11 Cara Move On dari Gebetan Setelah Gagal Jadian, Terima Perasaan

Proses emosional yang harus dilalui

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 14 Mar 2023, 20:51 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2023, 14:50 WIB
Ilustrasi move on
Cara Move On dari Gebetan

Liputan6.com, Jakarta Cara move on dari gebetan adalah proses emosional yang harus dilalui oleh seseorang yang ingin melepaskan perasaan romantis atau obsesi terhadap seseorang yang tidak membalas perasaan tersebut. Proses ini dapat sangat sulit dan melelahkan, tetapi pada akhirnya dapat membantu seseorang untuk meraih kebahagiaan dan kesejahteraan emosional yang lebih baik.

Cara move on dari gebetan dapat dimulai dengan kesadaran bahwa hubungan romantis yang diinginkan tidak akan terwujud. Setelah itu, seseorang dapat merasakan emosi yang beragam, seperti kesedihan, kekecewaan, kemarahan, dan rasa putus asa. Emosi-emosi ini dapat sangat kuat dan membingungkan, dan seringkali dapat menyebabkan seseorang merasa terjebak dalam perasaan yang sulit untuk dilupakan.

Selama proses move on, seseorang perlu membuka diri dan berbicara dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman, tentang perasaannya. Hal ini dapat membantu seseorang mengatasi emosi yang kuat dan menemukan dukungan yang dibutuhkan. Seseorang juga perlu memperkuat hubungan dengan diri sendiri.

Cara move on dari gebetan ini dapat dilakukan dengan mencari kegiatan yang memberikan kebahagiaan dan mengalihkan pikiran dari gebetan, seperti melakukan olahraga, meditasi, atau terlibat dalam kegiatan sosial. Berikut cara move on dari gebetan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Terima Perasaan

Mau Move On Dari Mantan Lama? Siapkan Diri Anda Dengan Cara Ini
Cara Move On dari Gebetan. (pixabay)

Cara move on dari gebetan adalah proses dan butuh waktu. Tidak perlu merasa terburu-buru atau terbebani dengan proses ini. Cobalah untuk mengambil langkah kecil dan fokus pada perasaan dan kebutuhan diri sendiri. Berikut cara move on dari gebetan.

Langkah pertama cara move on dari gebetan adalah menerima perasaan. Jangan menekan atau menyangkal perasaan yang ada dalam diri, karena hal itu hanya akan membuat semakin tersiksa. Cobalah untuk mengakui perasaan, bahkan jika itu menyakitkan, dan jangan memaksakan diri untuk segera merasa baik-baik saja.

2. Batasi Interaksi

Jika masih berkomunikasi dengan mantan gebetan secara teratur, mungkin perlu membatasi interaksi dengannya. Hindari bertemu dengannya atau berbicara dengan gebetan dengan intensitas yang berlebihan, karena hal itu hanya akan memperpanjang proses penyembuhan. Cobalah untuk menjaga jarak dan fokus pada diri sendiri.

3. Temukan Dukungan

Penting untuk memiliki dukungan selama menjalani upaya cara move on dari gebetan. Temukan teman atau keluarga yang dapat mendengarkan dan memberikan dukungan selama masa sulit ini. Jangan ragu untuk meminta bantuan atau mengekspresikan perasaan, karena itu akan membantu diri sendiri untuk merasa lebih baik.

4. Beri Waktu untuk Diri Sendiri

Penting untuk memberi waktu untuk diri sendiri selama proses move on. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri merasa bahagia, seperti berolahraga, membaca buku, menonton film, atau melakukan aktivitas yang dinikmati. Hindari mengisolasi diri sepenuhnya, tetapi cobalah untuk menemukan keseimbangan antara menghabiskan waktu sendiri dan bersosialisasi.

5. Fokus Pada Masa Depan

Alihkan fokus dari gebetan ke masa depan. Buat rencana untuk masa depan dan fokus pada tujuan dan impian. Jangan biarkan perasaan terus-menerus mengganggu pikiran. Jika merasa sulit untuk memikirkan masa depan, cobalah untuk menulis daftar hal-hal yang ingin dicapai atau hal-hal yang ingin dilakukan.

6. Setiap Orang Layak Mendapatkan yang Terbaik

Jangan biarkan mantan gebetan menghalangi diri sendiri untuk menemukan kebahagiaan. Salah satu cara move on dari gebetan adalah terus berusaha untuk memperbaiki diri dan memperjuangkan masa depan. Ada banyak orang di luar sana yang mungkin lebih cocok dan benar-benar menghargai serta mencintai Anda sebagaimana adanya.


7. Lakukan Sesuatu yang Baru

ilustrasi move on libra/pixabay
ilustrasi move on libra/pixabay

 

Mencoba sesuatu yang baru dapat membantu mengalihkan perhatian dari mantan gebetan. Coba hobi baru, mengikuti kelas, atau melakukan perjalanan ke tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Ini dapat membantu membuka pikiran dan mengeksplorasi sesuatu yang baru.

8. Fokus pada Kebahagiaan Diri Sendiri

Seringkali seseorang cenderung mengabaikan kebahagiaan diri sendiri dan mengabaikan kebutuhan dan keinginannya sendiri ketika sangat terobsesi dengan gebetan. Namun, fokus pada kebahagiaan sendiri dapat membantu seseorang move on dan menemukan kebahagiaan yang sebenarnya. Coba pikirkan apa yang membuat diri bahagia dan mulailah melakukan aktivitas yang membawa kebahagiaan bagi diri sendiri.

9. Hindari Mengambil Kesimpulan yang Salah

Ketika kita terobsesi dengan gebetan, seringkali seseorang membuat asumsi dan kesimpulan yang salah tentang perasaan dan pikiran mereka. Ingatlah bahwa seseorang tidak dapat mengontrol perasaan dan tindakan orang lain. Cobalah untuk tidak membuat asumsi yang salah tentang gebetan, dan fokuslah pada diri sendiri.

10. Terlibat dengan Aktivitas Sosial

Terlibat dengan aktivitas sosial dapat membantu seseorang merasa lebih baik dan memperluas jaringan sosial yang dimiliki. Coba bergabung dengan klub atau organisasi yang menarik atau menghadiri acara sosial seperti pesta atau konser. Cara move on dari gebetan ini dapat membantu seseorang untuk bertemu dengan orang baru dan menikmati waktu bersama teman-teman baru.

11. Singkirkan Barang Kenangan

Saat berhubungan dengan mantan gebetan, seseorang mungkin kerap mendapatkan sejumlah barang yang menandakan kasih sayang atau cinta. Namun, ketika ingin move dari gebetan, coba singkirkan semua barang kenangan yang hanya akan membuat kenangan di masa lalu terus teringat. Bagi beberapa orang ini mungkin sulit untuk dilakukan, namun cara move on dari gebetan ini harus dilakukan apabila ingin sepenuhnya pulih dan bisa maju dalam hidup. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya