Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk, Sejarah Berdiri, Industri dan Unit Bisnisnya

Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk, sejarah berdirinya PT Arita Prima Indonesia Tbk, beserta dengan industri dan unit bisnis PT Arita Prima Indonesia Tbk.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 28 Des 2022, 11:30 WIB
Diterbitkan 28 Des 2022, 11:30 WIB
PT Arita Prima Indonesia Tbk
sumber : arita.co.id

Liputan6.com, Jakarta PT Arita Prima Indonesia Tbk merupakan salah satu perusahaan di indonesia yang bergerak di sektor ekspor dan impor barang logam, yang meliputi valve, fitting dan produk sejenis lainnya. Berdiri pertama kali pada tahun 2000, PT Arita Prima Indonesia Tbk telah menjadi salah satu perusahaan besar di Indonesia.

Terus berinovasi dan berkembang, PT Arita Prima Indonesia Tbk yang berlokasi di Jakarta Utara ini, kini telah memiliki 34 cabang dan 12 divisi penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia dan berlokasi di berbagai kota besar dan strategis di Indonesia. Tidak hanya itu PT Arita Prima Indonesia Tbk juga merupakan perusahaan valve pertama yang Go Publik di Indonesia.

PT Arita Prima Indonesia Tbk juga dikenal memiliki jaringan internasional yang luas, hal ini membuat PT Arita Prima Indonesia Tbk menjadi perusahaan terdepan di bidangnya. Dikenal dengan performanya yang prima, PT Arita Prima Indonesia Tbk menjadi jembatan bagi masyarakat untuk bisa mengakses produk berkualitas dari seluruh dunia. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Arita Prima Indonesia Tbk, yang Liputan6.com rangkum dari laman resmi arita.co.id pada Rabu (28/12/2022). Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk, sejarah berdirinya PT Arita Prima Indonesia Tbk, beserta dengan industri dan unit bisnis PT Arita Prima Indonesia Tbk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk

Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk
sumber : arita.co.id

Profil PT Arita Prima Indonesia Tbk

Berdiri sejak tanggal 05 Oktober 2000 di Jakarta, Indonesia, PT Arita Prima Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang bergerak di bidang impor, distribusi, dan servis untuk produk valve, fitting, instrumentation, serta control. 

Melalui performa prima yang senantiasa kami tingkatkan dari waktu ke waktu, telah mengantarkan PT Arita Prima Indonesia Tbk sebagai perusahaan valve yang pertama Go Public dan satu-satunya di Indonesia pada tahun 2013.

Jaringan internasional yang luas membuat Arita menjadi perusahaan terdepan di bidangnya. PT Arita Prima Indonesia Tbk merupakan jembatan bagi customer Indonesia untuk mendapatkan produk-produk berkualitas dari seluruh dunia, seperti JF Arita, Bells, Q-Flex, Clorius, Ari Armaturen, Thermo, ANS dan masih banyak lagi.

Memasuki usia 22 tahun di Indonesia, PT Arita Prima Indonesia Tbk, kini telah menjadi penyedia produk pendukung berbagai industri, mulai dari minyak & gas, kelapa sawit, perkapalan, oleochemical, pengolahan air, petrochemical, bangunan, pertambangan, hingga energi.

Didukung oleh 34 cabang dan 12 divisi penjualan di seluruh Indonesia yang berlokasi di kota-kota terbesar dan strategis di Indonesia, PT Arita Prima Indonesia Tbk, hadir dengan sistem distribusi yang luas sehingga mampu menjangkau pelanggan lebih mudah

Visi : Menjadi industri pelopor dalam menyediakan produk, layanan, serta solusi unggulan guna mendukung terciptanya masyarakat lebih baik di masa depan

Misi :

- Berkomitmen dalam membangun hubungan yang saling menguntungkan secara jangka panjang dengan segenap shareholders dan stakeholders

- Menyediakan produk berkualitas dari merk terpercaya, layanan kelas satu, serta solusi inovatif bagi seluruh pelanggan

- Menjadi perusahaan dengan tingkat produktivitas dan efektivitas prima serta secara dinamis terus beradaptasi terhadap perubahan yang ada 

Nilai-Nilai Perusahaan 

- Achievement, Bahwa setiap karyawan Perseroan harus membuat visi dan target bagi dirinya, memiliki rencana yang jelas untuk meraihnya serta mengerjakan rencana itu dengan sepenuh hati dan kesadaran.

- Responsiveness, bahwa setiap karyawan Perseroan harus selalu mengagendakan tindakan perbaikan yang terus-menerus, berpikir dan berlaku inovatif-kreatif agar mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

- Integrity, bahwa setiap karyawan Perseroan harus menjunjung tinggi kejujuran, berani bertanggung jawab atas tugasnya dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Perseroan .

- Teamwork, bahwa setiap karyawan Perseroan harus mau mendengar saran dan kritik untuk kemajuan dirinya, tidak ragu melayani, membantu serta mendukung rekan yang membutuhkannya.

- Accountable, bahwa setiap karyawan Perseroan harus melaksanakan aturan, membiasakan diri untuk rapi dalam dokumentasi dan selalu siap untuk diaudit hasil kerja dan tanggung jawabnya.

 

Alamat : Komplek Rukan Sunter Permai Blok C No. 7-9 & 15, Jl. Danau Sunter Utara Raya, Sunter, Jakarta Utara 

Email : info@arita.co.id

Telepon : +6221 651 9188

Fax : +62216516107


Sejarah PT Arita Prima Indonesia Tbk

Sejarah PT Arita Prima Indonesia Tbk

PT Arita Prima Indonesia Tbk didirikan pertama kali pada tahun 2000 di Jakarta, Indonesia sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang impor, distribusi, dan servis untuk produk valves, fittings, instrumentation dan control.

Berikut ini lini masa sejarah berkembang dan berdirinya PT Arita Prima Indonesia Tbk :

2000 : PT Arita Prima Indonesia didirikan di Jakarta, Indonesia pada 5 Oktober 2000

2001 : Mulai mendistribusikan valve ke industri Kelapa Sawit dan Marine

2002 : Pendapatan mencapai 8 Miliar Rupiah dengan total asset mencapai 5,8 Miliar Rupiah.  Mulai mendistribusikan valve ke industry lainnya.

2008 : Pendapatan tahunan mencapai 18,1 Miliar Rupiah. Membuka 8 cabang di seluruh Indonesia, termasuk Batam dan Sampit.

2010 : Mengembangkan beberapa unit bisnis baru dan membuka beberapa cabang lainnya hingga Bandung. Semakin berhasil memperluas jangkauan distribusi di Indonesia.

2012 : Ekspansi besar-besaran dengan membuka semakin banyak cabang di Indonesia (22 cabang dan 5 kantor penjualan), didukung oleh supply chain management yang efektif dan efisien.

2013 : Membuka 24 cabang dan 8 kantor penjualan di Indonesia. Menjadi perusahaan valvee pertama dan satu-satunya yang GO PUBLIC

2014 : Membuka 33 cabang dan divisi penjualan di seluruh Indonesia.

2015 : Menggandeng perusahaan pompa asal cina, untuk mengembangkan produk pompa bagi kalangan industri.

2016 : PT Arita Prima Indonesia Tbk mendirikan anak perusahaan baru yaitu PT Amanah Nusantara Sejahtera, yang bergerak di sektor industri Oil & Gas, Petrochemical, Power Plant, dan Mining.

2017 : PT Arita Prima Indonesia Tbk melakukan proses untuk pembangunan Kawasan Arita Industrial Park di purwakarta dengan luas lahan ± 300.000 m2.

2018 : Hingga saat ini pendapatan kami mencapai IDR 216 miliar (USD 15 juta), dengan total nilai persediaan 163 miliar (USD 11,25 juta). Kami juga terus memperluas jangkauan produk untuk memasok kebutuhan pasar.

2019 : PT Arita Prima Indonesia Tbk, mendirikan anak perusahaan PT Aira Tirta Utama yang berlokasi di Bandung dan PT Aira Sukses International yang berlokasi di Jakarta.

2020 : Telah selesai pembangunan dua gedung pabrik yaitu gedung foundry dan gedung untuk machining di Sadang Purwakarta


Industri dan Unit Bisnis PT Arita Prima Indonesia Tbk

Industri dan Unit Bisnis PT Arita Prima Indonesia Tbk

1. Industri PT Arita Prima Indonesia Tbk

PT Arita Prima Indonesia Tbk memiliki pelanggan dari berbagai macam industri. Total pelanggan PT Arita Prima Indonesia Tbk mencapai kurang lebih 13.534 dengan rata-rata transaksi aktif setiap bulan mencapai 1.894 transaksi. Industri-industri yang dapat dilayani oleh PT Arita Prima Indonesia Tbk meliputi :

Consumer Goods : 23%

Palm Oil : 23%

Building : 16%

Oil & Gas : 15%

Marine : 8%

Lain - lain :15%

 

2. Unit Bisnis PT Arita Prima Indonesia Tbk

Untuk melayani kebutuhan dan agar mampu memberikan kepuasan pelanggan PT Arita Prima Indonesia Tbk juga memiliki 32 unit bisnis yang dikombinasikan dalam berbagai macam produk dan layanan. Berikut daftar unit bisnis yang dimiliki :

- Pressure & Temp Measurement

- Level Measurement

- Flowmeter

- Water Analysis

- Control Valve

- Steam Line

- Sanitary & Fitting Flange

- PVC

- Water Pump

- Building & Safety Equipment

- Oleo Chemical

- Sawit

- Marine

- Waterwork

- CCTV

- Industrial Developer

- Oil & Gas

- Petrochemical

- Powerplant

- Mining

- Internet Of Things

- Calibration Service

- Automation System

- Boiler System

- Emission System

- Flexible Host & Fitting Reg

- WWTP

- Manufacture Factory

- Manual Valve & Fitting

- WTP

- Reverse Osmosis System

 

 

 
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya