Lamanya Waktu Bermain Softball adalah 1-2 Jam, Ketahui Cara Permainannya

Lamanya waktu bermain softball adalah peraturan yang ditetapkan oleh International Softball Federation atau ISF.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 03 Jan 2023, 10:55 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 10:55 WIB
Ilustrasi permainan softball
Ilustrasi permainan softball. (Photo storyset Copyright by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Olahraga menjadi salah satu sarana rekreasi yang banyak digemari permainan softball salah satunya. Mengetahui lamanya waktu bermain softball adalah 1 sampai 2 jam penting sebelum melakukan permainan ini. Softball menjadi olahraga tim yang tidak hanya mengasah ketangkasan tapi juga melatih taktik dan kerjasama antar tim. 

Lamanya waktu bermain softball adalah peraturan yang ditetapkan oleh International Softball Federation atau ISF. Ketentuan ini diikuti oleh seluruh permainan softball baik yang resmi maupun tidak. Softball merupakan pengembangan dari olahraga baseball atau hardball. Dalam permainan softball, bola akan dilempar oleh pelempar bola yang disebit pitcher. Kemudian, ada pemain yang menjadi sasaran lawan yang disebut batter memegang tongkat yang disebut bat.

Terdapat tiga tipe permainan softball, yaitu Fast Pitch Softball, Modified Pitch Softball, dan Slow Pitch Softball. Berikut ulasan Liputan6.com tentang lamanya waktu bermain softball adalah 1 sampai 2 jam beserta cara permainannya yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (3/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Lamanya Waktu Bermain Softball adalah 7 Inning

Indonesia Little League
Atlet junior baseball dan softball berlaga dalam turnamen Indonesia Little League 2019 di lapangan softball Senayan, Jakarta, Sabtu (5/1). Turnamen yang digelar 2-6 Januari 2019 diadakan secara independen. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Permainan softball dilakukan antara dua tim, setiap tim terdiri dari 9 pemain. 9 orang pemain dalam softball memiliki tugasnya masing-masing seperti berikut.

1. First Baseman sebagai penjaga base pertama.

2. Second Baseman sebagai penjaga base kedua.

3. Third Baseman sebagai penjaga base ketiga.

4. Short stop sebagai menjaga bola pendek posisi di antara base kedua dan ketiga.

5. Pitcher sebagai pelempar bola.

6. Catcher sebagai menangkap bola yang posisinya di belakang pemukul.

7. Batter sebagai pemukul bola.

8. Left/Right Fielder sebagai menjaga pukulan bola di daerahnya.

9. Center Fielder sebagai menjaga wilayah tengah lapangan dan mengarahkan ke tempat left atau right fielder.

Dalam satu permainan akan ada 7 babak atau inning. Setiap tim akan mendapatkan giliran untuk bertahan sebanyak tujuh kali dan menyerang sebanyak tujuh kali.

Pergantian tim terjadi ketika tim bertahan sudah berhasil melumpuhkan tiga pemain dari tim penyerang. Cara mendapatkan poin dalam softball adalah apabila pemukul atau satu timnya berhasil menuju kembali ke home plate dengan selamat. Tim tersebut nantinya akan memperoleh satu poin. Kemenangan diperoleh jika salah satu dari kelompok memperoleh nilai yang lebih banyak dalam tujuh inning.


Teknik Bermain Softball

Foto: Menilik Sepintas Beberapa Venue Olimpiade Tokyo 2020, Perpaduan antara Futuristik dan Budaya Khas Jepang
Stadion Fukushima Azuma Baseball merupakan bagian dari Taman Olahraga Azuma, yang dibagi menjadi empat ruang rekreasi, yaitu Area Olahraga, Area Alam, Area Keluarga, dan Area Sejarah. Venue ini akan digunakan cabang olah raga baseball dan softball. (Foto: AFP/Charly Triballeau)

1. Pitching

Pitching adalah melempar bola softball yang dilakukan oleh pitcher pelempar) kepada batter (pemukul). Berikut cara melakukan pitching.- Pitcher berdiri di atas pitcher’s plate. Kedua kaki harus menyentuh plate dengan tumit ujung kaki.

- Pitcher menghadap ke arah batter.

- Pitcher memegang bola di depan tubuh.

- Pada waktu melakukan pitching,pitcher hanya boleh melangkah satu langkah ke depan ke arah batter, serta gerakan yang dilakukan harus simultan.

- Putaran lengan hanya satu kali (ke belakang)

- Pitcher hanya boleh menahan bola selama 30 detik.

- Antara kotak bola dengan glove paling cepat 2 detik.

2. Batting

Batting adalah memukul bola softball yang dilakukan oleh batter (pemukul), berikut caranya- Pemukul harus berada dalam batter’s box. Apabila salah satu kaki keluar dari batter’s box, maka saat memukul bola dan kena, baik fair-ball maupun foul ball akan dinyatakan mati (out). Pelari di base tidak boleh maju.

- Pemukul harus memukul sesuai urutan pemukul/sesuai dengan daftar pemain yang ada pada panitia.

- Apabila terjadi out ketiga (mati ke-3) pada waktu seseorang batter belum menyelesaikan gilirannya, maka dia akan menjadi pemukul pertama pada inning berikutnya. 

3. Strike

Strike adalah batter memukul bola softball yang dilemparkan oleh pitcher sampai tiga kali namun tidak mengenai bola. Pada lemparan yang ketiga, bola berhasil ditangkap oleh catcher. Apabila strike terjadi, maka pemukul harus keluar dan ganti jadi penjaga lapangan. Dalam permainan softball strike terjadi apabila terjadi kondisi berikut.

- Pemukul berhasil atau tidak berhasil memukul bola dari pitcher yang masuk strike-zone atau yang tidak masuk strike-zone. Apabila hal itu terjadi pada strike ketiga dan ditangkap catcher, maka batter dinyatakan out. Lalu, apabila kurang dari dua out, bola dilepaskan oleh catcher dan base satu ada pelari, batter dinyatakan out.

- Foul-tape yang ditangkap catcher.

- Foul-ball yang terjadi sebelum pukulan ketiga dan tidak tertangkap oleh fielder (penjaga).

- Bola dari pitcher yang dipukul oleh batter tetapi tidak kena.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya