10 Cara Mengecilkan Pipi Tembem atau Chubby Secara Alami, Ampuh dan Mudah

Senam wajah dapat menjadi solusi cara mengecilkan pipi tembem yang efektif.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 24 Okt 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 24 Okt 2022, 13:30 WIB
Transformasi Wajah Chubby Hingga Tirus Para Idol K-Pop
Umji debut bersama G-Friend di tahun 2015 dengan penampilan pipi chubby. Kini ia bergabung dengan Viviz dengan penampilan yang semakin dewasa dan memesona. credit,Instagram/ ummmmm_j.i

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang terutama kaum Hawa penasaran dengan cara mengecilkan pipi tembem. Pipi tembem atau chubby yang tampak gembul memang menggemaskan, namun bagi sebagian orang kondisi pipi yang tembem justru menurunkan kepercayaan dirinya. Turunnya tingkat kepercayaan diri seseorang dengan pipi tembem biasanya dikarenakan pipi tembem memberi kesan tubuh yang gemuk, padahal orang dengan perawakan kurus juga bisa memiliki pipi tembem.

Secara tampilan kebanyakan orang memang lebih menyukai pipi tirus agar tampak lebih dewasa. Oleh sebab itu banyak orang berpipi chubby mencari cara mengecilkan pipi tembem. 

Pebabkan pipi tampak tembem bahkan meskipun memiliki perawakan kurus adalah karena pipi merupakan anggota badang yang jarang bergerak. Hal ini menyebabkan lemak di pipi yang membuatnya tembem sulit dihilangkan. Selain itu pipi tembem juga dapat terjadi karena faktor genetik.

Berikut cara mengecilkan pipi tembem yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, (24/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Mengecilkan Pipi Tembem

3 Trik Makeup Tiruskan Pipi Chubby Tanpa Harus Oplas
Ilustrasi pipi chubby. (via: istimewa)

1. Melakukan Senam Wajah

Seperti sudah disebutkan, pipi yang tembem terjadi karena pipi merupakan anggota tubuh yang jarang bergerak. Senam wajah dapat menjadi solusi cara mengecilkan pipi tembem yang efektif. 

Senam wajah dapat dilakukan dengan mengucapkan A, I, U, E, O. Pastikan semua otot wajah terasa tertarik saat melakukannya, lakukan selama beberapa menit. Selain itu, anda juga dapat melakukan gerakan seperti tersenyum dan mengerucutkan bibir secara berulang-ulang selama beberapa kali.

Teknik lain yang dipercaya bisa membantu cara mengecilkan pipi tembem, yaitu dengan teknik mewing atau memosisikan lidah di langit-langit mulut. Caranya,  rapatkan bibir, kemudian posisikan rahang hingga gigi depan bawah berada tepat di belakang gigi depan atas. Posisikan lidah sepenuhnya pada langit-langit mulut. Tempatkan ujung lidah tepat di belakang gigi depan atas, tapi jangan sampai menyentuh.

2. Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet dapat menjadi salah satu aktivitas yang membuat pipi aktif bergerak. Gerakan mengunyah terbukti membantu membentuk pipi menjadi lebih tirus dan melatih otot rahang sehingga menjadi lebih kuat. Pilih permen karet rendah gula kate asupan gula berlebih dapat menghambat proses menghilangkan lemak di pipi.

3. Membatasi Makanan dengan Kandungan Garam Tinggi

Hal lain yang dapat dilakukan pada cara mengecilkan pipi tembem adalah dengan  mengurangi garam berlebih. Natrium yang terkandung dalam garam memiliki sifat menahan air, cairan yang tertahan ini membuat beberapa bagian tubuh termasuk pipi tampak lebih besar. Maka untuk mengecilkan pipi tembem, kurangi jumlah garam yang masuk kedalam tubuh. 


Cara Mengecilkan Pipi Tembem

4. Membatasi Konsumsi Gula

Gula memang merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan manusia. Namun, gula tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan terjadinya timbunan lemak di pipi.

Apalagi bila yang dikonsumsi adalah fruktosa atau jenis gula sederhana secara berlebih  dapat menyebabkan terjadinya resistensi hormon leptin. Hormon leptin adalah hormon yang mengatur rasa lapar. Jika resistensi hormon leptin terjadi, seseorang akan terus merasa lapar dan mendorong orang tersebut makan lebih banyak dari kebutuhan tubuhnya. Apabila hal ini terjadi, berat badan akan naik dan pipi akan menjadi tembem.

5. Membatasi Makanan Olahan 

Makanan olahan seperti kue, makanan cepat saji, dan pasta dapat menyebabkan naiknya berat badan yang kemudian berdampak pada pipi yang terlihat tembem. Makanan yang telah melalui banyak proses pengolahan telah kehilangan sebagian besar nutrisi alami yang dimilikinya. Kemudian yang tersisa hanya gula dan karbohidrat nya saja.

Makanan olahan dengan kandungan gula dan karbohidrat tinggi dapat mendorong keinginan makan semakin tinggi. Salah satu cara mengecilkan pipi tembem yang harus dikurangi adalah mengurangi konsumsi makanan olahan. 

6. Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Jumlah waktu tidur memiliki pengaruh yang signifikan dengan peningkatan berat badan. Waktu tidur kurang dari enam jam per hari dapat memicu peningkatan produksi hormon yang merangsang nafsu makan. Oleh sebab itu seorang yang begadang cenderung ngemil dan makan lebih banyak. Hal ini tentu akan menyebabkan naiknya berat badan dan membuat pipi semakin tembem

7. Berolahraga Secara Teratur

Selain melakukan senam wajah, berolahraga dengan menggerakan anggota badan lain juga efektif mengecilkan pipi yang tembem. Saat berolahraga semua cadangan energi yang disimpan dalam bentuk lemak akan terpakai, termasuk lemak yang ada di pipi. Dengan begitu pipi akan menjadi lebih tirus.


Cara Mengecilkan Pipi Tembem

[Bintang] Biar Pipi Chubby, Makeup Andalan Gita Gutawa Ini Keren Maksimal
Minta dicubit, makeup Gita Gutawa ini super gemesin. (Sumber foto: gitagut/instagram)

8. Konsumsi Banyak Air Putih

Minum segelas air sebelum makan efektif mengurangi rasa lapar. Setelah minum air nafsu makan akan menurun dan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh juga menurun. Hal ini akan mengurangi jumlah lemak yang tertimbun di pipi. 

9. Hindari Konsumsi Alkohol

Berbagai jenis alkohol seperti bir, wine, dan whiskey memiliki jumlah kalori yang tinggi namun rendah nutrisi. Mengkonsumsi alkohol secara berlebihan selain dapat memberatkan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan obesitas.

10. Mengubah Gaya Rambut

Cara mengecilkan pipi tembem lain yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya rambut. Terkadang struktur wajah membuat pipi tampak tembem padahal jumlah lemak di pipi sudah berkurang. Untuk itu anda bisa mengunjungi salon rambut dan mendapat potongan rambut yang membentuk wajah menjadi lebih tirus. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya