5 Panduan Utama Memilih Sunscreen, Perlindungan Maksimal dari Sinar UV

Untuk perlindungan optimal, penting memilih sunscreen yang tepat untuk perawatan kulit harian. Apa saja kriteria yang perlu diperhatikan?

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 22 Okt 2024, 15:24 WIB
Diterbitkan 22 Okt 2024, 15:24 WIB
Ilustrasi penggunaan sunscreen
Sunscreen merupakan perisai yang melindungi kulit dari paparan sinar UV. (Foto: Pexels/Yaroslav Shuraev)

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sudah terbiasa menggunakan sunscreen setiap hari? Langkah dalam perawatan kulit ini sering kali dianggap sepele karena banyak produk makeup yang sudah mengandung SPF. Namun, penting untuk diingat bahwa SPF dalam makeup tidak seefektif sunscreen khusus. Paparan sinar UV dari matahari dapat memberikan dampak serius pada kesehatan kulit, seperti penuaan dini, kerusakan sel, dan risiko kanker kulit.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen yang tepat sangat penting untuk memastikan kulit mendapatkan perlindungan optimal dari bahaya sinar UV. Memilih sunscreen yang tepat bukan hanya soal memilih produk dengan SPF tinggi, tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti jenis kulit, aktivitas harian, dan kebutuhan khusus lainnya.

Dengan memahami cara memilih sunscreen yang tepat, anda dapat memastikan perlindungan maksimal bagi kulit dari efek merusak sinar matahari. Mari jelajahi panduan ini untuk menemukan tips dan trik dalam memilih sunscreen yang terbaik untuk kebutuhan kulitmu, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/10/2024).

1. Ketahui Jenis Kulit Anda

Tips Memilih Sunscreen agar Kulit Terlindungi dari Sinar UV dengan Baik
Gambar wanita memakai tabir surya. (c) Mike Murray/Pexels.com

Setiap individu memiliki jenis kulit yang bervariasi. Ada yang memiliki kulit kering, berminyak, rentan berjerawat, kombinasi, hingga sensitif. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan bahan-bahan yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, sebaiknya pilih sunscreen yang mengandung banyak bahan pelembap seperti ceramide. Bahan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan dan menjaga lapisan pelindung kulit atau skin barrier. Sebaliknya, jika kulitmu cenderung berminyak, sebaiknya pilih formula yang dapat mengontrol produksi minyak, seperti niacinamide. Zat ini tidak hanya berfungsi untuk mencerahkan, tetapi juga membantu mengendalikan produksi minyak.

2. Pilih SPF yang Tepat

Tips Memilih Sunscreen agar Kulit Terlindungi dari Sinar UV dengan Baik
Gambar produk tabir surya. (c) Kaboompics.com/Pexels.com

Selain memperhatikan jenis kulit, penting juga untuk mempertimbangkan nilai SPF. SPF (Sun Protection Factor) menentukan durasi perlindungan kulit dari sinar matahari. Untuk aktivitas sehari-hari, disarankan memilih sunscreen dengan SPF minimal 30. Namun, jika sering berada di luar atau terkena sinar matahari langsung, sebaiknya gunakan sunscreen dengan SPF 50 atau lebih tinggi.

SPF yang lebih tinggi menawarkan perlindungan lebih baik, tetapi tetap perlu mengaplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam, terutama saat berada di luar ruangan, agar perlindungan yang diberikan tetap optimal.

3. Pilih yang Spektrum Perlindungannya Luas

Tips Memilih Sunscreen agar Kulit Terlindungi dari Sinar UV dengan Baik
Gambar wanita di luar. (c) Pixabay/Pexels.com

Selain memastikan SPF yang tepat, penting juga untuk memilih perlindungan spektrum luas. Perlindungan ini berfungsi menjaga kulit dari sinar UVA dan UVB yang dipancarkan matahari.

Sinar UV terdiri dari dua tipe utama: UVA dan UVB. UVA dapat menembus lebih dalam ke kulit dan menyebabkan penuaan dini, sementara UVB menyebabkan kulit terbakar dan merusak lapisan luar. Namun, jangan khawatir, dengan menggunakan sunscreen berlabel broad spectrum, kamu dapat melindungi kulit dari kedua jenis sinar tersebut. Jadi, pastikan untuk memilih produk yang tepat!

4. Cobalah Pilihan yang Tahan Air (Waterproof)

Tips Memilih Sunscreen agar Kulit Terlindungi dari Sinar UV dengan Baik
Gambar wanita sedang berlibur. (c) Min An/Pexels.com

Apabila kamu sering terlibat dalam aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti berenang atau olahraga lainnya yang menyebabkan keringat, menggunakan sunscreen dengan formula tahan air atau waterproof dapat memberikan perlindungan yang lebih optimal.

Produk ini didesain agar tetap menempel pada kulit meskipun terkena air atau keringat. Namun, perlu diingat bahwa formula tahan air tidak memberikan perlindungan yang abadi. Efektivitasnya bisa menurun, terutama saat terkena air dan keringat. Oleh karena itu, penting untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 40-80 menit, ya!

5. Cermati Rumusnya

Tips Memilih Sunscreen agar Kulit Terlindungi dari Sinar UV dengan Baik
Gambar tekstur tabir surya. (c) Polina Tankilevitch/Pexels.com

Sunscreen tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, gel, spray, dan stik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Produk dengan tekstur krim sangat cocok untuk kulit kering karena memberikan kelembapan tambahan. Sebaliknya, gel yang ringan dan tidak lengket lebih sesuai untuk kulit berminyak. Pastikan untuk memilih formula yang cocok dengan jenis kulit dan situasi pemakaian agar hasilnya lebih maksimal.

Bagi yang sering bepergian, sunscreen dalam bentuk stik atau spray dapat menjadi solusi praktis. Stik mudah diaplikasikan pada wajah, sementara spray memungkinkan penggunaan cepat di seluruh tubuh. Dengan memilih jenis yang tepat, Anda bisa mendapatkan perlindungan optimal sekaligus kemudahan dalam penggunaannya.

Itulah beberapa saran untuk memilih sunscreen yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli produk tersebut. Jangan sampai salah pilih lagi, karena wajah yang sehat adalah wajah yang terlindungi dengan benar dan tepat!

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya