Jadi Camilan Favorit, Intip Tips Sederhana Menyimpan Biskuit Agar Tetap Krispi

Jika tidak disimpan dengan cara yang tepat, biskuit dapat dengan cepat menjadi lembek karena menyerap kelembaban dari udara.

oleh Miranti diperbarui 27 Agu 2024, 12:23 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 12:23 WIB
Camilan biskuit
Ilustrasi camilan biskuit. (Foto: LIsa Fotios by Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Biskuit yang merupakan camilan kesukaan banyak orang dengan rasa manis dan tekstur yang renyah, sering kali dipilih sebagai teman saat bersantai. Namun, satu tantangan besar saat menikmati biskuit adalah menjaga agar tekstur renyahnya tetap terjaga. Jika tidak disimpan dengan cara yang tepat, biskuit dapat dengan cepat menjadi lembek karena menyerap kelembaban dari udara.

Salah satu faktor utama yang membuat biskuit kehilangan kerenyahannya adalah paparan terhadap udara lembab. Ketika biskuit terpapar kelembaban dari lingkungan, tekstur garingnya akan hilang dan berubah menjadi lembut. Masalah ini bisa terjadi meskipun biskuit telah disimpan di dalam toples.

Beruntung, ada beberapa trik sederhana yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Berikut adalah trik sederhana simpan biskuit agar tetap renyah yang telah dirangkum Liputan6.com pada Selasa (27/08/2024) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Trik Sederhana untuk Menjaga Kerenyahan Biskuit

Ilustrasi Biskuit (iStock)
"Gambar Biskuit (iStock)"

Menurut unggahan dari pemilik akun Instagram @ummubalqishaura pada tanggal 25 Agustus 2024, ada trik sederhana yang bisa digunakan untuk mencegah biskuit menjadi lembek. Dalam video yang diunggahnya, @ummubalqishaura menyarankan untuk menambahkan 1/2 sendok teh gula pasir ke dalam toples yang digunakan untuk menyimpan biskuit.

“Gula memiliki sifat higroskopis, yang berarti dapat menyerap kelembaban dari udara,” jelas @ummubalqishaura.

“Dengan menambahkan gula ke dalam toples, kita dapat menjaga kelembaban di dalam toples tetap rendah, sehingga biskuit tetap renyah lebih lama,” sambungnya.


2. Alternatif Lain untuk Menjaga Kerenyahan

Biskuit
"Gambar ini dilindungi hak cipta oleh shutterstock.com."

Selain gula, ada juga bahan lain seperti garam dan gel silika yang dapat berfungsi menyerap kelembaban. Namun, penggunaan garam bisa mengubah rasa biskuit yang seharusnya manis, sementara gel silika mungkin tidak selalu mudah didapat.

Oleh karena itu, gula pasir menjadi pilihan yang paling praktis dan efisien untuk mempertahankan kerenyahan biskuit. Dengan menerapkan cara ini, kamu bisa menikmati biskuit dengan tekstur renyah lebih lama, tanpa khawatir akan cepat menjadi lembek.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya