Freak Artinya Aneh, Pahami Makna dan Kata-Kata Bahasa Gaul Lainnya

Freak artinya sangat berkaitan dengan sifat seseorang yang tidak biasa.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 25 Jan 2023, 11:20 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2023, 10:00 WIB
Freak Artinya Aneh, Pahami Makna dan Plesetannya dalam Bahasa Gaul
Ilustrasi generasi Millennials . (Foto: pendolinogroup.com)

Liputan6.com, Jakarta Freak artinya salah satu kata yang penggunaannya bisa dijumpai di media sosial, baik Instagram maupun TikTok. Kata freak artinya ini banyak digunakan oleh anak remaja dan termasuk dalam bahasa gaul.

Selain dapat ditemukan di media sosial, kata freak artinya ini juga kerap digunakan anak muda untuk berbincang-bincang. Tak heran kata ini termasuk kata populer, meski begitu masih ada yang tidak mengetahui arti dari kata freak.

Freak artinya sangat berkaitan dengan sifat seseorang yang tidak biasa. Komunikasi dengan menggunakan bahasa gaul tentunya sangat cocok digunakan pada anak muda zaman sekarang. Bagi anda yang ingin menggunakan kata freak artinya ini dalam percakapan sehari-hari, perlu mengetahui maknanya lebih dalam, supaya tidak salah mengartikan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai makna freak dan plesetannya dalam bahasa gaul yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Makna Freak

Freak Artinya Aneh, Pahami Makna dan Plesetannya dalam Bahasa Gaul
Ilustrasi anak gaul, nongkrong, berkumpul. (Foto oleh cottonbro dari Pexels)

Kata freak berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti aneh atau sangat tidak biasa. Biasanya penggunaan kata freak ini ditunjukkan kepada seseorang yang bertingkah aneh atau bertindak diluar nalar.

Secara bahasa, kata freak artinya di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia bisa menunjukkan kata sifat, kata benda ataupun kata kerja. Penggunaan kata freak artinya ini bisa digunakan dalam berbagai hal.

Namun, secara umum penggunaan kata freak artinya ini digunakan untuk mengejek seseorang yang dianggap tidak normal. Hal ini bisa saja merujuk pada orang yang tidak gaul, orang yang mesum atau genit, hingga orang yang terlalu cinta anime. Keanehan tersebut juga bisa sangat menyeramkan dan meresahkan bagi orang lain.


Plesetan Kata Freak dalam Bahasa Gaul

Freak Artinya Aneh, Pahami Makna dan Plesetannya dalam Bahasa Gaul
Ilustrasi Pergaulan Anak Remaja Credit: pexels.com/pixabay

Kata freak artinya adalah aneh atau sangat tidak biasa. Kini, kata freak banyak diplesetkan oleh anak muda jaman sekarang menjadi kata prik. Kata prik ini bisa kita jumpai di media sosial baik TikTok, Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Meskipun begitu, kata prik yang merupakan kata plesetan dari freak artinya masih memiliki makna yang sama yakni aneh atau sangat tidak biasa. Hanya saja, perbedaan terletak pada penulisannya yang mengalami sedikit perubahan.

Makna dari kata freak atau prik dalam bahasa gaul biasanya ditujukan untuk menunjukkan sikap atau perilaku seseorang yang terbilang aneh. Selain itu kata freak atau prik dalam bahasa gaul juga dapat menggambarkan perilaku maupun fisik seseorang yang tidak normal.

Tak jarang ketika kita jumpai di media sosial dalam postingan video atau foto yang tampak aneh, banyak anak muda yang menanggapinya dan bilang freak atau prik dalam bahasa gaul yang berarti postingan video atau foto itu aneh, kotor atau jijik, tidak normal, maupun orang sinting.


Istilah Bahasa Gaul Lainnya

Freak Artinya Aneh, Pahami Makna dan Plesetannya dalam Bahasa Gaul
Ilustrasi anak muda (iStock)

1. Pansos

Pansos merupakan singkatan dari panjat sosial. Pansos dapat diartikan sebagai usaha seseorang dalam melakukan pencitraan diri agar mendapatkan perhatian dan memiliki status sosial yang tinggi.

2. Halu

Kata ini adalah kependekan dari halusinasi, yang menggambarkan seseorang dengan khayalan yang tinggi. Halu atau halusinasi adalah pengalaman sensorik yang tampak nyata, namun hal tersebut diciptakan oleh pikiran. Halu dalam bahasa gaul bisa menggambarkan seseorang yang berpikir atau berkata terlalu tinggi tapi tak bisa dibuktikan kebenarannya.

3. Baper

Baper adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Bawa Perasaan. Istilah gaul ini merujuk pada seseorang yang memasukkan ke hati segala ucapan dan tindakan orang lain. Orang yang baper sering menggunakan emosi di tiap momen yang ia lalui.

4. Kuproy

Kuproy kerap disandingkan bersama Jamet menjadi Jamet Kuproy. Kuproy adalah kependekan dari 'kuli proyek'. Keduanya memiliki arti “Jajal Metal Kuli Proyek”. Tentu saja istilah gaul ini muncul untuk disematkan pada sosok metal dari segi jiwa dan penampilannya. Istilah tambahan Kuproy sebenarnya lebih merujuk pada penampilan. Sosok metal selalu berpenampilan seadanya seperti “Kuli Proyek”. Bedanya, Jamet Kuproy memang disengaja dan dijadikan sebagai style. Sementara Kuli Proyek yang sebenarnya menggunakan baju seadanya karena tuntutan pekerjaan saja.

5. Mager

Mager adalah istilah gaul yang merupakan singkatan dari 'Males gerak.' Mager bahkan sudah masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI. Menurut KBBI mager berarti malas (ber)gerak; enggan atau sedang tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas apapun.

6. Julid

Selain arti kata mager dan gabut, ada banyak istilah kekinian lagi yang wajib diketahui. Salah satunya adalah julid. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, Julid berarti berarti iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain. Julid biasanya berupa komentar negatif yang menyudutkan seseorang.

7. Prenjon

Prenjon adalah plesetan dari friendzone yang artinya zona teman. Prenjon digambarkan sebagai hubungan pertemanan antara laki-laki dan perempuan yang sebenarnya ada cinta di antaranya.

8. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

9. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

10. Bengek

Bengek dalam bahasa gaul diartikan sebagai tertawa terbahak-bahak hingga sulit bernapas (bengek). Bengek dijadikan kiasan untuk mengekspresikan sesuatu yang sangat menggelikan hingga membuat tertawa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya