Puskapol UI Luncurkan Website Pengolahan Data Rekaptulasi Pemilu

Hasil rekapitulasi perolehan suara partai politik yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya berupa data mentah.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 20 Jun 2014, 15:39 WIB
Diterbitkan 20 Jun 2014, 15:39 WIB
KPU Pastikan DPT Bermasalah Bakal Berkurang
(Antara Foto)

Liputan6.com, Jakarta - Hasil rekapitulasi perolehan suara partai politik yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hanya berupa data mentah. Bagi para masyarakat yang menginginkan hasil rekapitulasi hasil pemilu hingga tingkat Kabupaten, kini sudah bisa dipatkan.

Sebab, Pusat Kajian Politik (Puskapol) Universitas Indonesia merilis website yang menyajikan hasil data rekapitulasi yang sudah diolah menjadi tiga tampilan yaitu peta spasial, tabel, dan grafik.

Manajer Riset dan Pusat Data Puskapol Dirga Ardiansyah mengatakan pengolahan data oleh pihaknya telah dilakukan studi sejak 2 tahun lalu. Data-data tersebut dapat diaekses di website www.datapolitik.org. Sistem pengolahan datanya, kata Dirga, telah diatur sedemikian rupa dan dapat diperoleh dalam bentuk peta, grafik atapun tabel.

"Jika sudah masuk ke web ini, kita dapat melihat perolehan suara partai politik tertentu untuk sejauh mana partai tersebut unggul di beberapa wilayah. Dan berapa jumlah perolehan suaranya," kata Dirga saat memberikan pemaparannya di Gedung F, Fisip UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (20/6/2014).

Dijelaskan Dirga, para pengguna website dapat memilih jenis tampilan data apa yang diinginkan, semisal tampilan peta spasial. Dalam peta spasial ini, pengguna dapat dengan mudah melihat perolehan suara partai politik tertentu di seluruh wilayah Indonesia hingga tingkat perolehan suara di tiap kabupatennya.

"Dengan tampilan bisa lebih mudah melihat peta perolehan suara parpol," tambah Dirga.

Selain itu, jika telah diperoleh hasilnya tersebut, pengguna juga bisa melihat tabel grafik perolehan suara partai politik tertentu di satu kabupaten atau provinsi dengan cara mengklik salah satu petunjuk di website tersebut untuk merubah tampilan peta spasial menjadi grafik atau tabel. Tak hanya itu, perolehan suara caleg juga dapat ditemukan di situs ini.

"Dari sini sudah bisa dilihat seberapa besar jumlah perolehan caleg di dapilnya masing-masing," jelas Dirga.

Sementara itu, Direktur Puskapol Tri Eko Budi Wardhani menambahkan data-data yang diolah menjadi beberapa tampilan tersebut didapat dipertanggung jawabkan dan secara resmi dari KPU. "Jadi kita hanya mengolah data dari KPU, kita tidak menambahkan atau mengurangi," ucap Tri.

Ditambahkan Tri, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pengumpulan data pemilu 2004 untuk melengkapi jumlah data yang telah ada saat ini. Tri mengatakan hingga kini pihaknya baru memperoleh data pemilu tahun 2009 dan tahun 2014.

"Kita akan mengumpulkan data di beberapa dapil baik itu DPRD, DPD, DPR RI termasuk perolehan kursi partai. Kita juga akan tampilkan data yang mendukung seperti indeks demokrasi yang telah diteliti oleh Bappenas misalnya," tambah Tri.

Namun sayang, situs tersebut belum maksimal dalam hal tampilannya ketika diakses melalui mobile phone. Jika para pengguna yang ingin melihat tampilan situs tersebut secara lengkap hanya bisa dilihat melalui komputer.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya