Deretan Fakta Menarik Cascara, Minuman Teh yang Terbuat dari Kulit Kopi

Yuk simak fakta menarik minuman unik nan berkhasiat ini.

oleh Sabrina Julie diperbarui 03 Mar 2022, 09:01 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2022, 09:01 WIB
Mengenal Cascara, Minuman dari Daging Buah Kopi
Kemanakah perginya daging buah yang membungkus biji kopi? Cascara jawabannya.

Liputan6.com, Semarang Sebagian orang mungkin sudah mengenal minuman unik ini, Cascara adalah minuman teh yang terbuat dari buah kopi. 

Dikenal memiliki segudang manfaat, teh herbal ini memiliki nama lain Coffee Cherry karena berasal dari kulit kopi yang dikeringkan. kata Cascara sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti (sekam atau kulit).

Minuman ini kian populer terutama di negara-negara penghasil kopi seperti Bolivia, Ethiopia dan Yaman, dan masih banyak lagi. 

Yuk simak beberapa fakta menarik dari minuman nikmat yang berkhasiat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Memiliki Cita Rasa yang Unik

Meskipun terbuat dari sekam kopi, banyak yang mengatakan bahwa minuman ini tidak terasa seperti kopi. Cita rasa yang ada pada cascara cenderung lebih asam dan segar, beberapa di antaranya menggambarkan rasa cascara seperti mangga, apel, buah persik, kayu manis, hingga kulit jeruk. Hal tersebut dipengaruhi dari letak penanaman tumbuhan kopi, proses serta pengolahannya. 


Dapat Mengecilkan Perut

Bagi yang tertarik memiliki perut langsing, meminum cascara dapat dijadikan sebagai salah satu solusi. Hal tersebut dikarenakan minuman ini memiliki kandungan asam khususnya asam Klorogenat.

Berdasarkan hasil penelitian dikatakan bahwa mengonsumsi kopi yang mengandung asam dapat mengurangi lemak di tubuh secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan asam memiliki sifat pemecah lemak. Namun perlu dipastikan jika sobat Liputan.6 tidak memiliki masalah dengan minuman yang memiliki kandungan asam tinggi ataupun minuman berkafein. 


Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Minuman dengan aroma yang khas ini juga diperkaya akan antioksidan, khususnya polifenol. Sejak dulu penelitian mengatakan bahwa polifenol merupakan salah satu zat yang baik untuk tubuh tertuma dalam menangkal radikal bebas. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun kandungan aktioksidan dalam cascara dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh. 

Nah berikut tadi beberapa fakta menarik dari cascara, apakah sobat Liputan.6 pernah mencoba meminumnya?

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya