Kondisi Perkemahan Titik 0 IKN Usai Ditinggalkan Rombongan Presiden, Warganet: Disewakan Pasti Banyak yang Minat

Penasaran? Langsung cuss tonton videonya!

oleh Arai Mahaka diperbarui 16 Mar 2022, 06:00 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2022, 06:00 WIB
8 Potret Jokowi dan Para Menteri Kemah di Titik 0 Km IKN, Gunakan Tenda Sederhana
Presiden Jokowi dan Menteri kemah di IKN (Sumber: Instagram/jokowi)

Liputan6.com, Semarang - Pada Senin (14/3/2022), sebuah prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi Indonesia di Titik Nol IKN Nusantara digelar. Acara yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut turut dihadiri oleh 34 gubernur serta beberapa menteri. Penyatuan tanah dan air itu menurut Jokowi jadi simbol kebhinekaan dan persatuan, serta tonggak sejarah bagi bangsa Indonesia yang hendak mewujudkan cita-cita besar pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara.

Malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana berkemah semalam di IKN dengan tenda yang sudah disiapkan oleh pihak Istana. Pada kesempatan itu Jokowi ditemani Gubernur Kaltim Isran Noor, serta sejumlah menteri. Mereka antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretariat Kabinet Pramono Anung, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Ada pula nama penting lain yang turut berkemah di IKN Nusantara. Ada Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN yaitu Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. Sementara berdasarkan unggahan Jokowi di Instagram, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga turut bermalam.

Menurut keterangan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, tenda Jokowi memiliki beberapa fasilitas. Mulai dari tempat tidur, meja lipat dan kursi, namun tidak ada pendingin ruangan (AC). Melengkapi tenda-tenda yang berdiri, ada juga kamar mandi darurat. Di dalamnya terlihat terdapat kloset duduk, ember, hingga shower. Di luarnya dilengkapi ada wastafel.

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Potret Area Kemah Usai Ditinggalkan Rombongan

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana meninggalkan tempatnya menginap di IKN Nusantara sekitar pukul 07.00 WITA menuju Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang membawa Jokowi dan rombongan lepas landas sekitar pukul 09.25 WITA menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang.

Setelah ditinggalkan rombongan Presiden Jokowi, sebuah rekaman kondisi area kemah di Titik Nol IKN Nusantara beredar di media sosial. Salah satunya diunggah Instagram info_sepaku. Diketahui video 20 detik itu direkam oleh Andi Rustandi M. Achsyar, anggota TNI yang bertugas di Koramil Sepaku.

"Lokasi kemah RI 1 terpantau sepi, setelah ditinggalkan oleh Pak Presiden @jokowi beserta rombongan kembali ke Jakarta pada pagi tadi. Sampai berjumpa kembali dikunjungan berikutnya ke IKN Nusantara, Sepaku Penajam Paser Utara. Alhamdulillah, seluruh rangkaian proses kegiatan berjalan dengan aman, lancar dan sukses." tulis info_sepaku menyertai unggahan videonya pada Selasa (15/3/2022) pagi.

 

 

 

 


Kesan Jokowi Berkemah di IKN Nusantara

Sementara Jokowi tak lupa membagikan pengalamannya bermalam di lokasi IKN Nusantara. Dengan bahasa puitis, Jokowi menyebut IKN Nusantara udaranya sejuk dan cuacanya cerah.

"Bulan menjelang purnama pun sampai terlihat dari sela pepohonan." tuturnya.

Selain itu, ia juga sempat menikmati suasana malam IKN Nusantara dengan ngobrol santai bersama para pembantunya di pemerintahan. 

"Sekitar pukul sepuluh, saya keluar dari tenda. Pak Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang tendanya tak jauh dari saya rupanya juga sedang di luar. Penghuni tenda-tenda lainnya, para menteri pun nimbrung. Jadilah kami berbincang santai di bawah langit IKN yang cerah." kisahnya.

Menjelang tengah malam barulah mereka kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

 


Komentar Warganet

Unggahan telah mendapat 2.000 tayangan dan sederet komentar dari warganet.

"Buatnya berhari-hari dipakainya 2 hari," komentar al_sulaiman32.

"Coba disewakan, pasti banyak yang berminat," usul kabarterkiniya.

"Bisa disewa kah min? Sayang kalau mau dibongar. Ya siapa tau nanti uangnya bisa buat tambah-tambah bangun IKN," seloroh muhamadnurcholis1415.

"Jadi wisata dadakan keren tuh," tulis agung.try.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya