Surat Suara Tertukar, 9 TPS di Yogya Coblos Ulang Hari Ini

Pencoblosan ulang ini akibat surat suara tertukar dengan Dapil Sleman.

oleh Yanuar H diperbarui 13 Apr 2014, 12:26 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2014, 12:26 WIB
Pemilih dengan memakai kostum pesepakbola, memasukkan surat suara, usai pencoblosan Pilkada Surabaya di TPS 45 Moro Krembangan, Krembangan, Surabaya, Rabu (2/6). (Antara)

Liputan6.com, Yogyakarta - Pemungutan suara atau pencoblosan ulang hari ini digelar di sejumlah daerah. Di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), terdapat 9 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menggelar pencoblosan ulang, di wilayah Bantul 2 TPS dan di Gunungkidul 7 TPS.

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Organisasi Data Informasi Bawaslu RI Endang Wihdatining Tyas mengatakan, pencoblosan ulang itu akibat surat suara tertukar dengan surat suara dapil Sleman. Karena itu perlu dilakukan pengulangan di dua suara.

"Ada 9 TPS yang diulang 7 di Gunungkidul dan 2 di Bantul. Khusus di Bantul karena terjadi tertukarnya surat suara dengan dapil di Sleman. Kita lihat memang ada kesalahan manusia saat penyortiran surat suara," kata Endang kepada Liputan6.com, DIY, Minggu (13/04/2014).

Endang menilai, pengulangan pencoblosan di 9 TPS terjadi akibat human error atau kesalahan manusia. Kesalahan terjadi saat menyortir atau memilah surat suara. Namun kesalahan ini belum dapat dipastikan apakah akibat kesengajaan atau memang benar-benar kesalahan murni.

Kendati, menurut Endang, proses pencoblosan di Bantul 9 April lalu berjalan lancar dan kemungkinan tidak ada pelanggaran. "Kalau mau lihat ke sana harus ditelusuri, panwas setempat bisa klarifikasi. Tapi kita lihat memang karena tidak ada kesengajaan. Masyarakat antusias mengikuti coblos ulang di Wukirsari tadi pagi sudah ngumpul."

Sementara Camat Imogiri Sigit Subroto mengatakan, di wilayahnya ada 2 TPS yang menggelar pencoblosan ulang yaitu TPS 5 Jati, Sriharjo, Imogiri dan TPS 34 Wukirsari, Jatirejo, Imogiri Bantul. Pengulangan ini karena tertukar surat suara dengan dapil di Sleman.

Sigit juga menyebutkan, pencoblosan di wilayahnya berjalan lancar pada 9 April lalu. "Ada kekeliruan dapil dan sudah masuk kotak. TPS ada 309 Pemilih sementara di TPS ada 398 pemilih. Kita sebut masih kondusif, ya," tegas Sigit.  (Yus Ariyanto)


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya