LDKS Adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya

LDKS adalah salah satu kegiatan sekolah yang memiliki tujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 27 Jul 2023, 15:45 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2023, 15:45 WIB
LDKS Adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya
Kegiatan LDKS. (Pengirim: Penkopassus).

Liputan6.com, Jakarta LDKS adalah singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Biasanya kegiatan ini sering dijumpai di sekolah maupun di perguruan tinggi. LDKS adalah salah satu kegiatan sekolah yang memiliki tujuan untuk melatih jiwa kepemimpinan siswa maupun mahasiswa.

Dikutip dari buku Modul Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Metode AR (2020) karya Felik Sad Windu Wisnu Broto, menjelaskan bahwa LDKS adalah program pengembangan diri bagi siswa atau mahasiswa yang terlibat dalam organisasi di sekolah atau perguruan tinggi.

Setiap tahun, program ini selalu direncanakan dan dilaksanakan oleh pihak sekolah ataupun perguruan tinggi. LDKS adalah wadah bagi siswa untuk mengekspresikan sekaligus menggali potensi yang ada dalam dirinya.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai pengertian LDKS dan manfaatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (27/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


LDKS Adalah

LDKS Adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya
Ilustrasi Pramuka. (Photo by Mufid Majnun on Unsplash)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, LDKS adalah kependekan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Secara umum, LDKS adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Tak hanya di sekolah, LDKS juga bisa dijumpai di perguruan tinggi yang ingin mencari anggota BEM baru.

Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS dari sekolah yang bersangkutan. Setiap tahun, program ini selalu direncanakan dan dilaksanakan oleh pihak sekolah ataupun perguruan tinggi.

Dikutip dari buku Modul Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar Metode AR (2020) karya Felik Sad Windu Wisnu Broto, menjelaskan bahwa LDKS adalah program pengembangan diri bagi siswa atau mahasiswa yang terlibat dalam organisasi di sekolah atau perguruan tinggi. Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi siswa untuk mengekspresikan sekaligus menggali potensi yang ada dalam dirinya.


Tujuan LDKS

LDKS Adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya
Ilustrasi Pramuka.

Dikutip dari website resmi SMK PGRI Cibaribis, ada beberapa tujuan dari LDKS adalah sebagai berikut ini:

  1. Memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa-siswi yang tidak mengikuti (LDKS), para siswa/siswi peserta mendapatkan sebuah pengalaman baik secara intelektual maupun pengalaman tentang cara bagaimana memimpin memanjemen sebuah organisai.
  2. Melalui LDKS para siswa/siswi diharapkan dapat lebih berani dan bermain peran aktif dengan tampil dalam menyuarakan aspirasi para siswa/i kepada pihak sekolah sehingga dalam proses pembangunan kearah kemajuan sekolah dapat terealisasi secara bersama-sama.
  3. Melalui LDKS para siswa/i diharapkan dapat memiliki karakteristik seorang pemimpin yang memiliki intelektual, kreatifititas serta nalar berfikir yang berguna bagi agama dan tanah air bangsa Indonesia yang dijiwai oleh semangat pancasila dan undang-undang dasar 1945 dan berkeyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  4. Memiliki keterampilan dan pemahaman tentang organisasi yang lebih baik dibandingkan dengan siswa-siswi yang tidak mengikuti LDKS. Hal ini dikarenakan dalam kegiatan LDKS para siswa/i peserta mendapatkan sebuah pengalaman baik secara intelektual maupun pengalaman tentang cara atau bagaimana memimpin, memanajemen sebuah organisasi. Yang jelas bahwa mereka mendapatkan sesuatu pengetahuan di luar dari apa yang diberikan di dalam kegiatan proses belajar dan mengajar.

Manfaat LDKS

LDKS Adalah Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Ketahui Tujuan dan Manfaatnya
Ilustrasi Pramuka! (Ilustrasi: Liputan6.com)

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari kegiatan LDKS adalah:

1. Melatih Rasa Percaya Diri

LDKS menjadi kegiatan yang tepat untuk melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri. Hal ini karena ada banyak materi yang akan diberikan selama kegiatan LDKS. Bahkan untuk mengembangkan rasa percaya diri anda, biasanya pengurus akan memberikan kesempatan kpada peserta untuk berbicara di depan muka umum untuk presentasi. Selain itu, pengurus juga akan memberikan kesempatan untuk berkenalan dengan teman baru dan harus bersosialisasi dengan orang baru.

2. Belajar untuk Menyelesaikan Masalah

LDKS yang umum dilakukan untuk para calon pengurus OSIS salah satunya bermanfaat untuk melatih cara menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Hal ini karena pada saat materi LDKS, para peserta akan diberikan tantangan untuk menyelesaikan masalah dengan fasilitas yang diberikan oleh pengurus. Anda dituntut untuk bisa menyelesaikan masalah tersebut baik secara individu maupun berkelompok.

3. Mengasah Kemampuan Organisasi

Manfaat LDKS yang berikutnya adalah mengasah kemampuan organisasi. Hal ini bisa didapatkan pada saat kegiatan LDKS. Dengan memiliki pengalaman di bidang organisasi, maka jika nanti di perguruan tinggi maupun bekerja di sebuah perusahaan tidaklah bingung maupun asing bagaimana harus bekerjasama di dalam organisasi.

4. Memupuk Sifat Kepemimpinan

Salah satu manfaat dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bagi para siswa adalah untuk memupuk sifat dan jiwa kepemimpinan. Anda yang saat ini masih berstatus sebagai pelajar akan menjadi generasi penerus dan pemimpin-pemimpin dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Tantangan di masa depan tidak akan menjadi semakin mudah namun semakin berat sehingga diperlukan seorang pemimpin yang tangguh dan kuat. 

Agar bisa menemukan pemimpin yang tangguh dan sesuai dengan kualifikasi diperlukan seleksi yang cukup ketat. Seleksi tersebut bisa dibuat ataupun terjadi secara natural yang disebut sebagai seleksi alam. Anda yang sudah mengikuti LDKS saat masih sekolah memiliki peluang yang lebih besar tampil sebagai pemimpin masa depan.

5. Sarana Pengembangan Diri

Melalui materi-materi yang diberikan dalam LDKS anda bisa menemukan apa kelebihan yang dimiliki sehingga bisa dioptimalkan sejak dini. Kelebihan dan potensi diri yang dikembangkan sejak awal bisa menjadi bekal kesuksesan di masa depan. Apalagi melalui LDKS anda juga dilatih untuk berpikir dan memecahkan masalah yang akan melengkapi potensi dalam diri anda nantinya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya