PT Sumber Kopi Prima, Anak Perusahaan Djarum Group yang Memproduksi Kopi

Sudah sejak lama Djarum Group merambah berbagai lini usaha selain rokok kretek, salah satunya dengan mendirikan PT Sumber Kopi Prima sebagai produsen kopi bubuk.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 18 Jan 2023, 12:10 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 12:10 WIB
Sudah sejak lama Djarum Group  merambah berbagai lini usaha selain rokok kretek, salah satunya dengan mendirikan PT Sumber Kopi Prima sebagai produsen kopi bubuk.
Sudah sejak lama Djarum Group merambah berbagai lini usaha selain rokok kretek, salah satunya dengan mendirikan PT Sumber Kopi Prima sebagai produsen kopi bubuk. (Sumber: www.sumberkopiprima.com)

Liputan6.com, Jakarta Kopi menjadi salah satu minuman yang digemari banyak kalangan dari berbagai tempat. Selain karena rasanya yang enak, kandungan kafein dalamnya juga menjadi daya tarik kopi.Tidak terkecuali masyarakat Indonesia yang sangat akrab dengan kopi sebagai minuman dan bahan tambahan olahan lainnya. Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi yang kualitasnya diakui dunia. PT Sumber Kopi Prima memanfaatkan potensi kopi di Indonesia untuk menjalankan bisnisnya.

PT Sumber Kopi Prima merupakan anak perusahaan Djarum Group, salah satu perusahaan raksasa yang terkenal sebagai produsen rokok. Sudah sejak lama Djarum Group  merambah berbagai lini usaha selain rokok kretek, salah satunya dengan mendirikan PT Sumber Kopi Prima sebagai produsen kopi bubuk. 

Meski merupakan pemain baru di bidang kopi, produk buatan PT Sumber Kopi Prima terbukti mampu bersaing dengan produk dari perusahaan lain. Berikut ulasan Liputan6.com tentang bisnis yang dijalankan PT Sumber Kopi Prima yang dirangkum dari laman resmi perusahaan, Rabu (18/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Bisnis PT Sumber Kopi Prima

Perjalanan Bisnis PT Sumber Kopi Prima
Perjalanan Bisnis PT Sumber Kopi Prima (Sumber: kopigadjah.id)

Entitas perusahaan PT Sumber Kopi Prima dibentuk oleh Djarum Group pada 2018 sebagai produsen kopi. Produk kopi diproduksi PT Sumber Kopi Prima adalah kopi bubuk dengan merek dagang Kopi Tubruk Gajah dan kopi instan 3in1 dengan merek dagang Caffino.

Kopi Tubruk Gajah merupakan produk yang terinspirasi dari tradisi minum kopi masyarakat Indonesia, yaitu kopi tubruk. Kopi tubruk adalah minuman kopi dibuat dengan menuangkan air panas ke dalam gelas atau teko yang sudah diisi bubuk kopi, kemudian dapat ditambahkan gula atau dinikmati tanpa tambahan gula. Teknik menyeduh kopi seperti ini banyak digemari karena mudah dan membuat rasa kopi lebih pekat dan kuat.

Saat ini Kopi Tubruk Gajah memiliki 2 varian produk, yaitu Kopi Tubruk Asli dan Kopi Tubruk Manis. Perbedaan keduanya ada pada penambahan gula dalam kemasannya. Produk Kopi Tubruk Gajah tersedia dalam 3 jenis kemasan berbeda, yaitu kemasan renteng, pouch, dan bag.

Berbeda dengan Kopi Tubruk Gajah yang menghadirkan pengalaman minum kopi tubruk secara tradisional, Caffino hadir sebagai produk kopi yang memberikan pengalaman minum kopi ala cafe modern. Caffinno merupakan kopi instan 3-in-1 pertama di Indonesia yang menggunakan kopi asli dan susu asli. 

Caffino memberikan sensasi minum kopi seperti di cafe yang dapat dinikmati setiap saat. Untuk memberikan sensasi minum kopi ala cafe yang otentik, produk Caffino diformulasikan sedemikian rupa, sehingga dapat menghasilkan foam yang tebal seperti kopi yang disajikan di cafe. Proses development produk Caffino dilakukan oleh para ahli kopi dengan pengalaman yang sangat panjang di dunia kopi Indonesia. Caffino hadir dalam 3 varian rasa yang kekinian, yaitu kopi latte Classic, kopi latte Mocca, dan kopi latte Choco Hazelnut.

PT Sumber Kopi Prima mengoperasikan dua buah pabrik untuk memproduksi Kopi Tubruk Gajah dan Caffino. Seperti induk perusahaannya, Djarum Group, yang mayoritas kegiatan produksinya beroperasi di Kudus, PT Sumber Kopi Prima juga memiliki satu pabrik di Desa Loram wetan, Jati, Kudus, Jawa Tengah. Satu pabrik yang lain berlokasi di Jl. Raya Mojokerto, Mojo Kumpul, Mojokerto, Jawa Timur.


Djarum Group Induk Perusahaan PT Sumber Kopi Prima

Djarum Group Induk Perusahaan PT Sumber Kopi Prima
Djarum Group Induk Perusahaan PT Sumber Kopi Prima (Sumber: caffino.id)

Sebagai salah satu anak perusahaan Djarum Group, PT Sumber Kopi Prima juga mewarisi semangat Djarum dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Pendiri Djarum Group, Oei Wie Gwan, pertama kali merintis usaha pembuatan rokok kretak pada April 1951 di Kudus. Sembilan bulan kemudian Oei Wie Gwan mendirikan Perusahaan Djarum dan meluncurkan produk rokok kretek dengan merek dagang Djarum secara komersial. Nama Djarum terinspirasi dari jarum yang ada di alat pemutar musik kuno bernama gramofon.

Semenjak Djarum didirikan, Kudus menjadi dikenal sebagai tempat kelahiran rokok kretek. Rokok kretek juga menjadi salah satu komoditas unggulan dari Indonesia yang berhasil menembus pasar internasional. Perusahaan ini bermula dari produksi skala kecil dengan 10 orang pekerja yang bertempat di Jalan Bintingan Baru nomor 28, Kudus. Sekarang, jalan ini berubah menjadi Jalan A.Yani.

Dalam perjalanannya, Djarum terus berinovasi untuk menghadirkan beragam produk kretek dengan cita rasa khas Indonesia. Hasil bumi Indonesia menjadi salah satu Inspirasi Perusahaan dalam menciptakan varian kretek. Hingga saat ini, Kretek buatan  Djarum menjadi produk ikonik asal Indonesia yang dikenal hingga mancanegara.

Djarum Group bertransformasi menjadi perusahaan konglomerat asal Indonesia. Tidak hanya memproduksi rokok, Djarum telah merambah berbagai lini usaha, mulai dari finance, perbankan, ritel, industri F&B, industri elektronik, teknologi dan informasi, E-commerce, dam berbagai lini usaha lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya