12 Wisata Kota Kediri yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Kediri ternyata menyimpan berbagai keindahan yang patut dikunjungi.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 16 Mei 2023, 22:10 WIB
Diterbitkan 16 Mei 2023, 22:10 WIB
5 Wisata Seru di Kediri, Bisa Jadi Pilihan Tempat Habiskan Liburan
5 lokasi wisata di Kediri yang tak kalah seru dari tempat lain. (Sumber: Instagram/@wisatakabupatenkediri)

Liputan6.com, Jakarta Wisata Kota Kediri menjadi salah satu destinasi yang banyak dijadikan incaran bagi para wisatawan. Ada banyak macam destinasi yang tersedia, seperti pantai, gua, hingga pegunungan. Tak heran jika Kediri menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan tujuan liaburan bagi Anda dan keluarga.

Selain wisata alam, Kota Kediri juga menyediakan berbagai destinasi wisata buatan yang bisa memanjakan mata, bahkan ada salah satunya yang menjadi ikon dari Kota Kediri. Maka tidak heran, jika banyak pula wisatawan yang mengabadikan momen kemudian mengunggahnya ke media sosial.

Letak dari Kota Kediri sendiri cukup strategis menjadi sebuah tujuan wisata. Sebab Kota Kediri salah satu daerah yang berada di 130 km barat daya dari Surabaya dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur. Mungkin hal tersebut juga menjadi alasan mengapa wisata Kota Kediri dapat berkembang pesat.

Agar tidak semakin penasaran apa saja destinasi wisata Kota Kediri, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (3/12/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Wisata Kota Kediri

Simpang Lima Gumul (kedirikab.go.id)
Simpang Lima Gumul (kedirikab.go.id)

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Destinasi wisata Kota Kediri yang cukup terkenal dan ikonik adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Jika Anda penggemar fotografi, maka lokasi wisata Kota Kediri satu ini akan sangat tepat untuk mengabadikan foto dengan latar belakang ikonik dari Kota Kediri tersebut.

Letak dari monumen ini berada di Desa Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur. Monumen Simpang Lima Gumul semakin populer lantaran punya bentuk bangunan unik dan mirip dengan salah satu bangunan perancis, yaitu Arc de Triomphe di Paris, Prancis.

 

2. Masjid Agung Kediri

Masih dari kawasan Kota Kediri, Masjid Agung Kediri adalah salah satu destinasi wisata yang banyak disinggahi oleh para wisatawan. Tidak hanya terkenal dengan keelokan bangunannya saja, tapi lokasi dari masjid ini cukup strategis dan tak ayal membuat wisatawan tertarik untuk datang.

Masjid ini juga dikenal sebagai satu-satunya bangunan termegah dan unik yang ada di Kota Kediri. Letak dari Masjid Agung Kediri sendiri berada di Jalan Panglima Sudirman, Dalem, Kota Kediri, Jawa Timur.


Wisata Kota Kediri

5 Wisata Seru di Kediri, Bisa Jadi Pilihan Tempat Habiskan Liburan
5 lokasi wisata di Kediri yang tak kalah seru dari tempat lain. (Sumber: Instagram/@wisatakabupatenkediri)

3. Museum Fotografi Kediri

Destinasi wisata Kota Kediri yang tidak boleh dilewatkan yaitu museum fotografi Kediri. Museum ini sangat cukup terkenal karena berlokasi di dekat Alun-alun Kota Kediri.

Biasanya para wisatawan menikmati berbagai hasil fotografi di akhir pekan. Meski tidak terlalu besar dan luas, tapi lokasi wisata yang punya banyak penggemar tersebut adalah tempat unik dan berbeda dibanding dengan lokasi wisata Kota Kediri lainnya.

 

4. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan destinasi wisata Kota Kediri yang wajib untuk Anda kunjungi. Pemandangan indah dari gunung ini tersaji sejauh mata memandang.

Untuk dapat menikmati wisata yang satu ini, Anda cukup membayar retribusi sebesar yang sangat terjangkau. Faktor ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan berminat untuk berkunjung ke area wisata Gunung Kelud.


Wisata Kota Kediri

Hutan Pinus Kediri
Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

5. Crop Circle Kediri

Crop circle adalah salah satu wisata Kota Kediri yang saat ini sedang mendapat cukup banyak perhatian. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Kedung Malang, Papar, Kediri, Jawa Timur. Memang, crop circle merupakan buatan tangan dari penduduk setempat. Tapi tak bisa dipungkiri jika keindahannya saat ini banyak mendapat perhatian dari banyak wisatawan.

 

6. Hutan Pinus Kediri

Wisata Kota Kediri yang tidak kalah menarik lainnya adalah Hutan Pinus Kediri. Tempat wisata satu ini berlokasi di Dusun Plapar, Selopanggung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Pemandangan alamnya sangat cantik. Selain itu, ada beragam jajanan pasar dan makanan khas Kediri yang dijual oleh pedagang di sekitar area wisata.


Wisata Kota Kediri

Goa Selomangkleng Kediri Bersolek
Goa Selomangkleng Kediri Bersolek (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

7. Kebun Bunga Matahari

Lokasi wisata Kota Kediri ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup terjangkau untuk para wisatawan.

 

8. Gua Selomangkleng

Wisata Kota Kediri yang selanjutnya yaitu gua Selomangkleng. Lokasinya ada di Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Untuk menikmati keindahan lokasi ini sangat terjangkau bagi para wisatawan. Anda dapat mulai menjelajahi wisata ini mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.


Wisata Kota Kediri

Sumber Oebalan ((kedirikab.go.id)
Sumber Oebalan ((kedirikab.go.id)

9. Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris Pare terletak di Desa Tulungrejo dan Pelem, Pare, Kediri. Destinasi wisata satu ini merupakan salah satu perkampungan warga dengan keunikan yang sudah dikenal seantero negeri. Banyak lembaga hingga warga setempat yang piawai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Inilah yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

 

10. Taman Wisata Sumber Oebalan Kediri

Kemudian, destinasi wisata Kota Kediri yang selanjutnya adalah Taman Wisata Sumber Oeabalan Kediri. Taman wisata ini punya kolam ikan hias dan sangkar burung merak besar yang jadi salah satu daya tariknya. Lokasi ini cocok untuk foto-foto dan bersantai di akhir pekan.


Wisata Kota Kediri

Klenteng Tjoe Hwie Kiong (spkt.kemdikbud.go.id)
Klenteng Tjoe Hwie Kiong (spkt.kemdikbud.go.id)

11. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Salah satu tempat wisata Kota Kediri ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini merupakan salah satu saksi bisu era Kolonial. Letak dari klenteng ini ada di dekat sungai Brantas dan jadi salah satu spot foto yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kediri.

 

12. Alun-alun Kediri

Tiap kota pasti punya taman pusat kota yang biasa disebut dengan alun-alun. Kota Kediri juga punya alun-alun yang tidak kalah menarik dan bisa Anda kunjungi. Alun-alun Kota Kediri ini telah mengalami beberapa kali pemugaran membuat tampilannya semakin baik seiring waktu. Ada beberapa falitas yang bisa Anda gunakan untuk sekadar istirahat dan menikmati pemandangan yang disuguhkan.

Jadi tunggu apa lagi? Segera tentukan jadwal liburan Anda bersama keluarga dan nikmati keindahan berbagai destinasi wisata Kota Kediri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya