Syekh Ali Jaber Sebut 2 Golongan yang Paling Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat, Siapa Mereka?

Dua golongan yang akan dekat dengan Rasulullah SAW pada hari kiamat menurut Syekh Ali Jaber.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Agu 2024, 01:30 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 01:30 WIB
Kronologi Meninggalnya Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber Credit: dream.co.id

Liputan6.com, Jakarta - Ulama terkemuka, Syekh Ali Jaber mengungkapkan dua golongan yang akan paling dekat dengan Rasulullah SAW pada hari kiamat.

Hal ini disampaikan dalam sebuah ceramah di mana ia menekankan pentingnya amalan yang dapat mendekatkan umat kepada Rasulullah SAW di akhirat.

Syekh Ali Jaber menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, orang yang paling dekat dengan beliau pada hari kiamat adalah mereka yang senantiasa bersholawat kepadanya di dunia.

"Yang pertama, orang yang senantiasa di dalam dunianya selalu bersholawat kepada Rasul," ujar Syekh Ali Jaber, mengutip sabda Rasulullah SAW, dikutip dari kanal YouTube @CampSholawat. 

Ia menjelaskan bahwa bersholawat adalah bentuk penghormatan dan cinta kepada Nabi Muhammad SAW, yang pada gilirannya akan membuat seseorang mendapatkan kedekatan dengan beliau pada hari kiamat.

"Rasulullah SAW bersabda, orang yang paling dekat kepadaku hari kiamat adalah yang paling banyak berssholawat kepadaku," lanjut Syekh Ali Jaber.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Orang Ini akan Dekat dengan Rasulullah SAW

Keutamaan Sholawat Jibril Lainnya
ilustrasi bersholawat (Sumber: Pinterest.com/kalbarsatu id)

Selain mereka yang rajin bersholawat, Syekh Ali Jaber juga menyebutkan golongan kedua yang akan dekat dengan Rasulullah SAW, yaitu mereka yang memiliki akhlak mulia.

"Yang kedua, orang yang terdekat dengan Rasul nanti di hari kiamat adalah orang yang paling mulia akhlaknya," katanya.

Syekh Ali Jaber menekankan bahwa akhlak mulia adalah salah satu ciri utama yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW selama hidupnya, dan umat Islam dianjurkan untuk meneladani sifat-sifat mulia tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

"Rasulullah SAW adalah teladan terbaik dalam hal akhlak, dan siapa yang meneladaninya akan dekat dengan beliau di akhirat," ungkapnya.

Dalam pengajiannya, Syekh Ali Jaber juga menjelaskan bahwa memperbaiki akhlak tidak hanya mendekatkan seseorang kepada Rasulullah SAW, tetapi juga membawa kebaikan dalam kehidupan dunia.

"Akhlak yang baik akan membawa rahmat dan keberkahan, baik di dunia maupun di akhirat," ujar beliau.


Memiliki Akhlak Seperti Ini jug bisa Dekat

Sedekah Menjauhkanmu Dari Api Neraka
Ilustrasi Bersedekah Credit: freepik.com

Syekh Ali Jaber mengingatkan bahwa amal ibadah dan akhlak harus sejalan, karena keduanya merupakan kunci untuk mendapatkan ridha Allah SWT dan syafaat Rasulullah SAW.

"Ibadah tanpa akhlak yang baik tidak akan sempurna, begitu pula sebaliknya," kata Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber juga menyampaikan bahwa amalan berselawat dan menjaga akhlak yang mulia adalah bentuk nyata dari cinta kepada Rasulullah SAW.

"Cinta kepada Rasulullah tidak cukup hanya dengan kata-kata, tetapi harus diwujudkan dalam tindakan, seperti bersholawat dan meneladani akhlaknya," tambahnya.

Menurutnya, di tengah tantangan kehidupan modern, menjaga amalan berselawat dan akhlak mulia menjadi lebih penting dari sebelumnya.

"Di zaman sekarang, kita harus lebih giat dalam bersholawat dan menjaga akhlak karena godaan untuk melupakan keduanya sangat besar," jelasnya.

Syekh Ali Jaber berharap umat Islam dapat lebih memperhatikan kedua amalan ini dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa mendapatkan kedekatan dengan Rasulullah SAW di akhirat.

"Semoga kita semua termasuk dalam golongan yang dekat dengan Rasulullah SAW pada hari kiamat," tutup nya dalam pengajiannya.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya