anak bisa merasakan cinta dan sayang dari ayah dan ibu.

oleh Benedikta Desideria diperbarui 21 Jul 2024, 13:17 WIB
Diterbitkan 21 Jul 2024, 13:00 WIB
Ilustrasi ibu dan anak, berpelukan, minta maaf
Ilustrasi ibu dan anak, berpelukan, minta maaf. (Image by freepik)

Liputan6.com, Jakarta Hal sederhana seperti pelukan ternyata bisa menghasilkan hal luar biasa. Saat orangtua memberikan peluk itu  menghasilkan hormon bahagia, baik pada orang dewasa maupun anak-anak seperti disampaikan psikolog klinis Nirmala Ika.

Hormon bahagia akan membantu menurunkan level stres dan dapat meningkatkan imunitas. Dengan rasa bahagia itu suasana hati akan membaik dan otomatis semua organ akan berfungsi dengan baik juga.

Ika mengatakan pelukan selama 10 detik cukup untuk mengisi rasa bahagia anak. Untuk mencapai hal tersebut pelukan harus tulus dan “hadir” tanpa distraksi pikiran tentang hal lain.

Pelukan dari orangtua secara tulus, dapat memberikan rasa bahagia yang dirasakan anak-anak. Anak-anak yang dipeluk juga bakal merasa dicintai, dihargai, diterima dan lebih tenang.

“Secara psikologis yang penting hati kita tulus atau nggak, bisa nggak dalam beberapa puluh detik kita benar-benar disitu, meluk dia, itu yang lebih penting daripada kita ikutin aturan tapi kita meluk doang padahal otak kemana-mana, anak-anak lebih butuh kehadiran fisik,” jelas Ika mengutip Antara.

Anak Usia Besar Juga Tetap Butuh Pelukan Orangtua

Ika juga mengatakan pada anak yang lebih besar sebenarnya tetap membutuhkan pelukan hangat dari orangtua. Namun, ucapan dari lingkungan sekitar tentang pelukan yang berarti anak manja membuat sebagian anak yang sudah masuk pubertas menjadi lebih jarang ingin dipeluk terlebih di tempat umum.

Membiasakan pelukan merupakan salah satu cara agar anak tahu bahwa ketika orangtua memeluk anak adalah hal wajar. Memeluk adalah upaya untuk menunjukkan rasa sayang ke anak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Anak Bakal Tumbuh Jadi Sosok Dewasa dengan Hati Tenang

Ika juga menyebutkan manfaat anak sering dipeluk bakal bermanfaat saat dewasa. Anak yang sering dipeluk atau merasakan sentuhan fisik dari orangtua saat dewasa memiliki hati yang tenang.

Anak ini bakal dapat menularkan kebahagiaan pada orang lain karena tidak terpapar kekerasan.


Ajari ke Anak Siapa yang Boleh Peluk dan Tidak

Bicara berpelukan dan sentuhan fisik, ajari anak siapa saja yang boleh memeluk anak. Beri tahu pelukan apa yang boleh dan tidak.

“Kita juga harus mengajarinya siapa yang boleh peluk siapa yang nggak boleh, pelukan seperti apa yang boleh dan nggak," saran Ika.

"Ketika dia masih mau pelukan sama kita sebagai orangtua dia akan mau-mau saja dipeluk orangtuanya karena nggak dijudge,” katanya.

 

Infografis Indeks Kebahagiaan Indonesia 2017
Siapa paling berbahagia di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya