Ada Perayaan HUT TNI di Monas, Transjakarta Tak Operasikan 3 Layanan Ini

PT Transjakarta juga akan memodifikasi sejumlah rute bus menyusul adanya puncak perayaan HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 04 Okt 2024, 21:00 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 21:00 WIB
FOTO: Wisata Keliling Ibu Kota Naik Bus Tingkat Transjakarta
Warga antre untuk menaiki bus tingkat Transjakarta dengan atap terbuka di Jakarta, Selasa (10/5/2022). Bus wisata tersebut beroperasi pukul 10.00-21.00 WIB dengan rute Jakarta Modern (BW2) rute Juanda-Istiqlal (PP) dan Pencakar Langit (BW4) rute Irti-Monas (PP) hingga 11 mei 2022. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tidak mengoperasikan tiga layanannya menyusul acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada besok Sabtu (5/10/2024). Tiga layanan yang tidak dioperasikan adalah Sejarah Jakarta (BW1), Monas Explorer (BW2), dan Pencakar Langit (BW4).

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani menjelaskan, pihaknya juga tidak akan mengoperasikan 10 rute layanan pada pukul 08.30-11.00 WIB serta melakukan modifikasi lintasan.

"Ada 13 rute yang kami sesuaikan waktu operasionalnya dan ada 16 modifikasi lintasan," kata Ayu seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat.

Rute-rute bus Transjakarta yang tidak beroperasi pada pukul 08.30-11.00 WIB, yakni Stasiun Palmerah-Transport Hub Dukuh Atas (1B), Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (1F), Tanah Abang- Stasiun Gondangdia (1H), Tanah Abang-Blok M (1N) serta Senen-Blok M (1P).

Kemudian, Senen-Tanah Abang (1R), Gondangdia-Balai Kota (2Q), Ragunan-Balai Kota via Kuningan (6A), Ragunan-Balai Kota via Semanggi (6B) dan Pinang Ranti-Bundaran Senayan (9C).

Sementara itu, 16 rute yang dimodifikasi waktu layanannya pada pukul 08.30-11.00 WIB, yaitu Blok M-Kota (1). Rute ini dialihkan melalui koridor 9 dan 13 dengan melayani Halte Petojo, Tarakan, Tomang Raya, Kota Bambu, Kemanggisan, Petamburan dan Gerbang Pemuda.

Selain itu Widya Chandra, Simpang Kuningan, Tegal Parang, Pancoran, Tegal Mampang, Rawa Baratm dan Pasar Santa.

Rute Blok M-Kota sementara tidak melayani Halte Balai Kota dan Monumen Nasional (Monas) seperti halnya Pulo Gadung-Monumen Nasional (2), Pulogadung-Rawa Buaya (2A), Cililitan-Juanda (5C), Balai Kota-Pantai Maju (1A), Kampung Rambutan-Juanda via Cempaka Putih (7F).

Rute lainnya, yakni Kalideres-Monumen Nasional (3) sementara dialihkan menjadi Kalideres-Juanda dan tidak melayani halte Monumen Nasional.

 


Modifikasi Rute Transjakarta

Bus Transjakarta Kembali Beroperasi 24 Jam
Bus Transjakarta saat pemberhentian di Halte Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (12/9/2022). Mulai hari ini jam operasional reguler Transjakarta dimulai pukul 05.00-22.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan layanan angkutan malam hari (Amari) mulai pukul 22.00- 05.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Modifikasi juga dilakukan pada rute Senen-Transport Hub Dukuh Atas (2P). Sementara arah Transport Hub Dukuh Atas tidak melayani pemberhentian Tosari 1 hingga Transport Hub Dukuh Atas dan arah Senen tidak melayani pemberhentian Taman Kudus, Taman Laturharhary, GPIB Paulus Sunda Kelapa.

Lalu, Kalideres-Senayan Bank DKI (3F) sementara tidak melayani halte Gerbang Pemuda dan Senayan Bank DKI.

Kemudian, rute Pemuda Merdeka-Bundaran Senayan (4C) sementara diperpendek hingga Jalan Imam Bonjol. Lalu, arah Bundaran Senayan tidak melayani Tosari 3-Bundaran Senayan 2 dan arah Pemuda Merdeka tidak melayani Bundaran Senayan 2 hingga Imam Bonjol.

Lalu, rute Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini sementara arah Tanah Abang tidak melayani pemberhentian Balai Kota 1 hingga Transjakarta Tanah Abang dan arah Kampung Melayu tidak melayani pemberhentian Transjakarta Tanah Abang hingga Seberang MNC Center.

Rute lainnya Stasiun Tebet-Bundaran Senayan (6D) sementara arah Bundaran Senayan tidak melayani pemberhentian Plaza Sentral hingga Bundara Senayan 1 dan arah Stasiun tebet tidak melayani pemberhentian Bundaran Senayan 1 hingga Jalan Karet Pasar Baru Timur 5.

 


Rute Stasiun Manggarai-Blok M Diperpendek

FOTO: Cegah Penumpukan Penumpang, Transjakarta Tambah Armada di Stasiun Manggarai
Bus Transjakarta tiba di Halte Plaza Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis (2/6/2022). Untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai akibat rute baru KRL, PT Transjakarta melakukan penyesuaian layanan serta menambah 32 armada yang beroperasi untuk melayani tiga rute yang tersedia. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kemudian, rute Stasiun Manggarai-Blok M (6M) sementara diperpendek menjadi Stasiun Manggarai-Simpang Kuninga dan tidak melayani pemberhentian Jamsostek 3, Widya Chandra, Komdak 1, Senayan Bank DKI, Bundaran Senayan, Kejaksaan Agung, dan Blok M jalur 2.

Rute lainnya, yaitu Ragunan-Senayan Bank DKI sementara diperpendek menjadi Ragunan-Kejaksaan Agung dan tidak melayani halte Masjid Agung, Bundaran Senayan dan Senayan Bank DKI.

Dua rute berikutnya, yaitu Pasar Minggu-Tanah Abang (9D) sementara untuk arah Pasar Minggu tidak melayani pemberhentian Jembatan Serong hingga Benhil 1. Lalu untuk arah Tananh Abang tidak melayani pemberhentian Benhil 2 hingga Seberang Jembatan Serong.

Lalu, rute Tanjung Priok-Bundaran Senayan (10H) sementara tidak melayani halte Gerbang Pemuda, Senayan Bank DKI dan Bundaran Senayan.

Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri
Infografis Kilas Balik Pemisahan Polri-TNI hingga Lahirnya UU Polri (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya