Chord Balonku Ada Lima Beserta Liriknya Karya A.T. Mahmud

Chord Balonku Ada Lima menjadi salah satu lagu yang banyak dimainkan untuk menghibur anak-anak.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 30 Okt 2023, 13:31 WIB
Diterbitkan 30 Okt 2023, 12:10 WIB
Ilustrasi balon
Ilustrasi balon (Dok.Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Chord Balonku Ada Lima meruapak salh satu lagu anak-anak yang cukup populer di Indonesia. Dirilis pada 1963 silam, lagu ini masih cukup familiar di kalangan anak-anak sampai hari ini. Lirik sederhana dengan nada yang mudah dihafal membuat anak-anak senang menyanyikan lagu ini.

Chord Balonku Ada Lima menjadi salah satu lagu yang banyak dimainkan untuk menghibur anak-anak. Lagu ini juga dapat dijadikan media pembelajaran musik pada anak. 

Pencipta lagu balonku, A.T. Mahmud, memang dikenal sebagai seorang pengarang lagu anak-anak. Saat menciptakan lagu, A.T. Mahmud banyak terinspirasi oleh kejadian sehari-hari yang dialami oleh anak-anaknya, termasuk juga ketika menciptakan Chord Balonku Ada Lima. Berikut chord Balonku Ada Lima beserta liriknya karya AT Mahmud yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Chord dan Lirik Balonku Ada Lima

Ilustrasi lagu, musik, gitar
Ilustrasi lagu, musik, gitar. (Image by rawpixel.com on Freepik)

[Intro:]

D A D A

G A D

[Verse I:]

D

Balonku ada lima

     A        D

Rupa-rupa warnanya

 G    A    D

Hijau, kuning, kelabu

 G    A    D

Merah muda dan biru

  D

Meletus balon hijau DOR!

A D

Hatiku sangat kacau

G A D

Balonku tinggal empat

G A D

Kupegang erat-erat..

[Verse II:]

D

Balonku ada lima

A D

Rupa-rupa warnanya

G A D

Hijau, kuning, kelabu

G A D

Merah muda dan biru

D

Meletus balon hijau DOR!

A D

Hatiku sangat kacau

G A D

Balonku tinggal empat

G A D

Kupegang erat-erat

G A D

Kupegang erat-erat

G A D

Kupegang erat-erat..


Perjalanan Hidup A.T. Mahmud

A.T. Mahmud
A.T. Mahmud (Sumber: Wikipedia)

A.T. Mahmud, yang memiliki nama lengkap Abdullah Totong Mahmud, adalah seorang komponis dan pencipta lagu anak-anak asal Indonesia. Ia lahir pada 3 Februari 1930 di Kampung 5 Ulu Kedukan Anyar, Palembang. Awalnya dia disspa dengan nama Abdullah atau Dola. 

Nama totong konon berasal dari keluarga sunda yang menjadi tetangganya semasa A.T. Mahmud masih bayi. Tetangga tersebut kerap menimanganya samping menyebut “Tong.. Tong..”. Ibu A.T. Mahmud yang mendengarnya kemudian mulai memangginya dengan nama Totong.

A.T. Mahmud sebenarnya memiliki background pendidikan di Sekolah Guru, dan kemudian mengejar gelar di jurusan Bahasa Inggris. Namun, cintanya terhadap musik dan keinginannya untuk menciptakan lagu anak-anak mengubah arah karirnya. Ia meninggalkan kuliah dan fokus pada musik serta penciptaan lagu anak-anak.

Beberapa lagu ini terinspirasi oleh pengalaman pribadi dengan anak-anaknya, salh astunya ketika anaknya keduanya yang bernama Rika memintanya untuk "mengambilkan bulan." Dari situ, ia menciptakan lagu "Ambilkan Bulan, Bu." A.T. Mahmud menciptakan lagu-lagu anak-anak dengan mengamati perilaku anak-anak, pengalaman masa kecilnya sendiri, dan pesan pendidikan yang ingin disampaikan kepada anak-anak.

Meskipun A.T. Mahmud meninggalkan kuliah untuk mengejar karir di dunia musik, karya-karyanya menjadi sangat berpengaruh dalam musik anak-anak di Indonesia. Karya-karyanya seperti "Ambilkan Bulan, Bu" dan "Balonku Ada Lima" tetap dikenal dan dicintai oleh ribuan anak-anak di Indonesia. A.T. Mahmud meninggal pada 6 Juli 2010 dan tetap dikenang sebagai pencipta lagu-lagu anak-anak yang menghangatkan kenangan masa kanak-kanak.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya