Anak-anak Lebih Percaya dengan Orang Berpenampilan Menarik?

Anak-anak ternyata sangat polos, mereka lebih menurut dengan orang yang berpenampilan menarik.

oleh Unoviana Kartika Setia diperbarui 19 Jun 2016, 03:00 WIB
Diterbitkan 19 Jun 2016, 03:00 WIB
Anak-anak
Anak-anak ternyata sangat polos, mereka lebih menurut dengan orang berwajah rupawan dibandingkan dengan tidak.

Liputan6.com, Jakarta Kelucuan dan kepolosan bayi dan anak-anak seringkali membuat hati orang dewasa luluh dan bertambah sayang kepada mereka. Bahkan saking polosnya, mereka cenderung melihat orang dari penampilannya saja, itu menurut penelitian terbaru.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Frontiers in Psychology menemukan bahwa anak-anak lebih percaya pada orang yang berpenampilan menarik daripada yang tidak. Mereka cenderung menuruti orang-orang yang mereka dapat percaya.

Dikutip dari laman Metro, Jumat (17/6/2016), peneliti membuktikan hal itu dengan melakukan penelitian yang melibatkan beberapa grup anak, terdiri dari usia 8, 10, dan 12 tahun. Anak-anak itu diperlihatkan 200 wajah orang yang belum pernah ditemuinya. Kemudian, anak-anak itu ditanyai apakah orang-orang yang dilihatnya dapat dipercaya atau tidak.

Satu bulan kemudian, mereka kembali diperlihatkan foto orang-orang yang sama. Kemudian, mereka ditanyai soal penilaian mereka tentang daya tarik orang-orang tersebut.

Di semua grup, penilaian daya tarik dan kemampuan seseorang dapat dipercaya berbanding lurus. Hubungan ini makin kuat di kelompok anak berusia 12 tahun yang artinya jawaban mereka sudah cukup valid.

"Ini artinya anak menilai seseorang berdasarkan penampilan fisiknya. Jika seseorang kurang menarik, kemungkinan kecil mereka akan mempercayainya," simpul para peneliti.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya