Kembangkan Food Estate, Pemerintah Akan Cetak Satu Juta Hektar Sawah Untuk Tanaman Padi

Kabupaten Merauke diproyeksi menjadi wilayah pengembangan program Food Estate kedepan oleh pemerintah

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Agu 2024, 10:02 WIB
Diterbitkan 15 Agu 2024, 09:54 WIB
Kembangkan Food Estate, Pemerintah Akan Cetak Satu Juta Hektar Sawah Untuk Tanaman Padi
sosialisasi ke masyarakat Kampung Uli-uli Distrik Ilwayab Merauke Papua Selatan. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta Program pembangunan lahan pangan atau food estate terus di wilayah Timur Indonesia terus dikembangkan. 

Pada perkembangannya, Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan sosialisasi ke masyarakat Kampung Uli-uli Distrik Ilwayab Merauke Papua Selatan

Dansatgas BKO Ketahanan Pangan Kementan Mayjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, pemerintah akan melakukan cetak sawah seluas satu juta hektare di Merauke sampai pada Distrik Ngguti, 

"Kami terus lakukan sosialisasi dan kali ini kami sosialisasi kepada puluhan warga terkait program pemerintah kedepan," kata Ahmad Rizal, Rabu (14/8/2024).

Ia menjelaskan, Kabupaten Merauke memiliki dataran luas. Selain itu, kabupaten tersebut juga memiliki lahan datar dan tanah yang subur.

Sehingga, berpotensi dikembangkan menjadi lebih luas. Ia mengatakan, sejumlah komoditas pangan dipastikan bisa ditanam di wilayah tersebut. 

“Maka dari itu Kabupaten Merauke khususnya Distrik Ilwayab akan kita bangun Lahan Persawahan khususnya Lahan Padi,” ungkap Rizal di gedung serbaguna Kampung Uli Uli.

Mayjen Rizal menambahkan, pada prosesnya, pemerintah harus melakukan pembangunan jalan dan dermaga. Pembangunan tersebut untuk memudahkan akses untuk pengembangan food estate. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alat Berat

Seperti memudahkan akses masuk sejumlah alat berat. Terutama memudahkan akses masuk masyarakat. 

“Pembangunan jalan bukan hanya untuk akses masuk Alat Berat tapi untuk masyarakat agar mempermudah untuk berpergian menuju Kampung atau Distrik sebelah,” tambahnya. 

Ia mengatakan, pembangunan jalan tersebut akan bermanfaat untuk warga. Empat distrik akan terhubung dengan jalan yang bagus. 

Rizal mengharapkan adanya dukungan masyarakat dan adat terkait hadirnya proyek nasional pemerintah. 

"Sehingga pekerjaannya berjalan lancar dan memberi kemakmuran untuk masyarkat Merauke dan kampung Uli uli pada khususnya," ujarnya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya