Mag Sakitnya di Ulu Hati & Bikin Eneg, Bukan Pusar

Selama ini orang masih bingung letak sakit jika mag menyerang. Sebenarnya, mag terasa sakit di daerah ulu hati bukan di daerah tubuh lain.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 08 Jul 2013, 09:30 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2013, 09:30 WIB
sakit-maag130707c.jpg
Selama ini orang masih bingung letak sakit jika mag menyerang. Sebenarnya, mag terasa sakit di daerah ulu hati bukan di daerah tubuh lain.

Demikian dijelaskan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari Kolegium PB-PAPDI, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD, K-GEH, FINASIM, MMB, FACP, dalam acara 'Peluncuran Pusat Konsultasi Ahlinya Lambung', di Bandung, Jawa Barat, yang ditulis Senin (8/7/2013)

"Di beberapa kejadian, tak sedikit orang yang mengatakan dirinya terkena penyakit mag, tapi yang ditunjuk olehnya di sekitar pusar. Itu salah," terang Dr. Ari Fahrial Syam.

Bahkan, ada yang ketika terserang mag, dirinya menunjuk ke daerah tubuh bagian bawah. "Hal yang seperti wajar. Karena pasien itu sendiri tidak belajar struktur anatomi," tambah Ari.

Yang harus digarisbawahi adalah penyakit lambung adalah kondisi yang tidak mengenakkan di bagian ulu hati. Selain itu, masih ada kondisi lain yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah orang tersebut menderita suatu penyakit di daerah bagian lambung.

"Yaitu begah, cepat kenyang, sendawa, dan eneg. Enegnya juga harus diperhatikan, jangan salah definisi eneg," tutupnya.

(Adt/Mel)

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya