Menjaga Elegansi, Ini 5 Sikap yang Harus Dijauhi untuk Tampil Berkelas

Jika ingin dianggap berkelas dan elegan oleh banyak orang, terapkan sikap ini.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 24 Sep 2024, 09:34 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2024, 09:34 WIB
karir mandiri single bahagia kaya raya tangguh tegar
gambar wanita bekerja/Foto oleh Karolina Kaboompics/Pexels

Liputan6.com, Jakarta Sikap seseorang di hadapan orang lain sering kali menjadi kesan pertama yang mereka tangkap. Apa yang dilihat dan didengar akan membentuk persepsi dan penilaian mereka. Sikap ini wajar, karena setiap orang cenderung menilai orang lain dengan cara serupa. Namun, akan menjadi masalah jika selama ini menunjukkan sikap yang tidak berkelas atau tidak elegan, yang pada akhirnya merusak citra diri sendiri.

Menjaga elegansi bukan hanya soal penampilan fisik, tetapi juga mencakup perilaku, cara berbicara, dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Elegansi adalah tentang memancarkan keanggunan dan kepercayaan diri tanpa harus berlebihan. Ini adalah kualitas yang membuat seseorang tampak menarik dan terhormat di mata orang lain. Oleh karena itu, penting untuk menghindari sikap-sikap yang dapat merusak kesan elegan tersebut.

Sikap-sikap ini tidak hanya merugikan citra diri, tetapi juga dapat mempengaruhi hubungan dengan orang lain. Dengan mengenali dan menghindari sikap-sikap ini, seseorang dapat lebih mudah memancarkan kesan yang positif dan berkelas di berbagai situasi. Mari telusuri lebih lanjut lima sikap yang harus dijauhi untuk menjaga elegansi dan tampil berkelas, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (24/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Hindari Bergosip

karakter zodiak
ilustrasi wanita bekerja/Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels

Kebiasaan bergosip dapat berdampak negatif pada citra diri, karena dianggap suka ikut campur, membahas apa yang tidak benar, menyebarkan rumor atau fitnah, serta mengungkap aib orang lain dan kesan negatif lainnya. Menghindari gosip tidak hanya penting untuk menjaga reputasi, tetapi juga untuk membentuk karakter yang kuat dan dapat dipercaya. Orang yang elegan dan berkelas menjauhi kegiatan tidak bermanfaat ini dalam hidup mereka.


2. Jangan Berkata Kasar

bekerja karir serius ketus dingin jutek cantik dewasa mandiri ekspresi wajah
gambar wanita rapi/Foto oleh David Manzyk/Pexels

Perempuan berkelas dan elegan sangat menghindari kata-kata kasar dan umpatan karena ada pepatah 'mulutmu harimaumu'. Artinya, apa yang diucapkan dapat mencerminkan karakter seseorang di mata orang lain. Ketika seorang perempuan mampu menjaga etikanya dengan berbicara baik dan sopan, ia akan lebih dihargai dan dihormati. Ia juga akan lebih disegani karena mampu menghindari ucapan yang buruk dan tidak pantas.


3. Mengenakan Pakaian yang Pantas

baju hitam jas berkelas
gambar wanita anggun/Foto oleh Hidayət İsgəndərsoy/Pexels

Pakaian mencerminkan harga diri dan martabat yang harus dipelihara. Walaupun banyak tren mode yang kreatif dan unik, memilih pakaian dengan tepat akan memberikan kesan tertentu pada pandangan orang lain. Pakaian yang baik dan sopan akan membuatmu terlihat elegan. Meskipun kamu memiliki hak penuh untuk menentukan apa yang ingin kamu kenakan setiap hari, terkadang mengikuti standar kesopanan yang berlaku di masyarakat juga penting.


4. Berbicara Secukupnya

kuliah senyum cantik teman
ilustrasi perempuan belajar/Photo by Charlotte May/Pexels

Untuk dianggap elegan dan berkelas, berbicaralah seperlunya dan fokus pada tindakan yang penting. Hindari membuang waktu dengan kalimat-kalimat yang tidak bermakna. Manfaatkan waktumu untuk aktivitas yang lebih produktif. Tidak semua komentar perlu ditanggapi, terutama jika mereka tidak benar-benar mengenalmu. Ketenangan sering kali menjadi kunci untuk tampil berkelas dan elegan.


5. Hindari Rokok

Bungkus Rokok atau Kemasan Rokok
Ilustrasi Foto Kemasan Rokok (iStockphoto)

Merokok tidak hanya merugikan kesehatan, tetapi juga sering dianggap kurang pantas dalam pandangan masyarakat secara umum. Oleh karena itu, sebaiknya anda tidak hanya memperbaiki sikap tetapi juga mengubah kebiasaan kecil seperti merokok dan minum minuman keras.

Seorang perempuan yang elegan dan berkelas akan berusaha menghindari kesan buruk dan negatif karena ia menyadari bahwa sikap tersebut tidak diperlukan dalam hidupnya, dan masih banyak tindakan berguna lainnya yang bisa dilakukan.

Itulah beberapa tanda sikap yang membuatmu dianggap berkelas dan elegan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya