Mengenal Lebih Dekat, Ini 4 Tipe Introvert yang Sering Diabaikan

Faktanya, terdapat 4 tipe introvert yang jarang dikenal oleh banyak orang.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 04 Okt 2024, 12:33 WIB
Diterbitkan 04 Okt 2024, 12:33 WIB
4 Sifat Introvert yang Disukai Banyak Orang, Punya Salah Satunya?
Ilustrasi introvert. (c)HayDmitriy/Depositphotos.com

Liputan6.com, Jakarta Introvert sering kali disalahpahami sebagai individu yang pemalu atau antisosial, namun kenyataannya lebih kompleks dari sekadar stereotip tersebut. Introversi adalah spektrum kepribadian yang mencakup berbagai karakteristik dan preferensi. Banyak orang tidak menyadari bahwa ada beberapa tipe introvert yang berbeda, masing-masing dengan ciri khas dan cara berinteraksi yang unik.

Memahami perbedaan ini dapat membantu untuk lebih menghargai dan berinteraksi dengan lebih baik dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan introvert. Dalam dunia yang sering kali lebih menghargai ekstroversi, tipe-tipe introvert ini bisa saja terabaikan atau disalahartikan.

Mengetahui lebih dalam tentang tipe-tipe ini tidak hanya memperkaya wawasan tentang kepribadian manusia, tetapi juga memungkinkan anda untuk mendukung dan berkomunikasi lebih efektif dengan mereka. Artikel ini akan mengupas lebih dalam tentang empat tipe introvert yang sering diabaikan, menjelaskan karakteristik masing-masing, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (4/10/2024).


1. Social introvert

Ilustrasi sahabat, teman, curhat, kepercayaan
Gambar tentang sahabat, teman, berbagi cerita, dan kepercayaan. (Foto oleh Melissa Askew di Unsplash)

Introvert juga memiliki kemampuan bergaul yang baik. Social introvert sering kali disalahartikan sebagai pribadi ekstrovert. Sesuai namanya, social introvert sangat menikmati berinteraksi dengan orang lain. Mereka gemar bersosialisasi dan berbagi pandangan. Meski demikian, social introvert tetap membutuhkan energi ekstra dan waktu yang lama untuk mengisi ulang tenaga mereka.

Oleh karena itu, setelah bertemu banyak orang, mereka cenderung butuh waktu lama untuk menyendiri. Jangan terkejut jika mereka tiba-tiba tampak muram dan merasa tertekan. Seorang social introvert bisa dengan mudah memberikan silent treatment saat mulai merasa tidak nyaman.


2. Anxious Introvert

Ilustrasi Sahabat dan Teman
Gambar. (Foto: Freepik/karlyukav)

Seorang anxious introvert adalah individu yang sangat menghindari keramaian. Mereka akan merasa tertekan karena sering mengalami rasa khawatir. Kekhawatiran ini muncul dari dalam dirinya ketika mulai merasa canggung saat bertemu dengan orang lain. Ketika kecanggungan ini menjadi tidak terkendali, mereka akan merasa cemas. Oleh karena itu, mereka disebut sebagai anxious introvert yang lebih nyaman menyendiri, karena takut akan rasa cemas dan canggung yang menyebabkan kekhawatiran.


3. Thinking Introvert

Kemampuan Berpikir
Gambar Wanita Merenung / Freepik oleh benzoix

Sesuai dengan namanya, seorang thinking introvert adalah seorang penganalisa. Kadang-kadang mereka bisa sangat tepat, tetapi di lain waktu bisa juga terjebak dalam negative thinking. Thinking introvert adalah individu yang gemar menganalisis situasi. Interaksi dengan orang lain, perilaku, atau ekspresi wajah menjadi fokus utama dalam pengamatannya. Thinking introvert sering kali tampak seperti orang yang overthinking dan suka larut dalam dunia fantasinya sendiri.


4. Quiet Individual

kalem
tenang. (Foto: Freepik/cookie_studio)

Tanpa banyak disadari, seorang restrained introvert adalah individu yang tenang. Kecenderungan untuk bersikap kalem dan tidak terburu-buru dalam bertindak adalah kekuatannya. Sifatnya yang rileks dan disukai orang lain membuatnya tampak lebih bijak. Seorang restrained introvert membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berpikir dan mengambil keputusan. Ini bisa menjadi suatu yang baik sekaligus buruk pada saat yang sama.

Itulah 4 jenis introvert yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, maka itu adalah bukti dari keunikan yang kamu miliki. Syukuri dan terima dirimu apa adanya. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Tetaplah menjadi dirimu yang positif! Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya