Kompetisi Barongsai Internasional akan Digelar di Tangsel

Ajang terbesar kompetisi barongsai di dunia akan dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 27 Mei 2014, 13:30 WIB
Diterbitkan 27 Mei 2014, 13:30 WIB
Kompetisi Barongsai
(Foto: Naomi Trisna)

Liputan6.com, Jakarta Untuk kedua kalinya, International Lion Dance Championship, ajang terbesar kompetisi barongsai di dunia akan dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Dari 20 tim, Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) akan kirimkan 12 tim. "Sisanya ada sekitar 9 tim dari 9 negara," ujar Ketua Pelaksana Haris Candra, saat ditemui di Living World Alam Sutera, Tangsel, Senin (26/5/2014).

Kompetisi internasional yang akan dilaksanakan di Living World Alam Sutera pada Sabtu 31 Mei dan Minggu 1 Juni itu, diikuti oleh peserta dari negara Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, India, Tiongkok, Filipina, Taiwan dan Bangladesh.

Untuk mengawal pertandingan barongsai kategori lantai atau tradisional serta barongsai tonggak, akan dikawal oleh belasan juri dari dalam dan luar negeri.

"Dan mengapa ini kompetisi terbesar di dunia, selain memang pesertanya puluhan, juga hadiahnya terbesar di dunia. Total uang tunai ada US$ 26.100  atau sekitar Rp 300 juta," ungkap Haris.

Dikatakan Pembina FOBI Arifin Himawan, kompetisi barongsai internasional ini, sebagai ajang pemanasan untuk ajang PON mendatang. "Ya, ini pemanasan untuk tim Indonesia, sebelum PON mendatang di Bandung Jawa Barat," tuturnya. (Naomi Trisna)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya