Jumlah Inning dalam Permainan Softball adalah Mencapai 7 Inning, Kenali Ketentuannya

Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning tergantung situasi, atau dalam jangka waktu 2 jam.

oleh Husnul Abdi diperbarui 30 Des 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 30 Des 2022, 18:30 WIB
Softball
Softball

Liputan6.com, Jakarta Jumlah inning dalam permainan softball adalah suatu hal yang harus kamu pahami. Softball adalah olahraga beregu yang terdiri dari dua tim, di mana kedua tim ini bergantian berjaga (defensif) dan memukul (ofensif).

Kedua tim berlomba untuk mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri base pelari hingga menyentuh base akhir yaitu home plate. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain utama dan selebihnya merupakan cadangan.

Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning tergantung situasi, atau dalam jangka waktu 2 jam. Dalam permainan, bola softball dilempar oleh seorang pitcher dan menjadi sasaran pemain lawan, yaitu pemukul bola atau batter dengan menggunakan tongkat pemukul.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/12/2022) tentang jumlah inning dalam permainan softball.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ketentuan dalam Olahraga Softball

Ilustrasi softball
Ilustrasi softball

Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning tergantung situasi. Sebelum itu, kamu tentunya perlu mengenali apa itu softball terlebih dahulu. Softball adalah pengembangan dari olahraga sejenis, yaitu bisbol atau hardball. Softball adalah olahraga bisbol yang dimainkan di lapangan yang lebih kecil, pemain melempar bola dengan ayunan tangan di bawah.

Bola softball adalah bola yang berdiameter 28-30,5 sentimeter. Bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate.

Softball dimainkan oleh dua tim di lapangan softball. Setiap tim minimal memiliki 9 pemain dan selebihnya merupakan cadangan. Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut inning. Di dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing mempunyai kesempatan memukul (batting) untuk mencetak angka (run).


Aturan Pertandingan Softball

Foto: Menilik Sepintas Beberapa Venue Olimpiade Tokyo 2020, Perpaduan antara Futuristik dan Budaya Khas Jepang
Stadion Yokohama adalah stadion serbaguna pertama yang terletak di Taman Yokohama, Prefektur Kanagawa, Jepang. Venue ini akan digunakan cabang olah raga bisbol dan softball dalam Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: AFP/Kazuhiro Nogi)

Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning tergantung situasi. Selain itu, bisa juga jumlah inning dalam permainan softball adalah dalam lama waktu 2 jam. Detail permainan softball yaitu ketika tim yang menyerang mendapat giliran memukul, seorang pelempar bola tim bertahan melemparkan bola ke arah penangkap bola sekencang-kencangnya agar bola tidak dapat dipukul. Tim yang mendapat giliran memukul bergantian seorang demi seorang untuk memukul bola. Tim yang berjaga berusaha mematikan anggota tim yang mendapat giliran memukul. Tim yang mendapat giliran memukul mendapat kesempatan 3 kali mati (out) sebelum giliran memukul digantikan tim yang bertahan.

Jumlah inning dalam permainan softball adalah hal yang sangat penting diketahui para pemain. Skor atau run pada softball dihasilkan dari seorang runner yang berlari menginjak semua base secara berurutan dan kembali menginjak home plate. Setiap pelari yang berhasil mengelilingi dan menginjak home plate mendapat satu angka. 

Waktu permainan ditentukan oleh inning. Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning sesuai situasi. Setiap tim mendapat giliran memukul sampai 3 kali out dan mematikan tim lawan 3 kali out, disebut 1 inning. Selain itu, jumlah inning dalam permainan softball adalah selama 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka (run) terbanyak menjadi pemenang.

Jika dalam inning yang ditentukan waktu sudah habis dan kedua belah tim dalam keadaan seri, inning tambahan dimainkan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang. Kondisi itu disebut tie break atau seri. Pada permulaan permainan, tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat giliran melempar sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.


Posisi Pemain dalam Softball

Softball adalah
Softball adalah (sumber pixabay)

Jumlah inning dalam permainan softball adalah mencapai 7 inning sesuai situasi, atau dalam waktu 2 jam. Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh setiap pemain dalam posisi mana pun. Posisi pemain dalam softball yaitu sebagai berikut:

- Pelempar bola

Permainan dimulai pada saat wasit memulai pertandingan dan meneriakkan kata “Play Ball”. Setelah pemain bertahan memasuki daerah jaganya masing-masing, pertarungan antara pelempar bola di tim bertahan dan pemukul bola di tim yang mendapat giliran memukul dapat dimulai. Seorang pelempar bola berdiri di atas plate dan menghadap ke arah penangkap bola. Pelempar bola akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke mitt penangkap bola.

- Penangkap bola

Penangkap bola softball adalah posisi yang dilengkapi dengan perlengkapan pengaman dan bertugas menangkap lemparan pelempar bola. Catcher menggunakan helm (topeng penangkap bola) untuk melindungi kepala dan muka, pelindung tubuh untuk melindungi daerah badan dan pelindung kaki untuk melindungi daerah lutut ke bawah. Posisi penangkap bola adalah jongkok di belakang pemukul bola.

- Penjaga

Tim bertahan memiliki 7 orang penjaga (fielder) yang terbagi dalam 4 penjaga daerah dalam (infielder) dan 3 orang penjaga daerah luar (outfielder). Bagian dalam yaitu penjaga markah satu (pertama), penjaga markah dua (kedua), Penjaga antara markah dua dan tiga (shortstop), dan penjaga markah tiga (ketiga). Sedangkan penjaga luar terdapat di sebelah kiri (penjaga kiri), tengah (penjaga tengah), dan kanan (penjaga kanan).

- Pemukul bola

Tiap pemukul bola mempunyai kesempatan 3 kali strike dan 4 kali ball. 3 kali strike akan membuat pemukul bola mati “Strike Out”. Apabila 4 kali ball maka pemukul bola diperbolehkan jalan bebas ke arah markah satu (free walk). Apabila pemukul berhasil memukul bola, pemukul bola akan berlari sekuat tenaga mencapai markah satu sebelum bola pukulannya dikembalikan atau di tangkap oleh penjaga markah satu. Jika pemukul bola berhasil sampai di markah satu sebelum penjaga markah satu menangkap bola maka pemukul bola “safe”'. Namun bila penjaga markah satu lebih cepat menangkap bola, maka pemukul bola “out”.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya