5 Cara Efektif untuk Mengatasi Galau karena Cinta Tak Terbalas

Pengalaman yang menyakitkan dan membuat hati galau dapat terjadi ketika cinta tidak terbalas.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 18 Sep 2024, 16:32 WIB
Diterbitkan 18 Sep 2024, 16:32 WIB
Tips Move On
Putus cinta menjadi hal yang menyakitkan dan meninggalkan jejak kenangan yang sulit dilupakan. (Foto: Freepik/benzoix)

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi perasaan galau akibat cinta bertepuk sebelah tangan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Hati terasa hancur, dan perasaan galau seringkali tak terhindarkan. Namun, meski berat, ada cara untuk mengatasi perasaan tersebut dan bangkit kembali dengan lebih kuat.

Menghadapi kenyataan bahwa seseorang yang anda cintai tidak merasakan suatu yang sama memang sulit. Tapi, penting untuk diingat bahwa setiap orang berhak mendapatkan cinta yang tulus. Dengan langkah yang tepat, kamu bisa menyembuhkan hati dan melanjutkan hidup.

Dalam artikel ini, akan membagikan lima cara efektif untuk mengatasi galau akibat cinta bertepuk sebelah tangan. Setiap langkah dirancang untuk membantu kamu mengelola perasaan dan menemukan kebahagiaan lagi. Mari mulai perjalanan ini bersama. Berikut adalah lima cara untuk mengatasi perasaan sedih akibat cinta bertepuk sebelah tangan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menerima Perasaanmu

Ilustrasi melepaskan, merelakan, move on
Ilustrasi melepaskan, merelakan, move on. /Copyright unsplash.com/@aiony

Menerima perasaanmu adalah langkah pertama dalam mengatasi galau. Kamu perlu mengakui bahwa kamu sedang merasa sedih, kecewa, atau marah. Jangan menekan atau mengabaikan perasaan tersebut karena itu hanya akan memperburuk keadaan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menulis jurnal atau berbicara dengan teman dekat untuk mengungkapkan perasaanmu.

Selanjutnya, beri waktu untuk diri sendiri setelah menerima perasaanmu. Coba untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang mengingatkanmu pada orang tersebut, setidaknya untuk sementara waktu. Dengan begitu, kamu bisa mulai menyembuhkan luka hati tanpa terus-menerus dihadapkan pada kenangan yang menyakitkan.


2. Berfokuslah pada Kegiatan yang Positif

Move on
Ilustrasi/copyright unsplash.com/@holliver

Alihkan perhatianmu ke tindakan yang positif dalam hidupmu. Fokus pada hobimu, pekerjaan, atau tindakan yang membuatmu bahagia. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang bisa membuatmu merasa lebih baik dan produktif. Olahraga, membaca buku, atau mencoba hobi baru bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengalihkan perhatianmu dari rasa galau. 


3. Tentukanlah Batasan

hp - vania
Gambar ilustrasi anti galau dapat ditemukan di situs web magnet.me di https://unsplash.com/magnet.me.

Apabila kamu masih sering bertemu atau berhubungan dengan orang yang kamu cintai, ada baiknya kamu mencoba untuk menetapkan batasan. Sebagai contoh, kamu bisa mengurangi interaksi di media sosial atau menghindari pertemuan yang tidak perlu. Dengan adanya batasan ini, kamu akan memiliki ruang untuk proses penyembuhan diri. Selain itu, penting untuk fokus pada masa depan. Ingatlah bahwa masa depanmu masih penuh dengan peluang dan kemungkinan.


4. Dukungan dari Orang Terdekat

Karakter Zodiak Taurus
Ilustrasi perempuan ceria, tersenyum. / Freepik by benzoix

Selain itu, kelilingi diri dengan teman dan keluarga. Dukungan dari mereka sangat penting dalam proses penyembuhan hati. Jangan ragu untuk berbagi cerita dan perasaanmu dengan mereka. Mereka bisa memberikan perspektif baru dan dukungan emosional yang kamu butuhkan. Habiskan waktu bersama orang-orang yang peduli padamu, dan biarkan mereka membantu kamu melewati masa sulit ini.


5. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

tersenyum bahagia santai kalem baik dewasa
ilustrasi perempuan cantik/Photo by jiadong guo/Pexels

Selanjutnya, jangan menyalahkan diri sendiri. Cinta bertepuk sebelah tangan sering kali membuat seseorang merasa tidak cukup baik atau tidak layak dicintai. Namun, jangan biarkan pikiran-pikiran negatif tersebut menguasai dirimu. Ingatlah bahwa cinta adalah perasaan yang kompleks dan tidak selalu bisa dipaksakan. Kamu berhak mendapatkan seseorang yang mencintaimu dengan tulus, dan itu bukanlah kesalahanmu jika seseorang tidak merasakan sikap yang sama.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya