13 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Agar Kesehatan Mental Tidak Terganggu

Penting untuk tahu cara menghilangkan pikiran negatif sebelum kualitas hidup terdampak.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 10 Feb 2023, 20:30 WIB
Diterbitkan 10 Feb 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi Kesehatan Mental
Ilustrasi kesehatan mental (Gambar oleh Wokandapix dari Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Pikiran negatif adalah jenis pikiran yang mengarah pada perasaan seperti kecemasan, kesedihan, kemarahan, atau putus asa. Pikiran negatif biasanya terkait dengan memikirkan hasil terburuk dari situasi tertentu, atau menilai diri sendiri atau orang lain dengan cara yang kasar atau tidak adil.

Pikiran negatif juga sering mengarah pada rumination, atau memutar ulang pikiran atau perasaan negatif tanpa solusi. Cara menghilangkan pikiran negatif perlu diketahui agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan mental.

Pikiran negatif dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dengan menurunkan suasana hati dan menyebabkan perasaan seperti kecemasan atau depresi. Ini juga dapat mempengaruhi keyakinan diri dan membuat seseorang merasa tidak berharga. Dalam jangka panjang, pikiran negatif bisa mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang. Untuk itu cara menghilangkan pikiran negatif harus dikuasai seseorang.

Penting untuk tahu cara menghilangkan pikiran negatif sebelum kualitas hidup terdampak. Ada beberapa cara untuk mengatasi pikiran negatif, seperti berolahraga, meditasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan mencari bantuan profesional melalui terapi. Berikut ulasan Liputan6.com tentang cara menghilangkan pikiran negatif yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (10/2.2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Ilustrasi memahami kesehatan mental diri sendiri
Ilustrasi memahami kesehatan mental diri sendiri (dok.pexels)

1. Fokus pada Hal Positif

Cara menghilangkan pikiran negatif yang paling sering dianjurkan adalah memfokuskan diri pada hal positif. Fokus pada hal-hal positif dalam hidup Anda dapat membantu mengatasi pikiran negatif dan meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk membuat daftar hal-hal yang Anda sukai atau terima kasih setiap hari, seperti kebahagiaan dalam hubungan atau kesuksesan dalam pekerjaan. Ini dapat membantu Anda untuk berfokus pada hal-hal positif dan membuat Anda merasa lebih baik.

2. Berolahraga 

Olahraga secara teratur dapat membantu mengatasi pikiran negatif dan meningkatkan suasana hati. Cara menghilangkan pikiran negatif ini dapat membantu seseorang untuk memfokuskan pikiran pada tubuh dan mengatasi stres. Cobalah untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk memperbaiki kualitas hidup.

3. Berkendara 

Berkendara dapat menjadi kegiatan rekreasi yang menyegarkan pikiran. Berkendara dapat membantu mengatasi stres dan menghilangkan pikiran negatif. Cobalah untuk bepergian sejenak dan menikmati lingkungan sekitar, seperti menikmati pemandangan atau mendengarkan musik. Ini dapat membantu Anda untuk mereset pikiran dan merasa lebih baik.

4. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Jika Anda kurang tidur, Anda mungkin merasa lebih cemas dan memiliki pikiran negatif. Cobalah untuk tidur 7-9 jam setiap malam untuk membantu mengatasi pikiran negatif dan memperbaiki kualitas hidup Anda.

5. Kegiatan Kreatif

Kegiatan kreatif seperti menggambar, menulis, atau memasak dapat menjadi cara menghilangkan pikiran negatif yang ampuh dan membuat seseorang merasa lebih baik. Ini dapat membantu untuk mengatasi stres dan memfokuskan pikiran pada hal-hal positif.


Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Ilustrasi mengalami mental illness
Ilustrasi mengalami mental illness. (Photo Copyright by Freepik)

6. Berkumpul dengan Teman dan Keluarga

Berkumpul dengan teman dan keluarga dapat membantu mengatasi pikiran negatif dan membuat seseorang merasa lebih baik. Cobalah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman setiap minggu untuk memperbaiki kualitas hidup. Ini dapat membantu Anda untuk merasa lebih dukungan dan memperkuat hubungan dengan orang-orang tersayang.

7. Meditasi dan Yoga

Meditasi dan yoga dapat menjadi cara menghilangkan pikiran negatif dan meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk melakukan meditasi atau yoga setiap hari selama beberapa menit untuk membantu memfokuskan pikiran dan mengatasi stres.

8. Berkomunikasi dengan Orang Lain

Berkomunikasi dengan orang lain dapat membantu mengatasi pikiran negatif. Berbicara dengan teman, keluarga atau orang asing dapat membantu seseorang merasa lebih baik.

9. Luangkan Waktu untuk Hobi

Luangkan waktu untuk hobi atau aktivitas yang disukai. Ini bisa membantu mengalihkan perhatian dari pikiran negatif dan membuat hati merasa lebih baik.

10. Hindari Pikiran Negatif Berkembang 

Cobalah untuk menghindari situasi yang memicu pikiran negatif. Ini bisa meliputi menghindari berita negatif atau menghindari orang yang sering membahas hal-hal negatif.


Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Ilustrasi penyakit mental (pexels)
Ilustrasi penyakit mental (pexels)

11. Pertimbangkan Terapi

Cara menghilangkan pikiran negatif yang sangat mengganggu adalah dengan menjalani terapi konseling. Jika mengalami pikiran negatif yang berkepanjangan dan mempengaruhi kualitas hidup pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. Terapi dapat membantu a mengatasi masalah dan memperbaiki kesehatan mental.

12. Mencoba hal baru

Mencoba hal baru dapat membantu mengatasi pikiran negatif dan membuat Anda merasa lebih baik. Cobalah untuk melakukan hal baru setiap minggu, seperti mencoba makanan baru atau melakukan kegiatan baru.

13. Makan Makanan Sehat

Kondisi mental seseorang seringkali dipengaruhi oleh kondisi fisiknya. Mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu menstabilkan emosi dan membantu menghilangkan pikiran negatif. Makan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu mengatasi pikiran negatif karena membantu menjaga kadar gula darah stabil. Omega-3 asam lemak yang ditemukan dalam ikan seperti salmon dan tuna juga dapat membantu mengurangi gejala depresi dan pikiran negatif.

Selain itu, Vitamin B seperti B6 dan B12 dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengatasi pikiran negatif. Protein seperti daging, telur, dan kacang-kacangan dapat membantu mengatasi pikiran negatif dan meningkatkan suasana hati pula.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya