Bisa Dicoba, 4 Perawatan Agar Bulu Mata Tidak Mudah Rontok Setelah Eyelash Extension

Perawatan yang tepat setelah mengaplikasikan eyelash extension sangat penting agar bulu mata tidak mudah rontok.

oleh Miranti diperbarui 09 Agu 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 09 Agu 2024, 11:07 WIB
eyelash
Ilustrasi Pemakaian Eyleash Extention Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Eyelash extension menjadi salah satu tren kecantikan yang populer karena mampu memberikan tampilan bulu mata yang lebih panjang dan lebat tanpa perlu menggunakan maskara. Namun, untuk menjaga keindahan dan ketahanan eyelash extension, perawatan yang tepat setelah pemasangan sangatlah penting.

Banyak orang mengalami masalah kerontokan yang cepat, yang dapat mengurangi keindahan dan efektivitas dari eyelash extension yang telah diterapkan. Oleh karena itu, penting untuk memahami langkah-langkah perawatan yang dapat membantu memperpanjang umur bulu mata palsu ini.

Dalam artikel ini, mari membahas beberapa tips perawatan yang efektif untuk menjaga eyelash extension agar tidak mudah rontok. Apa saja? Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menghindari apapun yang dapat membuat bulu mata basah sebelum mengering sepenuhnya

Perawatan Setelah Melakukan Eyelash Extension
Perawatan setelah melakukan Eyelash Extension diilustrasikan dalam gambar ini, dengan hak cipta pinterest/libeautyschool.

Melansir thelashlounge, saat merawat eyelash extension, penting untuk diketahui bahwa perekat ekstensi bulu mata membutuhkan waktu hingga 8 jam untuk mengering sepenuhnya. Artinya, dalam jangka waktu 8 jam tersebut, harus menghindari apa pun yang dapat membuat bulu mata basah. Hal itu berarti tidak boleh mandi, berolahraga karena berkeringat, berenang, atau mandi air beruap dalam waktu lama.


2. Jangan lupa isi ulang bulu mata tiap 2 minggu

Menyebabkan Bulu Mata Rontok
Ilustrasi Pemakaian Eyelash Extension Credit: freepik.com

Jangan lewatkan pengisian bulu mata. Mengisi ulang bulu mata setiap 2 minggu diperlukan untuk menjaga garis bulu mata terlihat penuh. Lalu, hindari menggosok mata dan mencabut  bulu mata. Hal ini tidak hanya menyebabkan ekstensi bulu mata rontok sebelum waktunya, tetapi juga merusak bulu mata asli. 


3. Hindari produk perawatan kulit atau kosmetik berbahan dasar alkohol dan minyak

Volume Lash
Inspirasi tipe eyelash extension yang bisa kamu coba./copyright pinterest/PMUHub

Hindari produk perawatan kulit atau kosmetik berbahan dasar alkohol dan minyak di dekat atau di sekitar area mata. Minyak dan alkohol akan merusak perekat bulu mata sehingga menyebabkan bulu mata rontok dengan cepat. 

Tidak menjepit bulu mata menggunakan curler dapat menyebabkan helai bulu mata sambung jadi menekuk. Rutin menyisir bulu mata setelah eyelash extension, bisa menyisir menggunakan spoolie atau kuas khusus bulu mata. Tujuannya agar ekstensi tetap awet dan tidak mudah lepas.  


4. Menjaga kebersihan bulu mata dari riasan, minyak, dan kotoran

Penjepit bulu mata
Penjepit bulu mata tipe curler. (Foto: Freepik)

Jika tidak menjaga kebersihan bulu mata dari riasan, minyak, dan kotoran akan menumpuk di sepanjang garis bulu mata. Penumpukan ini merusak ikatan perekat yang menempelkan ekstensi bulu mata ke bulu mata alami. Itu berarti retensi yang buruk alias: ekstensi akan rontok lebih cepat dari siklus kerontokan bulu mata alami dan garis bulu mata akan memiliki celah.

Kurangnya pembersihan yang tepat juga dapat menyebabkan blepharitis (radang kelopak mata). Jadi sangat penting untuk selalu mengikuti rutinitas perawatan ekstensi bulu mata yang mudah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya