Yang Membahayakan bagi Para Atlet, Hati-hati!

Aritmia (gangguan kelainan listrik jantung) adanya penebalan pada bilik jantung, akibat latihan fisik atau memang faktor genetik.

oleh Kusmiyati diperbarui 31 Jul 2013, 15:26 WIB
Diterbitkan 31 Jul 2013, 15:26 WIB
jantung-130311b.jpg
Ganguann irama jantung atau aritmia kerap terjadi pada atlet profesional. Selain latihan fisik yang terlalu berat melebihi kapasitas orang pada umumnya terdapat penyebab lain.

"Aritmia (gangguan kelainan listrik jantung) adanya penebalan pada bilik jantung, akibat latihan fisik atau memang faktor genetik," ujar Spesialis Jatung dan pembuluh Darah Eka Hospital, Dr. Muhammad Yamin, Sp.JP(K), FACC, FSCAI saat diwawancarai Liputan6.com, Rabu (31/7/2013).

Gangguan penebalan pada bilik jantung disebabkan karena :
  • Banyak mengonsumsi alkohol atau kafein
  • Suplemen diet dan pengobatan herbal
  • Stress
  • MerokokLatihan fisik yang berlebih
  • Gangguan atau penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes dan obesitas atau kegemukan
Untuk mendiagnosis aritmia jantung dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu (screening) kemudian jika sudah diketahui terdapat risiko penebalan bilik jantung yang membahayakan maka dilakukan pemeriksaan mendalam.

"Tuntutan tinggi sebagai atlet yang ingin menang memang melakukan latihan, namun dibutuhkan pemeriksaan sehingga dapat diketahui porsi latihan yang tepat," papar dr. Muhammad Yamin.

Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko penyakit yang menyerang jantung.

Pemeriksaan rutin dan mendalam juga diperlukan agar tidak terjadi kematian mendadak. "Ada juga yang memang belum stadium berbahaya, seseorang yang terkena Aritmia dapat dibantu kejut atau alat pacu jantung sehingga tidak sampai kematian mendadak," ujarnya.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya