Allahu Akbar Artinya Allah Maha Besar, Pahami Manfaat dan Waktu Melakukan Takbir

Allahu Akbar artinya adalah Allah Maha Besar, berikut rrti kalimat takbir Allahu Akbar, manfaat melafalkan Allahu Akbar dan waktu yang tepat untuk melafalkannya.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 19 Jan 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 19 Jan 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami.

Liputan6.com, Jakarta Allahu Akbar artinya adalah Allah Maha Besar, Allahu Akbar adalah ungkapan umum yang digunakan oleh umat Islam dalam berbagai situasi. Allahu Akbar artinya seruan mengagungkan nama Allah SWT. Dikenal juga sebagai takbir, Allahu Akbar memiliki makna mengingat, menyebut dan menggemakan kebesaran Allah SWT.

Ungkapan Allahu Akbar biasa diucapkan setiap kali melakukan shalat, yaitu pada gerakan takbiratul ihram. Allahu Akbar juga umumnya dilantunkan dalam wirid dan dzikir harian. Hal ini karena Allahu Akbar dapat mendatangkan pahala dan memiliki banyak keutamaan bagi umat Muslim, bagi mereka yang mengamalkannya. 

Sehingga mengucapkan dan mengamalkan takbir atau Allahu Akbar artinya kita telah menghormati dan mengagungkan Allah SWT. umat muslim sangat dianjurkan untuk sering-sering melafalkan Allahu Akbar, karena ucapan takbir ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, yang sangat baik untuk umat Islam.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (19/1/2023). Arti kalimat takbir Allahu Akbar, manfaat melafalkan Allahu Akbar dan waktu yang tepat untuk melafalkannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Allahu Akbar Artinya

Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami
Ilustrasi muslim berdoa, berzikir, Islami. (Photo Copyright by Freepik)

Allahu Akbar Artinya

Allahu Akbar artinya Allah Maha besar. Allahu Akbar merupakan kalimat yang juga dikenal dengan takbir. Takbir adalah nama untuk frase Arab Allahu Akbar yang  artinya mengagungkan Allah atau menyatakan kebesaran Allah Subhanahu wata'ala. Ungkapan takbir, Allahu Akbar artinya Allah Maha Besar. 

Takbir adalah salah satu ungkapan terindah yang pernah diucapkan seseorang. Takbir adalah penegasan keagungan Allah dan pernyataan ketundukan kita kepada-Nya. Melalui Takbir atau ucapan Allahu Akbar, kita mengingatkan diri kita sendiri bahwa Allah Maha Besar dalam segala hal pada hakekatnya, kekuasaan, kehormatan, dan keagungan. 

Allah adalah Raja segala raja, kepada siapa segala sesuatu tunduk. Kata Arab كَبِير (kabir) berarti hebat. Kata Arab أَكْبَر (ʾakbar) adalah bentuk elatif (terbesar) dari kata sifat kabir. Ketika digunakan dalam Takbir biasanya diterjemahkan menjadi terbesar, tetapi beberapa penulis menerjemahkannya menjadi lebih besar.

Allahu akbar artinya 'Allah lebih besar dari…' Dengan tidak menyebutkan apa yang lebih besar darinya, seseorang mengatakan bahwa dia lebih besar dari segalanya. Allah lebih besar dari apa pun yang dapat kita bayangkan dan Keagungan-Nya meliputi segala sesuatu: Dia Maha Besar dalam Dzat-Nya, Nama-nama-Nya, Sifat-sifat-Nya, dan Perbuatan-perbuatan-Nya.

Allah Maha Tinggi dan Transenden di atas segala keterbatasan dan kekurangan yang melekat pada makhluk ciptaan. Pikiran kita yang terbatas tidak mampu memahami Kebesaran Allah. Namun seseorang dapat mencoba menghargai Keagungan-Nya dengan merenungkan ciptaan-Nya.


Makna Allahu Akbar

Makna Allahu Akbar

Ketika seseorang merenungkan keagungan ciptaan Allah seperti langit, bumi, kursi-Nya dan Arsy-Nya yang megah, dan kemudian menyadari ketidakmampuannya sendiri untuk memahaminya karena keagungan mereka, dia sampai pada kesadaran yang paling penting: betapa Agung harus Pencipta mereka!

“Tujuh langit dibandingkan dengan Kursi tidak lain adalah seperti cincin yang dilemparkan di padang pasir, dan keunggulan Singgasana Allah di atas Kursi adalah seperti keunggulan gurun pasir di atas cincin itu. ” (Baihaqi)

Berlawanan dengan kepercayaan populer, kata “Allahu Akbar” berarti “Allah lebih besar.” Ini adalah pernyataan yang kuat yang digunakan umat Islam dalam banyak kesempatan dan dalam banyak doa.

Takbir adalah kata-kata pertama yang dibisikkan para ayah di telinga bayi mereka yang baru lahir sebagai perayaan hidup. Mereka digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih ketika Allah menganugerahkan sesuatu kepada Anda yang tidak akan dapat Anda peroleh tanpa bantuan Allah.

Allahu Akbar adalah ungkapan doa yang mengingatkan kita bahwa sebesar apapun masalah kita, ALLAH lebih besar darinya. Setiap kali kita mengucapkan takbir , mari kita ingatkan diri kita akan keagungan Allah dan ucapkan: Allah Maha Besar… Dia lebih besar dari kita, lebih besar dari keinginan kita, lebih besar dari orang yang kita cintai, lebih besar dari hobi kita, lebih besar dari tentara dan kerajaan yang paling kuat. , lebih besar dari segalanya.

Seiring tumbuhnya pemahaman kita tentang takbir, demikian pula rasa kagum dan takut kita kepada Allah. Akibatnya, kita harus menghormati Allah, mencintai-Nya, menaati-Nya, menyembah-Nya dengan sebaik mungkin, mengabdikan diri sepenuhnya kepada-Nya, dan percaya hanya kepada-Nya.

Keyakinan yang kuat pada Kebesaran Allah harus mendorong kita untuk terus mengingat, berterima kasih, dan memuji Allah dengan bibir kita. Itu harus menyebabkan tubuh merendahkan diri, menyadari ketidakberartiannya sendiri, dan bergegas menyembah Allah SWT.

Mengucap takbir dengan penuh keyakinan seharusnya membuat kita menghargai Kebesaran Sang Pencipta kita. Ketika kita mengingatkan diri kita akan Keagungan-Nya, kita harus kehilangan rasa mementingkan diri sendiri karena kita mengingat betapa lemah dan tidak berartinya kita. Mengatakan Allahu Akbar melindungi kita dari kesombongan karena kita tidak akan lagi menganggap diri atau harta benda kita hebat.


Manfaat Mengucapkan Allahu Akbar

Manfaat Mengucapkan Allahu Akbar

Allahu Akbar atau Takbir adalah salah satu cara terindah untuk mengingat Pencipta kita. Ini adalah tindakan ibadah yang luar biasa. Salah satu perintah pertama Allah kepada Nabi tercintanya SAW adalah:

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ

Wa rabbaka fa kabbir

Artinya: Nyatakanlah keagungan Tuhanmu! (Al Quran Surah Muddatsir ayat 3).

 

Selain itu, Allah SWT juga berfirman,

وَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ شَرِيكٌ فِى ٱلْمُلْكِ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ وَلِىٌّ مِّنَ ٱلذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًۢا

Wa qulil-ḥamdu lillāhillażī lam yattakhiż waladaw wa lam yakul lahụ syarīkun fil-mulki wa lam yakul lahụ waliyyum minaż-żulli wa kabbir-hu takbīrā

Artinya: Dan katakanlah "Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya. (Al Quran Surah Al Isra ayat 111).

 

Umar b al-Khattab RA mengatakan, "Ucapan Allahu Akbar seorang budak lebih baik dari dunia dan semua isinya."

Takbir atau Allahu Akbar adalah ungkapan yang telah menghasilkan keajaiban sepanjang sejarah Islam. Takbir adalah gaung medan perang. Dengan mengulanginya, para pejuang di jalan Allah merasakan kemuliaan, kekuasaan, dan kedekatan Allah dengan umatnya.

Mereka memperoleh kekuatan, ketabahan, dan ketulusan dari Allahu Akbar. Takbir memungkinkan mereka untuk mengalahkan musuh mereka, memberantas korupsi, dan membuat tiran sombong bertekuk lutut.

Takbir adalah ungkapan yang fantastis dan sumber perlindungan yang ampuh. Ketika Setan mendengarnya, dia merasa kecil dan tidak penting dan mundur dengan cepat. Allahu Akbar memecahkan masalah, menghilangkan stres, dan menenangkan ketakutan. Allahu Akbar menyembuhkan penyakit dan menenangkan ketakutan kita.

Saat kita kewalahan atau sama sekali tersesat dan bingung, takbir mengingatkan kita: ada seseorang yang jauh lebih hebat dan lebih kuat dari apa yang kita alami. Jika kita berpegang teguh pada takbir, Allah tidak akan pernah meninggalkan kita.


Waktu Untuk Mengucapkan Takbir

Waktu Untuk Mengucapkan Takbir

Takbir adalah ungkapan umum yang digunakan oleh umat Islam dalam berbagai situasi, termasuk Sholat. Allahu Akbar digunakan dalam Adzan, dalam haji, sebagai ekspresi iman informal, pada saat kesusahan atau kegembiraan, atau untuk mengungkapkan tekad atau pembangkangan yang tegas.

Ungkapan ini telah diulangi kepada kita sepanjang hidup kita. Dua dari lima rukun dien kita berkisar pada pernyataan ini: shalat dan haji. Adzan yang diawali dengan takbir memanggil kita ke masjid. Takbir adalah baris pertama dari Iqamah.

Shalat dimulai dengan takbir. Kami berpindah dari satu pilar ke pilar berikutnya sepanjang shalat dengan mengucapkan Allahu Akbar. Tidak ada kalimat yang wajib kita ucapkan selain Allahu Akbar dalam sehari.

Menurut Al-Izz b. Abd al-Salam RA. shalat dimulai dengan takbir, menunjukkan keagungan Allah, sehingga hamba mengetahui siapa Dia berdiri, duduk, rukuk, dan sujud di depannya. Itu mengingatkannya untuk merendahkan dirinya dihadapan kebesaran Allah.

Begitu seorang budak menyadari keagungan Allah, dia akan mengikuti etika shalat dan bersuci internal dan eksternal, dan dia akan disibukkan dengan Allah saja. Dia menulis, “Barangsiapa menyembah Allah dengan cara demikian, ia telah keluar dari alam semesta.”

Selanjutnya, mengulang takbir pada setiap tahap shalat membantu kita untuk memperbaharui kesadaran kita akan kebesaran-Nya. Itu mengingatkan kita untuk mewujudkan kerendahan hati dan kerendahan hati yang dibutuhkan setiap postur tubuh. Demikian pula, takbir terus diulang sepanjang berbagai ritus haji dan umrah.

Demikian pula, kita telah diperintahkan untuk mengucapkan takbir ketika kita melihat bulan baru, sebagai bagian dari takbir Idul Fitri, ketika kita memulai suatu perjalanan, ketika mendaki (misalnya naik bukit, tangga, lift), ketika menyembelih hewan, ketika menerima kabar baik, dan bahkan ketika kita melihat sesuatu yang terbakar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya