Viral Wanita China Gelar Upacara ‘Pemakaman’ Diri Sendiri Usai Putus Cinta, Unik

Aksi pemakaman untuk diri sendiri usai putus cinta.

oleh Ibrahim Hasan diperbarui 06 Nov 2023, 15:15 WIB
Diterbitkan 06 Nov 2023, 15:15 WIB
Wanita Gelar Upacara Pemakaman Diri Sendiri
Potret aksi viral upacara pemakaman karena putus cinta (Sumber: Weibo via SCMP)

Liputan6.com, Jakarta Putus cinta sudah tak asing lagi di kalangan anak muda yang gagal di percintaan. Namun, tak melulu putus cinta diwarnai dengan kekecewaan dan kesedihan. Beberapa orang menganggap putus cinta menjadi awal baru. Seperti aksi seorang wanita yang justru menggelar acara pemakaman demi memeriahkan tragedi putus cinta.

Sebuah video beredar di media sosial Tiongkok yang menunjukkan seorang wanita muda, bernama Wang, sedang berbaring di "ranjang kematiannya" dikelilingi lilin. Sementara teman-temannya memberinya bunga putih satu per satu, persis dengan ritual pemakaman orang meninggal.

Wang, yang berasal dari provinsi Sichuan, mengungkapkan bahwa upacara pemakaman tersebut adalah usahanya untuk menyembuhkan sakit hati setelah hubungannya berakhir karena penolakan orang tuanya terhadap pernikahan mereka.

Dilansir Liputan6.com dar South China Morning Post, Senin 6/11/2023), acara aneh ini diadakan oleh Wang pada 28 Oktober lalu sebagai cara untuk merayakan kebangkitan hidup baru setelah putus dengan pacarnya setelah enam bulan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Aksi Balasan Sering Ditanya Kapan Nikah

Wanita Gelar Upacara Pemakaman Diri Sendiri
Potret aksi viral upacara pemakaman karena putus cinta (Sumber: Weibo via SCMP)

Sebelumnya, Wang mengaku telah menghadiri beberapa pesta pernikahan baru-baru ini. Dari sanalah timbul pertanyaan dari teman-temannya tentang kapan giliran dia untuk mengadakan pesta pernikahannya.

Aksi Wang diunggah di platform media sosial Douyin (Tiktok versi Tiongkok) yang kini bikin netizen geleng kepala. Wang terlihat berbaring di atas "tempat peristirahatan terakhir" yang dikelilingi oleh lilin, sementara itu ia juga mengundang 12 temannya yang secara simbolis memberinya bunga putih satu per satu, mirip dengan upacara pemakaman tradisional. 

Setelah itu, Wang "bangkit kembali" dan berbincang dengan teman-temannya tentang esensi hidup dan mati. Diketahui, alasan Wang putus karena ia tak mendapat restu dari orang tua untuk menikah.

Meski terkesan aneh, Wang menyatakan bahwa ia tidak menyesal mengadakan "pemakaman" tersebut dan berencana untuk terus melanjutkan hidupnya. Bagi Wang, acara ini bukan hanya sekadar pemakaman, melainkan juga simbolisasi dari kebangkitan baru tanpa pacarnya.

 


Netizen Jadi Terinspirasi Juga Takut

Wanita Gelar Upacara Pemakaman Diri Sendiri
Potret aksi viral upacara pemakaman karena putus cinta (Sumber: Weibo via SCMP)

Peristiwa yang luar biasa ini memicu kebingungan juga ketakutan di kalangan banyak pengguna media sosial. Namun, Melansir dari SCMP, sebagian netizen di platform Douyin (menyebut aksi Wang sangat kreatif.

"Pemakaman sendiri terdengar tidak menyenangkan bagi saya. Sejujurnya, itu membuatku sedikit takut." kata seorang pengguna Douyin.

"Pemakaman ini bukan semata-mata untuk Wang, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan terhadap hubungan romantis tiga tahunnya dan masa muda,” kata netizen lain.

 "Menurutku dia sangat berani, dengan cara yang tidak konvensional, mengucapkan selamat tinggal pada masa lalunya dan memulai babak baru dalam hidupnya," netizen terinspirasi.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya