5 Trik Membuat Tempe Mendoan yang Renyah dan Bebas Minyak Berlebih, Cukup Pakai 1 Jenis Tepung

Lihat resep berikut untuk membuat tempe mendoan yang renyah tanpa minyak berlebih, menggunakan tepung ketan putih.

oleh Ricka Milla Suatin diperbarui 09 Agu 2024, 15:11 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 15:11 WIB
Resep
Resep tempe mendoan sebagai pelengkap menu buka puasa. (dok. ANJ)

Liputan6.com, Jakarta Hidangan gorengan, terutama tempe mendoan, memang selalu menggugah selera. Tempe mendoan yang renyah dan gurih tidak hanya lezat dinikmati langsung, tetapi juga sempurna sebagai lauk pendamping nasi putih. Namun, seringkali tempe mendoan yang digoreng dengan tepung terigu bisa menjadi lembek dan menyerap banyak minyak.

Tapi kini, Anda tak perlu khawatir lagi, karena ada solusi yang menarik. Cara membuat tempe mendoan yang renyah ternyata sangat mudah, cukup dengan menggunakan tepung ketan putih sebagai pengganti tepung terigu.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mendapatkan tempe mendoan yang renyah dan bebas minyak berlebih dengan hanya menggunakan satu jenis tepung, dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (09/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Membuat Tempe Mendoan yang Renyah

[Bintang] Bintang Tasty: Tempe Mendoan
Siapa yang suka sama gorengan yang satu ini? Buat tempe mendoan sendiri di rumah yuk… (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Bintang.com/Nurman Abdul Hakim)

1. Persiapan Adonan: Siapkan wadah dan campurkan 7 sendok makan tepung ketan putih dengan 1 butir telur ayam. Tambahkan 1 sendok teh lada putih bubuk, 1/2 sendok teh kaldu bubuk, garam secukupnya, 1/2 sendok teh jinten bubuk, dan 1 sendok teh ketumbar bubuk. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Tambahkan Air dan Daun Bawang: Tuangkan 100 ml air ke dalam adonan tadi. Untuk menambah rasa dan keindahan, masukkan irisan dari 3 batang daun bawang. Aduk kembali hingga semua bahan menyatu sempurna.

3. Celupkan Tempe: Potongan tempe kemudian dicelupkan ke dalam adonan tepung ini. Pastikan setiap sisi tempe terlapisi dengan sempurna oleh adonan.

4. Penggorengan: Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan tempe yang sudah terlapisi adonan ke dalam minyak panas. Goreng hingga bagian bawah tempe tampak kering, lalu balikkan untuk memastikan kematangan merata. Gunakan api sedang agar tempe tidak gosong.

5. Tiriskan Minyak: Setelah tempe mendoan berwarna kecoklatan dan garing, angkat menggunakan saringan dan biarkan sejenak agar minyak berlebih dapat tiris. Tempe mendoan siap disajikan di atas piring. Dengan tepung ketan putih, tempe mendoan akan memiliki tekstur yang garing di luar namun tetap tidak berminyak.


Sambal yang Cocok untuk Tempe Mendoan

sambal
Ilustrasi sambal kecap adalah milik freepik.com/jcomp

Untuk melengkapi kelezatan tempe mendoan, sambal yang paling pas adalah sambal kecap atau sambal terasi. Berikut ini dua pilihan sambal yang bisa Anda coba:

1. Sambal Kecap

- Bahan: Kecap manis, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, dan gula.

- Cara Membuat: Cincang halus cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Campurkan semua bahan dengan kecap manis, lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Aduk hingga merata.

2. Sambal Terasi

- Bahan: Cabai merah, cabai rawit, terasi, bawang merah, bawang putih, tomat, gula, dan garam.

- Cara Membuat: Goreng cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan terasi hingga matang. Haluskan semua bahan bersama tomat, lalu tambahkan gula dan garam. Aduk hingga merata dan sambal siap disajikan. Dengan dua pilihan sambal ini, tempe mendoan Anda akan semakin nikmat dan menggugah selera!

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya