6 Cara Mendapatkan Inspirasi untuk Berkarya yang Efektif Dilakukan

Sebenarnya ada banyak cara mendapatkan inspirasi yang bisa dicoba. Berikut contoh dan penjelasannya.

oleh Fakhriyan Ardyanto diperbarui 22 Jun 2023, 16:30 WIB
Diterbitkan 22 Jun 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi Melukis (Image by bridgesward from Pixabay)
Ilustrasi Melukis (Image by bridgesward from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Karya yang menarik sering hadir dari ide yang cemerlang. Sayangnya, ide yang cemerlang kerap terhambat dengan tidak adanya inspirasi. Mungkin nampak sepele, padahal bagi sebagian orang, tidak adanya inspirasi bisa jadi salah satu penghambat produktivitas kerja. Sebut saja musisi yang mungkin kesulitan mendapat inspirasi lirik lagu. Tak ayal, hal tersebut bisa membuat stres. 

Ada berbagai cara mendapatkan inspirasi yang bisa dilakukan dan mungkin cukup umum dilakukan oleh sebagian orang. Ada yang perlu suasana hening dan tenang sebagai salah satu cara mendapatkan inspirasi. Ada juga cara mendapatkan inspirasi yang unik, seperti dengan jalan-jalan dengan kendaraan tanpa tujuan. Seperti apa cara mendapatkan inspirasi yang dilakukan, yang terpenting hal tersebut berfungsi.

Jadi jangan heran, apabila beberapa cara mendapatkan inspirasi bisa menghabiskan banyak dana. Salah satunya cara mendapatkan inspirasi dengan liburan ke luar negeri. Tapi bukan berarti satu cara mendapatkan inspirasi bisa memberi dampak yang sama bagi orang lain. Perlu dicoba berbagai cara mendapatkan inspirasi agar diketahui mana yang paling bekerja.

Lantas, seperti apa cara mendapatkan inspirasi yang direkomendasikan? Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, bagaimana cara mendapatkan inspirasi yang direkomendasikan dan cukup umum dilakukan banyak orang, Kamis (28/1/2021).


1. Jalan-jalan ke suatu tempat

Ilustrasi
Ilustrasi wisata trekking. (dok. unsplash/@donmarqvez)

Cara mendapatkan inspirasi yang cukup sering dilakukan yaitu dengan jalan-jalan ke suatu tempat. Tempat yang seperti apa? Bisa sangat beragam, bisa tempat wisata hingga pusat keramaian, atau bahkan bisa juga seperti puncak gunung sekali pun.

Bahkan tidak jarang yang pergi ke alam bebas. Tujuannya tentu untuk mendapatkan ketenangan batin agar semakin relaks dan bisa mendengarkan “suara alam” yang biasanya memberi banyak inspirasi.

Tapi, aktivitas padat kerap kali membuat penat. Alhasil bisa menjadi penyebab sulitnya mendapatkan inspirasi. Sebab di dalam pikiran hanya ada tumpukan pekerjaan, kemacetan, serta rutinitas yang monoton. Tapi jika memang cara mendapatkan inspirasi ini kurang berhasil atau terlalu sulit dilakukan (karena butuh waktu luang lebih banyak), maka tidak ada salahnya mencoba cara mendapatkan inspirasi berikutnya.


2. Jelajahi internet

Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels
Ilustrasi laptop | Andrea Piacquadio dari Pexels

Jika memang cara mendapatkan inspirasi yang pertama tidak berhasil atau sulit dilakukan, maka saatnya memanfaatkan teknologi. Ternyata, cara mendapatkan inspirasi ini cukup banyak dilakukan. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi semua orang bisa dengan mudah mengakses internet. Hal ini membuat seseorang bisa dengan mudah mencari berbagai sumber inspirasi yang sangat berguna.

Apa keuntungan cara mendapatkan inspirasi dari internet? Salah satu keuntungannya yaitu tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk bisa mendapatkan sumber inspirasi. Pasalnya, konten di internet sudah sangat beragam, mulai dari gambar, tulisan, video, bahkan aplikasi.

Beragam konten tersebut tentu lebih memudahkan untuk menemukan ide-ide segar karena perputaran informasi di internet sangat cepat, sehingga akan lebih mudah mendapatkan informasi yang sedang viral dan bisa jadi kunci dalam melahirkan karya-karya besar.


3. Nonton film

film dewasa
ilustrasi (pixabay)

Nonton film juga salah satu cara mendapatkan inspirasi yang cukup sering dilakukan. Pasalnya, di dalam film terdapat berbagai hal yang mungkin sesuai dengan karya yang ingin dibuat. Berbagai genre film yang tersedia bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak melulu harus ke bioskop, bisa dengan streaming film dari internet.


4. Mendengar musik

mendengarkan musik
ilustrasi musik/copyright by Burst on Pexels

Selain cara mendapatkan inspirasi dengan menonton film, biasanya mendengar musik bisa menjadi salah satu cara mendapatkan inspirasi yang efektif. Terutama jika profesi yang dijalankan adalah sebagai musisi.

Dengar mendengarkan beragam referensi musik dari musisi lain, bisa memberi inspirasi bagi karya yang akan dibuat. Kelebihan dari cara mendapatkan inspirasi ini adalah kemudahannya. Sudah banyak kanal musik online yang bisa jadi sumber mendengar musik tanpa perlu diunduh, seperti Spotify, Joox, Apple Music, YouTube Music, dan lain sebagainya.


5. Mandi berendam atau dengan shower

Berendam atau Mandi dengan Shower
Ilustrasi Berendam Credit: pexels.com/Jonathan

Jika mendengarkan musik atau menonton film saja tidak cukup, cara mendapatkan inspirasi yang bisa dilakukan selanjutnya yaitu dengan berendam atau mungkin mandi menggunakan shower. Hal ini dapat membuat relaks. Kondisi tubuh yang relaks akan membuat pikiran lebih jernih dan mudah memunculkan beragam inspirasi.


6. Diskusi dengan teman

Ilustrasi ngobrol
Ilustrasi ngobrol. (Photo by Sam Farallon on Unsplash)

Selanjutnya, cara mendapatkan inspirasi yang terakhir yaitu berdiskusi dengan teman atau orang yang dianggap memiliki pola pikir berbeda. Kenapa dengan pola pikir berbeda? Pasalnya, cara berpikir yang berbeda bisa menimbulkan konflik positif. Hal ini bisa menjadi pembanding antara ide yang dimiliki dengan ide dari sudut pandang orang lain.

Memang, untuk melakukan cara mendapatkan inspirasi ini perlu kehati-hatian. Pasalnya, banyak yang gagal dalam melakukan cara mendapatkan inspirasi ini karena ada beda pendapat dan memegang teguh opini masing-masing. Hal ini mungkin sering terjadi pada orang-orang yang tergabung dalam komunitas atau kelompok kreatif, seperti band.

Banyak kepala tidak selalu memudahkan sebuah pekerjaan. Maka, perlu disuksi dengan dewasa dan fokus dengan tujuan bersama. Semoga beragam cara mendapatkan inspirasi di atas bisa membantu, ya.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya