Dwikorita Karnawati Ditunjuk KPU Jadi Moderator Debat Cawapres

Penentuan itu berdasarkan hasil keputusan antara KPU dengan perwakilan dari kedua kubu pasangan capres dan cawapres.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 27 Jun 2014, 05:31 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2014, 05:31 WIB
Dwikorita
(www.pasca.geologi.ugm.ac.id)

Liputan6.com, Jakarta - Jelang debat calon wakil presiden, Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus melakukan persiapan. Salah satunya ialah menentukan moderator untuk memimpin jalannya debat yang akan berlangsung pada Minggu 29 Juni 2014 malam.

Setelah pada debat-debat sebelumnya KPU memilih moderator laki-laki, kali ini seorang wanita dipilih untuk memimpin jalannya debat antarcawapres. Siapakah dia?

"Seorang perempuan, dia wakil rektor dari UGM, namanya adalah Dwikorita Karnawati. Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dari UGM," kata komisioner KPU Hadar Nafis Gumay di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, JakartaPusat, Kamis (26/6/2014).

Menurut Hadar, ditentukannya Dwikorita sebagai moderator debat cawapres berdasarkan hasil keputusan antara KPU yang melakukan pertemuan dengan perwakilan dari kedua kubu pasangan capres dan cawapres.

"Kami kan sudah mengumpulkan 7 perempuan yang sudah kita kirimkan ke mereka. Mereka pilih 4 dan pilihannya itu Dwikorita ini. Yang kami ajukan dari awal kan juga begitu, kemudian jatuhnya ke siapa itu adalah ditentukan oleh apa yang dipilih oleh pasangan calon 1 dan 2," ujar Hadar.

Debat keempat yang akan mempertemukan antarcawapres pada Minggu 29 Juni ini bertemakan Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK.

Berikut 7 nominasi moderator debat bagi cawapres:
1. Rektor Universitas Terbuka, Tian Belawati.
2. Pakar IPTEK dari Institut Teknologi Bandung Megawati Santoso.
3. Wakil Rektor Universitas Gadjah Mada Dwikorita Karnawati.
4. Guru Besar dari Universitas Padjadjaran Ira Irawati.
5. Direktur EXPERD, kantor konsultasi SDM, Eileen Rachman.
6. Guru Besar Teknik Komputer di Departemen Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia (UI) Riri Fitri Sari.
7. Dosen Psikologi UI Corrina DS Riantoputra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya