10 Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah dan Badan, Lengkap Cara Membuatnya

Kumpulan manfaat masker kopi untuk kulit yang jarang diketahui.

oleh Laudia Tysara diperbarui 12 Mar 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi masker wajah
Melakukan perawatan wajah dengan masker kopi. (sumber: Isabell Winter on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Manfaat masker kopi telah lama menjadi pilihan populer untuk perawatan kulit wajah dan badan. Kopi dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kulit, terutama dalam hal menghaluskan dan memutihkan kulit. Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu mengurangi pembengkakan pada wajah dan badan.

Melansir dari Health Line, pada Minggu (12/3/2023) cara membuat masker kopi, bisa memadukan bubuk kopi dengan bahan-bahan seperti air atau minyak zaitun untuk membentuk pasta.

Masker kopi ini kemudian diaplikasikan pada kulit dan dibiarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air bersih. Kandungan asam klorogenat (CGA) memberikan manfaat kopi untuk kulit dalam hal membantu mengurangi peradangan dan jerawat pada kulit.

Dalam beberapa kasus, manfaat masker kopi bahkan digunakan sebagai pengobatan alami untuk menghilangkan selulit dan memperbaiki tampilan kulit yang kasar. Secara keseluruhan, adanya manfaat masker kopi adalah cara yang mudah dan murah untuk merawat kulit wajah dan badan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang manfaat masker kopi untuk kulit wajah dan badan beserta cara membuat maskernya, Minggu (12/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


.

Buat Masker Peel Off Sendiri di Rumah dengan Bahan-bahan Alami
Merawat kulit wajah dengan masker kopi secara rutin. (pexels.com/Monstera)

Ini manfaat masker kopi untuk kulit yang sudah dibuktikan dalam beberapa penelitian, melansir dari Health Line:

1. Menghaluskan Kulit

Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat memberikan manfaat melebarkan pembuluh darah di bawah kulit dan meningkatkan aliran darah. Ini yang membuat manfaat masker kopi untuk kulit bisa membantu mengurangi munculnya selulit.

Metode perawatan kulit yang paling baik untuk pengurangan selulit adalah menggunakan masker atau lulur kopi. Dampak baiknya dapat menghaluskan kulit dan memberikan tampilan yang merata.

2. Merileksasi Kulit

Meskipun kopi dikenal sebagai stimulan, kopi dapat memberikan efek menenangkan jika dioleskan secara topikal karena kandungan antioksidannya. Manfaat masker kopi untuk kulit adalah mampu merileksasi kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Menerapkan kopi langsung ke kulit dapat membantu mengurangi bintik matahari, kemerahan, dan garis halus. Studi manfaat masker kopi untuk kulit menemukan bahwa bahkan dengan minum kopi dapat membantu mengurangi efek photoaging atau bisa mencegah penuaan dini.

4. Menghilangkan Mata Panda

Kandungan kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi pada lingkaran hitam. Manfaat masker kopi untuk kulit ini bisa didapat dengan campurkan bubuk kopi dan minyak zaitun untuk membuat pasta kecil, lalu tepuk lembut di bawah mata dan biarkan selama lima hingga sepuluh menit sebelum dibilas.

5. Merawat Kulit yang Terbakar

Manfaat anti-penuaan dari kopi dapat digunakan untuk perawatan kulit yang terbakar sinar matahari. Manfaat masker kopi untuk kulit ini akan sangat disukai oleh kulit sebagai efek perawatan atau menenangkan.

 


.

Scrub dari Kopi dan Minyak Kelapa
Melakukan perawatan dengan masker kopi untuk melawan jerawat muncul kembali. Credit: pexels.com/Ryne

6. Melindungi dari Kanker Kulit

Kopi mengandung vitamin B3 (niasin) yang dapat membantu mencegah kanker kulit. Khususnya manfaat masker kopi untuk kulit ini mencegah nonmelanoma dan pertumbuhan kulit lainnya.

7. Melawan Munculnya Jerawat

CGA dalam kopi juga memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah bakteri berbahaya pada luka atau infeksi kulit. Kombinasi eksofoliasi bubuk kopi yang dijadikan masker kopi dapat melawan jerawat. Adanya manfaat masker kopi untuk kulit wajah ini wajib dicoba.

8. Memutihkan Kulit

Kopi mengandung asam klorogenat (CGA) dan melanoidin yang memiliki efek anti-inflamasi. CGA juga dikaitkan dengan pengurangan hiperpigmentasi (penggelapan) yang mungkin berhubungan dengan peradangan. Ini mengapa Manfaat masker kopi untuk kulit bisa memutihkan kulit wajah dan badan.

Selain yang sudah disebutkan, manfaat masker kopi untuk kulit juga berdampak baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan menyembuhkan luka, melansir dari Stylecraze:

9. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Manfaat masker kopi terbukti baik untuk berbagai masalah kulit. Ditegaskan bahwa, biji kopi mengandung kafein dan asam klorogenat (CGA) yang dapat membantu meredakan peradangan pada masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

Bubuk kopi juga dapat membantu melawan infeksi kulit karena CGA dan kafeinnya memiliki sifat antimikroba. Cobalah manfaat masker kopi untuk kulit ini.

10. Menyembuhkan Luka

Kopi mengandung asam linoleat yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kehilangan air. Senyawa fenolik dan tokoferol dalam kopi juga memiliki efek antioksidan dan dapat memberikan manfaat masker kopi untuk kulit, mampu membantu dalam proses penyembuhan luka serta mengurangi peradangan.


Cara Membuat Masker Kopi

Kopi
Menyiapkan bubuk kopi untuk membuat masker wajah dengan memadukan air atau minyak zaitun. Credit: pexels.com/pixabay

Bagaimana cara membuat masker kopi dengan manfaat yang sudah disebutkan? Masih melansir dari Health Line, begini cara membuat masker kopi dengan memadukan air serta masker kopi dengan memadukan minyak zaitun:

1. Masker Kopi dan Air untuk Perlindungan Sinar UV

- Siapkan secangkir kopi segar dan campur dengan air dingin.

- Ambil kain lembut atau handuk kertas dan rendam dalam campuran air kopi.

- Peras kelebihan air dan tempatkan kain lembut pada area kulit yang terkena dengan lembut.

- Ulangi beberapa kali sehari sampai kemerahan dan bengkak mulai berkurang.

2. Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Mata Panda

- Cara membuat masker kopi dan minyak zaitun, campurkan ½ sendok teh bubuk kopi dan ½ sendok teh minyak zaitun.

- Tambahkan beberapa tetes air untuk membuat pasta kecil di tangan.

- Kemudian tepuk lembut campuran tersebut di bawah mata tanpa menggosok.

- Diamkan selama lima hingga sepuluh menit sebelum membilasnya dengan air atau membersihkan masker dengan kain lembut.

- Lakukan penggunaan masker ini sesering yang diperlukan.

3. Masker Kopi dan Minyak Zaitun untuk Perawatan Lainnya

- Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama.

- Oleskan ke wajah dengan gerakan memutar.

- Biarkan masker di antara 15 dan 60 menit.

- Bilas dengan air hangat. Ulangi hingga tiga kali per minggu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya