Kejuaraan Catur Cepat Ramadhan Cup 2023 Digelar 8-9 April

Percasi rutin menggelar turnamen catur cepat selama bulan Ramadhan. Tahun 2023 ini agenda tersebut kembali dilaksanakan.

oleh Thomas diperbarui 08 Apr 2023, 00:00 WIB
Diterbitkan 08 Apr 2023, 00:00 WIB
Ilustrasi catur, pertempuran dalam hidup
Ilustrasi catur, pertempuran dalam hidup. (Photo by GR Stocks on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta- Turnamen catur JAPFA Ramadhan Cup kembali digelar. Pada edisi kali ini, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) menggelar turnamen rutin sepanjang bulan puasa ini di Wisma Menpora pada 8 sampai 9 April 2023.

Catur termasuk olahraga yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan. Karenanya pertandingan catur bisa dilakukan sejak siang hari karena tidak menguras kondisi fisik.

Percasi sudah lebih dari 10 tahun menggelar turnamen catur di bulan Ramadhan. Antusiasme pesertanya juga sangat tinggi.

Tahun lalu saja saat Covid-19 masih mengancam, JAPFA Ramadhan Cup diikuti 236 pecatur dari berbagai daerah di Indonesia.

“Catur adalah satu-satunya olahraga yang dapat dimainkan saat puasa sehingga Turnamen Ramadan Cup merupakan kompetisi tradisi yang selalu dilaksanakan oleh JAPFA,” ujar GM Utut Adianto, Ketua PB PERCASI saat membuat turnamen tahun lalu.

Detail jumlah peserta Ramadhan Cup 2023 akan diungkap saat pembukaan dan jumpa pers pada Sabtu siang WIB.


Juara Tahun Lalu

Ilustrasi risiko, bermain catur
Ilustrasi risiko, bermain catur. (Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash)

Tahun lalu Grand Master (GM) dari Rusia, Ruslan Shcherbakov menjadi juara turnamen catur JAPFA Ramadhan Cup. Ruslan pun berhak membawa pulang trophy dan hadiah Rp 10 juta.

Ruslan Shcherbakov yang merupakan pelatih Timnas Catur Indonesia ke SEA Games 2021 di Vietnam memastikan keluar sebagai juara pertama setelah bermain remis pada babak kesembilan atau terakhir melawan Master Nasional (MN) Eko Supriyono dari Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Memegang buah putih Ruslan tak memaksakan kemenangan pada laga terakhir melawan Eko. Karena hasil remis sudah cukup bagi Ruslan untuk mengunci gelar juara.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya