Siap - Siap Nih, Polri Buka Pendaftaran untuk Akpol, Bintara dan Tamtama : Catat Link Resminya Ya

Polri membuka pendaftaran calon anggota kepolisian secara terpadu pada 2022.

oleh Inung Budiarto diperbarui 22 Mar 2022, 13:37 WIB
Diterbitkan 22 Mar 2022, 13:37 WIB
Kemeriahan HUT Bhayangkara di Monas
Aksi marching band taruna Akademi Kepolisian memeriahkan upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Silang Monas, Jakarta, Senin (10/7). Acara ini menampilkan berbagai atraksi dari masing-masing kesatuan Polri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Semarang - Kabar gembira bagi warga Jawa tengah (Jateng) dan sekitarnya yang ingin mengabdikan diri kepada negara melalui jalur kepolisian. Saat ini, pihak Polri bersiap menerima para anggota baru untuk berbagai strata.

Seperti apa yang tertera di akun Youtube Penyediaan Personel, proses penerimaan terpadu anggota Polri bakal menjadi kesempatan besar putra-putri Indonesia untuk mengabdi. Saat ini, proses pendaftaran masih belum dibuka, namun pihak Polri sudah mengumumkan pendaftaran anggota kepolisian, mulai dari Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara dan Tamtama.

Namun, sampai saat ini pihak Polri belum mengungkapkan kapan waktu pembukaan pendaftaran untuk masuk ke Akpol, Bintara dan Tamtama. Namun, bagi warga Jateng yang tertarik, pihak Polri sudah mengumumkan beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan terlebih dulu.

Bahkan, Polri sudah memberikan pengumuman terkait pengunduhan berkas persyaratan, yakni di situs penerimaan.polri.go.id. Perlu diketahui, alamat situs tersebut akan digunakan terus, terutama sebagai platform pendaftaran anggota Polri, yang dilakukan secara daring.

Ketika Liputan6.com Jateng mengakses laman tersebut, sudah bisa diakses namun pilihan pendaftaran belum bisa dibuka. Satu yang bisa membantu, ada konten di laman tersebut yang mengarahkan pengunjung ke akun Youtube Penyediaan Personel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak yang Menarik


Isi Informasi

Parade Asian Games
Siswa Akademi Kepolisian melakukan atraksi saat Parade Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (13/5/2018). Parade ini diadakan untuk mempopulerkan multievent empat tahunan tersebut. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Nah, di akun tersebut terdapat beragam informasi penting terkait proses pendaftaran penerimaan terpadu Polri tahun 2022. Nantinya, kalau sudah berjalan, para pengunjung bisa mengakses laman tersebut untuk mengetahui jadwal seleksi, tata cara pendaftaran sampai petunjuk pemakaian.

Warga Jateng, jangan sampai salah menyiapkan berkas persyaratan ya, karena ada yang sifatnya umum dan tambahan. Beberapa syarat umum antara lain berstatus warga negara Indonesia. Jika warga negara lain boleh, asalkan ketika mendaftar sudah mengantungi status WNI.

Syarat umum lainnya adalah sehat jasmani dan rohani, tidak terlibat dari pidana dan minimal berusia 18 tahun. Selain syarat umum, ada juga syarat tambahan atau khusus.

Seperti ucapan AKBP Eko Sunaryo di kanal YouTube Penyediaan Personel, persyaratan khusus berlaku setelah keputusan penyelenggaraan pendaftaran terpadu anggota Polri 2022.

"Karena belum ada pendaftaran, kami mengimbau mulai sekarang harus memersiapkan terlebih dulu administrasi secara umum. Hal penting lain, harus bersiap dengan kondisi fisik bagus, kesehatan dan akademik," jelas Eko.

 


Syarat Umum

Akademi Polisi
Akademi Polisi

Eko berpesan, seluruh calon anggota Polri mempersiapkan diri dengan maksimal. "Polri membutuhkan personel-personel yang mumpuni, kompeten, dan unggul," tegasnya.

Berikut ini daftar syarat administrasi umum yang sudah mulai dipersiapkan jika ingin mendaftar pada program penerimaan terpadu anggota Polri tahun 2022 :

- Ijazah asli maupun fotokopi (SD, SMP, SMA) yang sudah dilegalisir

- Akta kelahiran

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

- Surat keterangan kesehatan

- Foto 4x6 10 lembar atau lebih

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya