Syarat dan Ketentuan Program Kampus Merdeka 2023, Ketahui Cara Daftarnya

Kampus Merdeka adalah salah satu kebijakan Merdeka Belajar, yang kemudian dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 03 Jan 2023, 15:55 WIB
Diterbitkan 03 Jan 2023, 15:55 WIB
Segera Daftar! Program Magang Kampus Merdeka BRI Resmi Dibuka
Periode Program Magang Kampus Merdeka kali ini selama enam bulan, dari 23 Februari 2022 hingga 22 Agustus 2022.

Liputan6.com, Jakarta Kampus Merdeka adalah salah satu kebijakan Merdeka Belajar, yang kemudian dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makariem. Kampus Merdeka memiliki sejumlah program dan kegiatan untuk pengajar, pelajar dan mahasiswa. Bagi Anda yang tertarik untuk terlibat dalam kegiatan kampus mengajar, maka ada beberapa syarat dan ketentuan Program Kampus Merdeka 2023 yang perlu diketahui.

Kampus Mengajar adalah sebuah program dari Kampus Merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kelas selama 1 (satu) semester. Ini dilakukan dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif di satuan pendidikan sasaran.

Fokus dari program ini adalah pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah sasaran. Syarat dan ketentuan Program Kampus Merdeka 2023, cukup mudah untuk dilakukan, hanya dengan mengikuti panduan yang telah ada. 

Syarat dan ketentuan Program Kampus Merdeka 2023, umumnya adalah mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya. Selain itu, syarat lainnya juga meliputi mahasiswa aktif program studi S1/D4/D3 yang terakreditasi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbudristek.

Berikut ini Syarat dan ketentuan Program Kampus Merdeka 2023 yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/1/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Program Kampus Merdeka

Semangat Para Siswa Ikuti SBMPTN 2018 di Kampus UIN
Sejumlah peserta mengikuti SBMPTN 2018 di Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Tangerang Selatan, Selasa (8/5). Sebanyak 74 ribu peserta calon mahasiswa ikut ujian SBMPTN di UIN. (Merdeka.com/Arie Basuki)

 Adapun beberapa program yang telah dicanangkan oleh Kampus Merdeka, dan terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: 

1. Kampus Mengajar

Kampus Mengajar adalah salah satu program, yang akan membantu peningkatan kualitas pendidikan dasar dengan terlibat langsung, pada proses pengajaran di sekolah-sekolah yang berlokasi di seluruh daerah di Indonesia.

2. Magang dan Studi Independen Bersertifikat

Mendaftarkan diri dalam proses penerimaan mahasiswa magang, membuat Anda akan terlibat langsung dalam aktivitas internal institusi tempat magang. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan ilmu yang relevan dari institusi tempat magang. Studi independen bisa membuat Anda mempelajari kompetensi yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan. 

3. Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Bertukar sementara, bermakna selamanya adalah salah satu motto dari program kampus merdeka ini. Adanya pertukaran mahasiswa, bisa membuat Anda untuk mengeksplor & mempelajari keberagaman budaya nusantara. Selain itu, Anda bisa berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah. 

4. Wirausaha Merdeka

Wirausaha Merdeka adalah salah satu program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang dipersembahkan secara spesial bagi para mahasiswa yang memiliki Ketertarikan terhadap dunia Wirausaha. Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi Lainnya.

5. Indonesian International Student Mobility Awards

Penghargaan Mobilitas Pelajar Internasional Indonesia adalah skema beasiswa Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai siswa Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Mahasiswa sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra di luar negeri untuk belajar, mengalami budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan mereka.

6. Praktisi Mengajar

Praktisi Mengajar adalah program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja.

7. Bangkit

Program ini dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan dan sertifikasi teknologi, kurikulum dengan pembelajaran mesin, pengembangan seluler, dan komputasi awan. Di akhir program ini, Anda akan dibekali dengan keahlian teknologi, soft skill, dan kecakapan bahasa Inggris yang Anda perlukan untuk berpindah dari akademisi ke tempat kerja dan sukses di perusahaan terkemuka.

8. Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya Batch

Gerakan Inisiatif Listrik Tenaga Surya (GERILYA) merupakan program yang disiapkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk diimplementasikan pada Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. MSIB Gerilya adalah program magang yang diakselerasikan dengan pengalaman belajar yang dirancang dan dibuat khusus berdasarkan tantangan nyata yang dihadapi oleh mitra/industri.

 

 


Syarat dan Ketentuan Program Kampus Merdeka 2023

TV Kampus Merdeka
TV Kampus Merdeka

Berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuan Program Kampus Merdeka 2023. 

1. Surat Pakta Integritas

Pastikan surat sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh tim program Kampus Mengajar dan ditandatangani di atas meterai Rp10.000

- Transkrip Nilai dengan IPK Minimal 3.00

- Transkrip nilai yang menunjukkan nilai IPK minimal 3,00 dari skala 4,00.

- Transkrip harus dalam bentuk resmi dari perguruan tinggi atau tangkapan layar pada website akademik mahasiswa pada perguruan tinggi masing-masing.

2. Surat Rekomendasi

- Surat Rekomendasi dari perguruan tinggi sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh tim program Kampus Mengajar.

- Dokumen ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur pada Bidang Akademik atau Bidang Kemahasiswaan atau pejabat lain minimal Wakil Dekan, sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi).

3. Surat Izin Orang Tua

Pastikan surat sesuai dengan format yang telah ditentukan oleh tim program Kampus Mengajar dan ditandatangani oleh orang tua mahasiswa pendaftar di atas meterai Rp10.000,

- Surat keterangan sehat berasal dari puskesmas atau rumah sakit.

- Pastikan surat ditandatangani oleh dokter dan dilengkapi cap/stempel institusi.

4. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

a. Persyaratan Mahasiswa

- Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.

- Mahasiswa aktif program studi S1/D4/D3 yang terakreditasi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di bawah naungan Kemendikbudristek.

- Mahasiswa berada di minimal semester 4 (empat) pada saat pelaksanaan program.

- Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00.

- Belum pernah ditetapkan sebagai peserta program Kampus Mengajar angkatan sebelumnya.

- Data mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

- Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu dan mengikuti program hingga selesai.

- Mahasiswa penerima beasiswa Bidikmsi, KIPK, Unggulan, Beasiswa Indonesia Maju, dan beasiswa lain yang bersumber dari Kemendikbudristek, dapat mengikuti program Kampus Mengajar dengan ketentuan bantuan biaya hidup dan bantuan biaya kuliah, yang diberikan sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam Buku Panduan Kampus Mengajar.


Cara Daftar Program Kampus Merdeka

FOTO: Ujian Tulis Berbasis Komputer di Tengah Pandemi COVID-19
Suasana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama di Kampus Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta, Cinere, Depok, Jawa Barat, Minggu (5/7/2020). UTBK 2020 dibagi menjadi dua gelombang, pertama 5-14 Juli 2020 dan kedua 20-29 Juli 2020. (merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelum mendaftar program Kampus Mengajar, mohon pastikan Mahasiswa sudah membuat akun Kampus Merdeka. Jika belum memiliki akun Kampus Merdeka, silakan ikuti panduannya dengan klik di sini.

Silakan mendaftar ke program Kampus Mengajar dengan mengikuti cara di bawah ini:

1. Masuk ke website Kampus Merdeka di kampusmerdeka.kemdikbud.go.id, kemudian log in ke akun Anda.

2. Klik “Kampus Mengajar”, kemudian klik “Selengkapnya”.

3. Mahasiswa akan masuk ke halaman "Kampus Mengajar". Silakan klik "Daftar Sebagai Peserta".

4. Setelah itu akan muncul halaman Registrasi yang terdiri dari beberapa form yaitu:

a. Unggah Dokumen Wajib

Mahasiswa wajib mengunggah dokumen berikut:

- Transkrip Nilai

- Jika Mahasiswa telah mengunggah transkrip nilai sebelumnya pada bagian “Lengkapi Dokumen”, maka data transkrip nilai akan otomatis terisi.

- Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas/RS sebagai bukti bahwa Mahasiswa dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan aktivitas program.

- Surat Rekomendasi dari Perguruan Tinggi asal Mahasiswa (template dapat diunduh di platform MBKM). Surat rekomendasi ini merupakan pernyataan bahwa perguruan tinggi menyetujui dan mendukung Mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Kampus Mengajar.

- Surat Persetujuan bermaterai dari orang Tua/Wali (template dapat diunduh di platform MBKM). Surat ini merupakan pernyataan orang tua/wali yang menyetujui dan memberi izin kepada Mahasiswa terkait untuk mengikuti program Kampus Mengajar.

- Surat Pakta Integritas Bermaterai (template dapat diunduh di platform MBKM) merupakan surat pernyataan kesanggupan Mahasiswa, dalam mengikuti program sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah melengkapi form dokumen wajib, klik tombol "Selanjutnya" untuk menyimpan dokumen yang telah diunggah dan melanjutkan ke halaman berikutnya.

Catatan:

- Unggah file dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB

- Tersedia template yang bisa diunduh, lalu isi template sesuai instruksi, scan, lalu unggah di kolom yang tersedia

- Jika dokumen yang diunggah salah, Mahasiswa dapat menghapusnya dengan mengklik tombol “Hapus File” dan mengunggah kembali yang baru atau mengganti dokumen dengan klik tombol “Ganti File”.

b. Unggah Dokumen Pendukung

Setelah mengisi form Dokumen Wajib, selanjutnya Mahasiswa diarahkan untuk melengkapi form Unggah Dokumen Pendukung yang sifatnya tidak wajib, yaitu:

- Bukti Pengalaman Berorganisasi/Mengajar

- Unggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 10 MB

- Sertifikasi Prestasi Mahasiswa

- Unggah dalam format PDF dengan ukuran maksimal 2 MB

- Informasi Kepemilikan Asuransi KesehatanJika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan pribadi yang aktif, silakan klik "Ya" dan unggah foto kartu peserta atau screenshot e-Card dari aplikasi asuransi Anda.

- Kemudian beri checklist pada pernyataan "Saya menyatakan bahwa asuransi ini adalah asuransi yang aktif". Jika belum memiliki asuransi, klik "Tidak".Klik “Selanjutnya” untuk ke halaman berikutnya.

 

 


Cara Daftar Program Kampus Merdeka

c. Kontak Pribadi

Jika Mahasiswa telah melengkapi kontak pribadi sebelumnya di halaman profil, maka informasi kontak pribadi dan alamat domisili akan otomatis terisi. Mahasiswa hanya perlu memeriksa dan dapat mengubah jika ada data yang belum sesuai.

Namun jika Mahasiswa belum melengkapi data profil, maka Mahasiswa harus memasuki data berikut:

- Informasi Kontak Pribadi diisi dengan Nomor Ponsel yang aktif

- Alamat Domisili (tempat tinggal saat ini hingga 6 bulan ke depan)

- Pilih Provinsi (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan lokasi)

- Pilih Kota Kabupaten (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan kota/kabupaten)

- Pilih Kecamatan (ketika di klik akan muncul dropdown pilihan kecamatan)

- Pilih Kelurahan (ketika di klik akan muncul dropdown pilihan kelurahan)

- Kode Pos diisi sesuai tempat tinggal sekarangAlamat diisi sesuai tempat tinggal sekarang

- Jika sudah, klik 'Selanjutnya'.

d. Data Akademik

Mahasiswa akan diarahkan untuk melengkapi Form Data Akademik. Untuk Data Perguruan Tinggi, Semester dan IPK sudah terisi otomatis, selanjutnya Mahasiswa diminta untuk mengisi kolom berikut:

- Jurusan (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan jurusan)

- Rumpun ilmu (ketika diklik akan muncul dropdown pilihan Rumpun ilmu)

- Setelah melengkapi form klik tombol ‘Selanjutnya’.

e. Kontak Darurat

Mahasiswa harus mengisi data kontak darurat yang berisi:

- Nama kontak darurat

- Hubungan Mahasiswa dengan kontak darurat

- Nomor ponsel kontak darurat

- Jika Mahasiswa telah melengkapi kontak darurat sebelumnya di halaman profil, maka informasi kontak darurat akan otomatis terisi.

- Mahasiswa hanya perlu memeriksa dan dapat mengubahnya jika ada data yang belum sesuai. Setelah melengkapi form klik tombol “Selanjutnya”.

f. Review Data

Periksa kembali semua data yang telah dimasukkan dengan cara mengklik tombol yang tersedia di sebelah kanan data. Pastikan seluruh informasi yang tertera sudah benar dan sesuai.

Setelah itu klik tombol "Selanjutnya".

g. Ringkasan Kegiatan

- Memberi checklist terhadap Pernyataan Kesanggupan dan Komitmen. Mahasiswa harus membaca, memahami, menerima dan menyetujui semua Pernyataan Kesanggupan dan Komitmen dalam program ini.

- Setelah selesai men-checklist pernyataan kesanggupan dan komitmen, klik ‘Daftar’ untuk mengirim semua data dan mengirim pendaftaran.

- Setelah klik tombol “Daftar” dan sudah mendapat pesan pendaftaran berhasil, maka data pendaftaran Anda telah berhasil tersimpan.

- Silakan menunggu kabar selanjutnya dari Kampus Merdeka jika Anda lolos pendaftaran.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya