15 Ide Jualan Makanan Ringan dengan Modal Kecil, Raup Keuntungan Berlipat

Ada banyak ide jualan makanan ringan dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat yang bisa kamu jadikan referensi.

oleh Ayu Rifka Sitoresmi diperbarui 01 Okt 2024, 12:00 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2024, 12:00 WIB
15 Ide Jualan Makanan Ringan dengan Modal Kecil, Raup Keuntungan Berlipat
ilustrasi umkm kuliner | pexels.com/@olly

Liputan6.com, Jakarta PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja adalah kondisi di mana seseorang diberhentikan dari pekerjaannya oleh perusahaan tempat ia bekerja. Situasi ini dapat terjadi karena berbagai alasan, seperti restrukturisasi perusahaan, penurunan kinerja ekonomi, atau perubahan teknologi yang mengakibatkan pengurangan tenaga kerja. PHK seringkali membawa dampak signifikan bagi kehidupan seseorang, baik secara finansial maupun psikologis.

Bagi mereka yang terdampak PHK, memulai usaha jualan makanan ringan bisa menjadi solusi yang menjanjikan untuk bangkit kembali. Bisnis makanan ringan memiliki potensi pasar yang luas, mengingat konsumsi camilan adalah kebiasaan yang umum di masyarakat. Selain itu, usaha ini relatif mudah dimulai dengan modal kecil dan dapat dijalankan dari rumah, meminimalkan biaya operasional.

Ide jualan makanan ringan dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan keuntungan berlipat antara lain adalah dimsum, soft cake, dan dessert box. Ketiga produk ini menggunakan bahan baku yang mudah didapat dengan harga terjangkau, namun dapat dijual dengan margin keuntungan yang cukup tinggi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai ide jualan makanan ringan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/10/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bruule Bomb

15 Ide Jualan Makanan Ringan dengan Modal Kecil, Raup Keuntungan Berlipat
Ilustrasi kelas masak. (dok. Max Delsid/Unsplash)

Jajanan trendy yang sedang viral belakangan ini, Bruule Bomb bisa menjadi inspirasi usaha yang menjanjikan. Kudapan lezat ini dapat Anda tawarkan dalam versi beku. Camilan yang memiliki perpaduan rasa manis dan gurih ini berbentuk bulat mirip bitterballen, namun dengan lapisan karamel renyah di luarnya.

Ide bisnis makanan ringan Bruule Bomb mulai populer ketika selebriti Nagita Slavina meluncurkan lini produknya, yang memicu rasa penasaran banyak orang. Terbuat dari bahan-bahan berkualitas seperti bawang bombay, bawang putih, daging asap atau sosis, mentega, tepung terigu, susu cair, dan keju mozzarella, hidangan ini menawarkan harmoni rasa yang menggugah selera. Variasi rasa dan topping yang beragam, seperti matcha, cokelat, atau buah-buahan, dapat menambah daya tarik produk ini.

2. Dessert box

Jika Anda berbakat dalam menciptakan aneka kue basah seperti brownies, tiramisu hingga tart marie, Anda bisa mengeksplorasi peluang bisnis dessert box, yaitu sajian kue dalam wadah kaca atau plastik yang menarik. Hidangan penutup ini merupakan tren kuliner yang sedang diminati berbagai kalangan.

Makanan manis ini dapat Anda kreasikan sekreatif mungkin dan berpotensi memberikan keuntungan yang menggiurkan dengan strategi pemasaran yang tepat. Anda dapat memanfaatkan platform media sosial hingga e-commerce untuk membantu memasarkan produk dessert box Anda. Inovasi dalam penyajian, seperti menggunakan kotak yang dapat didaur ulang atau menambahkan elemen surprise di dalamnya, bisa menjadi nilai tambah yang menarik minat pelanggan.

2. Makaroni dan Basreng

Camilan seperti makaroni hingga basreng renyah bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Pasalnya, ide bisnis makanan ringan ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Segmen pasarnya pun luas, karena makanan semacam ini disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Anda bisa menginovasikannya dengan berbagai varian rasa dan menjualnya dengan mudah melalui berbagai saluran distribusi.

Untuk meningkatkan daya saing, Anda bisa memfokuskan pada penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi atau menciptakan varian unik yang belum ada di pasaran. Misalnya, pasta goreng dengan bumbu khas daerah atau bakso goreng dengan isian keju meleleh.

4. Jajanan pasar

Meskipun zaman terus berubah, namun jajanan pasar ternyata masih banyak dicari dan digemari. Bahkan masih sering kita temui kotak snack yang berisi aneka kue pasar. Fenomena ini masih sangat potensial untuk dikembangkan menjadi bisnis kuliner yang menjanjikan.

Anda bisa membuka gerai aneka kue tradisional dengan membuatnya sendiri atau bermitra dengan pengrajin kue di pasar terdekat, lalu memasarkannya kembali dengan nilai tambah tersendiri. Inovasi dalam kemasan atau penyajian, seperti membuat versi mini atau menyajikannya dalam bentuk hampers, bisa menjadi strategi untuk menarik minat konsumen modern.

5. Bomboloni

Ide bisnis kuliner berikutnya adalah menjual bomboloni yang mirip dengan donat konvensional. Perbedaannya, bomboloni tidak memiliki lubang di tengahnya. Sebaliknya, donat ini diisi dengan beragam pilihan rasa vla atau krim yang banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Hidangan donat yang berasal dari Italia ini bisa menjadi ide bisnis makanan yang menguntungkan. Proses pembuatannya pun hampir serupa dengan donat biasa. Usaha camilan ini bisa Anda kembangkan sekreatif mungkin. Misalnya, menerima pesanan untuk acara spesial seperti ulang tahun atau pernikahan. Anda juga bisa bereksperimen dengan isian yang unik, seperti mengombinasikan rasa-rasa lokal dengan teknik pembuatan donat Italia, menciptakan fusion food yang menarik.


6. Dimsum

15 Ide Jualan Makanan Ringan dengan Modal Kecil, Raup Keuntungan Berlipat
Ilustrasi dimsum/copyright fimela/daniel kampua

Dimsum adalah kudapan khas Tiongkok yang sangat digemari di Indonesia dan kerap hadir dalam daftar menu restoran. Anda dapat menjadikannya sebagai inspirasi wirausaha kuliner. Anda bisa memproduksi dimsum untuk penjualan langsung atau sebagai makanan beku siap saji. Beberapa varian dimsum yang laris dan populer di Indonesia meliputi Siomay atau Shu Mai, Bakpao atau Bao Zi, Pangsit Kuah atau Xiao Long Bao, Ceker Angsio atau Zheng Feng Zhua, Hakau atau Har Gow, Mantou atau Mantau, dan Lumpia atau Chun Juan.

7. Soft cake

Ide jualan makanan ringan yang berikutnya adalah soft cake. Perlu diketahui bahwa proses produksinya cukup menantang bagi pemula. Sebenarnya, soft cake terlihat seperti biskuit pada umumnya. Tetapi, di bagian dalam kue memiliki tekstur yang empuk dan terdapat lapisan saus cokelat atau vanila.

8. Salad buah

Berikutnya, Anda bisa mencoba untuk menyediakan layanan antar salad buah segar. Kuncinya adalah Anda harus menyajikannya dengan buah-buahan berkualitas untuk membangun loyalitas pelanggan, dilengkapi dengan saus mayones dan taburan keju. Anda bisa mempromosikannya melalui platform digital dan menampilkan keunikan produk yang akan Anda tawarkan. Misalnya salad buah khusus untuk program penurunan berat badan dan sebagainya.

9. Pisang cokelat

Ide bisnis camilan berikutnya adalah pisang berlapis cokelat atau pisang karamel. Makanan ini telah lama populer dan masih digemari berbagai lapisan masyarakat. Anda tinggal menyesuaikan dengan segmen pasar yang dituju. Jika dipasarkan di lingkungan sekolah, buatlah versi mini agar dapat dijual dengan harga lebih terjangkau.

10. Keripik kentang

Selanjutnya, ada keripik kentang yang beberapa kali menjadi tren dengan penampilan unik. Ada keripik kentang yang diproduksi tipis bulat, tipis bergelombang, hingga berulir atau spiral. Anda bisa memilih bentuk yang kira-kira paling diminati segmen pasar yang sesuai. Tentunya sediakan beragam pilihan rasa untuk meningkatkan daya tarik produk.


11. Timus

15 Ide Jualan Makanan Ringan dengan Modal Kecil, Raup Keuntungan Berlipat
Ilustrasi keripik singkong.

Timus  adalah kudapan berbahan dasar ubi. Ubi yang dilumatkan dicampur dengan tepung tapioka dan beragam bahan lainnya. Setelah dibentuk memanjang, adonan ini digoreng hingga keemasan. Timus memiliki cita rasa manis dan gurih. Anda bisa mengkreasikannya dengan berbagai isian, seperti gula merah, durian, cokelat, dan lain sebagainya.

12. Singkong Keju

Singkong keju juga dapat menjadi inspirasi bisnis camilan yang praktis dan ekonomis. Kunci kesuksesan dalam memproduksi makanan ini adalah bagaimana Anda dapat menghasilkan singkong goreng yang lembut di bagian dalam namun renyah di bagian luar. Hidangkan dengan taburan keju parut agar tampil lebih menarik dan berkelas.

13. Keripik Singkong

Singkong juga dapat diolah menjadi keripik. Seperti halnya chips kentang, Anda bisa mengirisnya tipis-tipis atau bisa juga dibentuk spiral yang lebih eye-catching. Yang terpenting, keripik ini harus memiliki tekstur renyah dan garing saat dikonsumsi. Tambahkan beragam varian rasa sesuai dengan preferensi konsumen.

14. Keripik Pisang

Pisang juga merupakan bahan baku yang dapat diolah menjadi berbagai produk, salah satunya adalah keripik. Keripik pisang dapat dibuat dengan rasa manis atau gurih. Chips pisang gurih dapat dikreasikan dengan bumbu keju, balado, jagung panggang, atau saus barbeque.

15. Pisang Goreng

Pisang juga dapat diolah menjadi pisang goreng yang sejak dahulu disukai berbagai kalangan. Terdapat beragam jenis pisang goreng yang dapat dipasarkan, misalnya pisang berlapis tepung yang sudah umum dijumpai, kemudian pisang molen, atau pisang goreng dengan beragam topping kekinian.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya