Biaya Peluang adalah Biaya yang Dikorbankan untuk Memperoleh Hal Lain, Kenali Ciri-cirinya

Biaya peluang adalah istilah untuk mengidentifikasikan kemungkinan yang terjadi.

oleh Husnul Abdi diperbarui 10 Jul 2023, 11:40 WIB
Diterbitkan 10 Jul 2023, 11:40 WIB
Perencanaan Bisnis
Ilustrasi Sedang Merencanakan Bisnis (freepik/gpointstudio)

Liputan6.com, Jakarta Biaya peluang adalah istilah yang mungkin belum dipahami oleh sebagian orang. Pasalnya, istilah ini memang lebih sering digunakan dalam bidang ekonomi. Jadi, kamu ayang menggeluti bidang ekonomi mungkin lebih paham arti dari biaya peluang ini.

Biaya peluang adalah istilah yang dikenal juga dengan sebutan opportunity cost. Hal ini sangat penting dipahami oleh seorang akuntan atau ahli keuangan. Kamu perlu memahami apa dan bagaiamana biaya peluang atau opportunity cost ini bisa terjadi.

Biaya peluang adalah istilah untuk mengidentifikasikan kemungkinan yang terjadi. Selain dikenal sebutan opportunity cost, biaya peluang kerap juga disebut sebagai biaya alternatif. Kamu perlu memahami makna dari istilah-istilah tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari ekonomi.bunghatta.ac.id, Senin (10/7/2023) tentang biaya peluang.


Biaya Peluang adalah

Biaya Peluang adalah
Ilustrasi Bisnis Credit: pexels.com/AndreaPiacquadio

Biaya peluang adalah istilah yang kerap juga disebut sebagai biaya alternatif atau opportunity cost. Biaya peluang adalah salah satu konsep besar penyusun ilmu ekonomi dan bisnis. Biaya peluang adalah biaya yang muncul karena hilangnya kesempatan akibat dari pemenuhan suatu kebutuhan yang lain.

Biaya peluang adalah biaya yang berfungsi sebagai tolok ukur dari biaya ekonomi yang harus dikeluarkan dalam memproduksi suatu barang atau jasa tertentu dalam kaitannya dengan alternatif lain yang harus dikorbankan. Contoh biaya peluang adalah jika lebih banyak sumber daya digunakan untuk memproduksi makanan, akan lebih sedikit sumber daya yang digunakan untuk memproduksi minuman.

Biaya peluang muncul, karena adanya pilihan yang dilakukan individu-individu, perusahaan, dan masyarakat atas kelangkaan yang dihadapi. Seperti diketahui, sumber-sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas, sehingga memaksa manusia untuk melakukan pilihan dalam kehidupannya. Pilihan yang dibuat akan mengakibatkan pengorbanan pada pilihan yang lain, dan opportunity cost atau biaya peluang adalah yang akan mejadi alat ukur untuk menentukan berapa biaya produksi yang akan dikeluarkan.

Penerapan biaya peluang adalah suatu hal yang sebenarnya sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya ketika kamu mengalami masalah finansial. Biasanya kamu mengonsumsi daging dan makanan lengkap, tetapi karena situasi tersebut kamu harus lebih menghemat biaya yang dikeluarkan dan membuat biaya alternatif untuk membuat makanan alternatif pula. Hal itu dilakukan agar kamu tetap bisa makan di situasi apapun.


Ciri Ciri Biaya Peluang

Biaya peluang adalah biaya yang perlu kamu kenali ciri-cirinya. Terdapat beberapa ciri-ciri dari biaya peluang ini, di antaranya sebagai berikut:

1. Cara menghitung opportinity cost tidak selalu dikaitkan dengan uang. Namun dapat dihubungkan dengan kebahagiaan, waktu, benefit yang diperoleh di masa mendatang, dan lain sebagainya.

2. Mempunyai banyak kemungkinan terkait dengan kegunaannya.

3. Penetapan pilihan biaya peluang tergantung maksud dan kondisi setiap individu/perusahaan.

4. Pada umumnya biaya peluang adalah kebutuhan sekunder maupun tersier.


Manfaat Perhitungan Biaya Peluang

Biaya Peluang adalah
Ilustrasi perhitungan bisnis/credit: pexels.com/fauxels

Manfaat perhitungan opportunity cost atau biaya peluang adalah sebagai berikut:

1. Membuka Kesempatan Usaha & Meminimalkan Risiko

Manfaat perhitungan biaya peluang yang pertama yaitu kamu akan memiliki sejumlah perbandingan dalam menentukan keputusan yang dirasa cocok dan tidak membawa faktor risiko yang cukup besar jika terjadi sesuatu di luar dari dugaan. Selalu ada risiko dalam menjalankan usaha, namun dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka kamu sudah meminimalkan peluang terjadinya risiko, karena sangat tidak mungkin menghilangkannya secara keseluruhan.

2. Membantu Perhitungan Modal

Manfaat perhitungan biaya peluang selanjutnya yaitu membantu perhitungan modal. Modal adalah salah satu faktor dasar yang mendukung bisnis. Di zaman sekarang sudah banyak pihak-pihak yang ingin meminjamkan modal dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Modal untuk membangun sebuah bisnis memang butuh biaya yang banyak, di samping biaya tambahan jika ada pengeluaran yang harus dikeluarkan dengan mendadak. Biaya peluang membantu kamu untuk memprediksi berapa kisaran modal yang harus dimiliki sebelum membangun sebuah bisnis dengan rencana dan keseriusan.

3. Mempermudah Menentukan Prioritas

Sebagai seorang pengusaha, tentunya kamu memiliki banyak ide tentang peluang bisnis yang ingin dijalani. Tetapi menjalankan semua bisnis yang diinginkan tentu membutuhkan banyak biaya dan energi. Dalam waktu yang bersamaan kadang akan terkesan rumit dan membutuhkan banyak biaya.

Agar bisa menjalankan bisnis yang paling penting, ekonomis, dan berpotensi mendatangkan keuntungan banyak lebih dulu, maka biaya peluang akan membantu kamu untuk memiliki prioritas atau sesuatu yang harus kamu pilih lebih dahulu dibanding yang lain.

4. Menghemat Pengeluaran Usaha

Manfaat perhitungan biaya peluang berikutnya yaitu menghemat pengeluaran usaha. Hal ini disebabkan karena dengan adanya perhitungan biaya peluang, maka perusahaan akan memiliki prioritas. Ini berarti, sama halnya perusahaan tidak membutuhkan dana tambahan untuk pembiayaan yang tidak perlu. Perusahaan dapat berfokus pada pembiayaan pokok menyangkut prioritas usaha, sehingga menimbulkan dampak penghematan pengeluaran secara tidak langsung.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya