7 Potret Banjir di Malaysia, Puluhan Ribu Warga Terpaksa Dievakuasi

Banjir Malaysia terjadi sejak Minggu (19/12/2021) hingga membuat lebih dari 30.000 warga dievakuasi.

oleh Novita Ayuningtyas diperbarui 20 Des 2021, 19:55 WIB
Diterbitkan 20 Des 2021, 19:55 WIB
Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Pemandangan dari udara ini menunjukkan desa yang terendam banjir di Puchong, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Banjir menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (Chan Yoke Poh/Lion Club International 308B1 via AP)

Liputan6.com, Jakarta Sejak Minggu (19/12/2021) Malaysia tengah menjadi sorotan banyak netizen. Pasalnya, negara dengan julukan negeri Jiran tersebut tengah dilanda banjir cukup besar. Banjir yang melanda Malaysia ini membuat puluhan ribu warga terpaksa harus dievakuasi dari rumah mereka.

Dilansir Liputan6.com dari The Guardian, Senin (20/12/2021) Malaysia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang sering mengalami hujan badai pada akhir tahun. Bahkan, pada akhir 2021 ini, banjir melanda Malaysia membuat lebih dari 30.000 orang dievakuasi dari kediaman mereka. 

Hujan deras sendiri diketahui terjadi sejak Jumat (17/12/2021) lalu. Hal ini pula yang menyebabkan air sungai meluap hingga menyebabkan banjir di beberapa wilayah di Malaysia. Sedikitnya 14.000 orang yang berada di daerah Pahang harus diungsikan, selain itu sekitar 10.000 orang di Selangor meninggalkan rumah ketempat evakuasi. Serta, ribuan orang lainnya terdapat dari wilayah yang berbeda. Jumlah warga yang harus dievakuasi pun masih bisa bertambah seiring dengan proses pendataan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Kuala Lumpur dan beberapa wilayah sekitar telah dilanda banjir selama dua hari. Bahkan, potret penampakan banjir beredar luas di media sosial. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa potret banjir besar yang terjadi di Malaysia, Senin (20/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Ini dia penampakan banjir di Kuala Lumpur, Malaysia dari udara.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Pemandangan dari udara ini menunjukkan desa yang terendam banjir di Puchong, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari. (Chan Yoke Poh/Lion Club International 308B1 via AP)

2. Banjir besar ini pun terjadi pula di luar kota Kuala Lumpur.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Warga mengarungi jalan yang dilanda banjir di Hulu Langat, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari, menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (Foto AP/Vincent Thian)

3. Ratusan rumah serta gedung-gedung pertokoan terendam oleh banjir.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Seorang terdampar menunggu penyelamatan di Hulu Langat, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari, menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (Foto AP/Vincent Thian)

4. Banjir 2021 ini pun termasuk banjir yang cukup parah yang pernah melanda Malaysia.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Seorang pria membersihkan toko mereka yang furniturnya rusak akibat terendam banjir di luar toko mereka di Hulu Langat, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari. (AP Photo/Vincent Thian)

5. Bahkan, puluhan ribu warga harus dievakuasi dari kediaman masing-masing.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Warga membawa perbekalan kesehatan melalui jalan yang tergenang banjir di Hulu Langat, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Banjir menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (AP Photo/Vincent Thian)

6. Proses pencarian korban juga masih terus dilakukan oleh tim penyelamat.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Tim penyelamat dikerahkan untuk korban banjir di Hulu Langat, luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari, menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (Foto AP/Vincent Thian)

7. Sebelumnya, banjir besar juga pernah melanda Malaysia pada 2014 yang membuat lebih dari 118.000 orang mengungsi.

Penampakan Banjir Besar di Malaysia
Seorang pria mengarungi jalan yang banjir di Hulu Langat, di luar Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (19/12/2021). Kuala Lumpur dan perkampungan sekitarnya dilanda banjir akibat hujan deras selama dua hari, menyebabkan ribuan warga mengungsi dan banyak jalan yang memutus akses. (AP Photo/Vincent Thian)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya