4 Metode Perawatan Kulit untuk Mengatasi Wajah Berminyak karena Paparan Sinar Matahari

Agar penampilan sehari-hari tetap terjaga, ada beberapa tips perawatan kulit untuk membuat wajah kembali segar dan bercahaya di tengah cuaca panas.

oleh Miranti diperbarui 31 Agu 2024, 12:06 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 12:06 WIB
Paparan sinar matahari
Ilustrasi Paparan Sinar Matahari Credit: pexels.com/Kim

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di negara dengan iklim tropis, perempuan Indonesia kerap menghadapi teriknya sinar matahari. Khususnya bagi mereka yang memiliki aktivitas padat di luar ruangan, paparan sinar matahari yang intens bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit.

Selain menyebabkan kulit kusam dan hiperpigmentasi, sinar matahari juga bisa memicu tanda-tanda penuaan dini. Lebih dari itu, teriknya sinar matahari juga membuat wajah mudah berkeringat dan terasa lengket. Kondisi ini tentu sangat tidak nyaman, terutama karena kulit wajah yang lengket membuat makeup sulit menempel dengan baik.

Agar penampilan sehari-hari tetap terjaga, penting untuk memahami tips-tips perawatan kulit agar wajah tetap segar dan glowing meski cuaca panas. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (31/8/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 

 


1. Bersihkan Wajah dengan Foam Cleanser yang Formulanya Lembut

Menjaga Kesehatan Sel Kulit
Ilustrasi Wajah Sehat Terawat Credit: pexels.com/Tristan

Membersihkan wajah adalah rules penting dalam perawatan wajah untuk kondisi kulit apapun. Saat kulit terasa lengket akibat cuaca panas dan paparan polusi serta debu yang menempel, foam cleanser dengan formula lembut sangat disarankan karena dapat membersihkan kulit dengan efektif tanpa membuatnya kering.

Foam cleanser akan membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa makeup yang menumpuk di wajah. Pilihlah pembersih dengan kandungan yang melembapkan dan bebas dari bahan-bahan yang keras seperti alkohol atau sulfat, yang dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap panas.

Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan lupa terapkan teknik double cleansing, terlebih jikakamu sering menggunakan makeup. Teknik ini diawali dengan menggunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk mengangkat kotoran yang larut dalam minyak, diikuti dengan foam cleanser untuk membersihkan sisa kotoran yang tertinggal. Langkah tersebut akan memastikan kulit benar-benar bersih dan siap menerima rangkaian skincare selanjutnya.


2. Eksfoliasi Wajah Rutin 1 Kali dalam Seminggu

ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels
ilustrasi eksfoliasi kulit/pexels

Eksfoliasi atau pengelupasan sel kulit mati adalah langkah penting untuk mendorong proses pergantian sel kulit baru. Meski kulit dapat beregenerasi secara alami, kotoran dan polusi bisa menghambat proses ini. Eksfoliasi membantu membersihkan sel-sel mati yang menyumbat pori-pori dan membuat wajah terasa lengket.

Lakukan eksfoliasi secara rutin, setidaknya sekali seminggu, untuk menjaga kulit tetap halus dan pori-pori bersih. Namun, jangan terlalu sering mengeksfoliasi karena bisa merusak lapisan pelindung kulit dan menyebabkan iritasi.

Pilih eksfoliator yang sesuai dengan jenis kulitmu, seperti physical exfoliator dengan butiran halus atau chemical exfoliator yang mengandung AHA atau BHA. Eksfoliator kimia cenderung lebih lembut dan efektif dalam mengangkat sel kulit mati tanpa menyebabkan gesekan berlebihan pada kulit. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembap setelah eksfoliasi untuk mengembalikan kelembapan alami kulit.


3. Gunakan Skincare dengan Tekstur Ringan yang Mudah Meresap dan Tidak Lengket

Skincare - Vania
Ilustrasi Skincare/https://www.freepik.com/azerbaijan_stockers 

Penggunaan skincare rutin sangat penting meski cuaca panas. Skincare membantu menjaga kelembapan alami kulit dan mencegah produksi minyak berlebih, sehingga meminimalisir efek lengket di wajah.

Pilih produk bertekstur ringan seperti moisturizer dengan formula oil-based atau sunscreen bertekstur gel. Produk-produk ini cepat menyerap ke dalam kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Skincare dengan tekstur ringan juga lebih nyaman digunakan dan tidak menyumbat pori-pori, yang sering kali menjadi penyebab wajah berminyak dan lengket.

Cari produk skincare yang mengandung bahan seperti hyaluronic acid untuk hidrasi tanpa rasa berat, niacinamide untuk mengontrol produksi minyak, dan aloe vera untuk menenangkan kulit. Produk dengan kandungan air tinggi seperti essence atau serum berbasis air juga cocok untuk memberikan hidrasi ekstra tanpa rasa lengket.


4. Pastikan Produk Skincare dan Makeup yang Dipakai Memiliki Formula Oil-Free

tanda - Vania
Ilustrasi Skincare Tidak Cocok/https://www.freepik.com/cookie_studio 

Produk dengan formula oil-free adalah pilihan terbaik untuk menjaga wajah tetap matte dan bebas lengket. Formula ini membantu mengontrol produksi minyak berlebih dan mencegah pori-pori tersumbat. Produk oil-free juga biasanya lebih ringan dan tidak memberatkan kulit, sehingga nyaman digunakan sepanjang hari, terutama saat cuaca panas.

Untuk makeup, pilih foundation atau BB cream dengan hasil akhir matte dan bebas minyak. Penggunaan setting powder atau setting spray yang bersifat oil-control juga dapat membantu makeup tetap tahan lama dan wajah tetap segar. Pastikan selalu membersihkan wajah dengan baik setelah menggunakan makeup agar tidak ada residu yang tertinggal dan menyebabkan masalah kulit di kemudian hari.

Itulah beberapa tips perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit lengket saat cuaca panas. Pastikan untuk melakukan rutinitas kecantikan yang tepat agar wajah tetap glowing dalam cuaca apapun!

 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya